Comscore Tracker

5 Macam Daun yang Bikin Makanan Bakar Makin Istimewa, Harum!

Cocok untuk dijadikan penambah rasa dan tekstur, nih

Dedaunan menjadi bahan yang cukup penting dalam proses memasak, terlebih karena ada beberapa tanaman terkait yang memiliki aroma tertentu, sehingga mampu membangkitkan selera makan ketika selesai dimasak. Ada lima jenis daun yang sering dipakai dalam proses memasak serba bakar yang perlu kamu tahu. Yuk, simak!

1. Daun pisang

5 Macam Daun yang Bikin Makanan Bakar Makin Istimewa, Harum!ilustrasi nasi bakar daun pisang (Yummy/Gemmy's Kitchen)

Bicara soal makanan serba bakar, pastinya kita akan menyinggung penggunaan daun pisang. Salah satu bagian dari proses memasak yang penting ini, memang sangat diperlukan untuk menghasilkan aroma masakan agar lebih sedap.

Bedanya, daun pisang tidak ikut dimakan, melainkan hanya dijadikan alas untuk menahan panas dari api yang mematangkan hidangan. Namun hasilnya benar-benar memikat, dan mampu membuat suatu bahan sederhana jadi terasa nikmat.

Penggunaan bahan ini pun biasanya diterapkan dalam beberapa makanan yang salah satunya adalah nasi bakar. Meskipun isiannya didukung oleh telur atau ikan asin saja, tetapi aroma yang dikeluarkan cukup menggoda, lantaran penggunaan daun tersebut.

2. Daun kemangi

5 Macam Daun yang Bikin Makanan Bakar Makin Istimewa, Harum!ilustrasi nasi bakar daun kemangi (Yummy/Hellen)

Berikutnya ada daun kemangi yang sangat populer di dalam dunia masak-memasak, tak terkecuali di dalam hidangan serba dibakar. Bahan ini terkenal akan rasa yang unik, sekaligus aromanya yang super wangi maksimal.

Daun kemangi sendiri bisa dimakan sebagai lalap, atau dimasak terlebih dahulu dengan cara dicampurkan bersama bahan lain. Biasanya daun ini akan ditemui dalam nasi bakar, ayam bakar, ataupun sajian lainnya yang juga sama-sama dibakar.

Baca Juga: Resep Nasi Bakar Ayam Kemangi Tanpa Santan, Rasanya Gurih dan Sedap

3. Daun jeruk

5 Macam Daun yang Bikin Makanan Bakar Makin Istimewa, Harum!ilustrasi ikan bakar daun jeruk (unsplash.com/Faisal)

Daun jeruk menjadi salah satu tanaman yang penting untuk memberikan aroma kuat terhadap suatu masakan. Bahkan penggunaan yang didukung oleh beberapa lembar saja, sudah mampu membuat aromanya bertambah nikmat.

Untuk memaksimalkan wangi yang ada dalam kandungan daun tersebut, biasanya tanaman ini harus diiris-iris sebelum dicampurkan ke dalam masakan. Kamu pun bisa menemukan keberadaan daun jeruk di dalam hidangan serba bakar, seperti ikan atau ayam bakar.

4. Daun pandan

5 Macam Daun yang Bikin Makanan Bakar Makin Istimewa, Harum!ilustrasi ayam bakar daun pandan (unsplash.com/Nathan Dumlao)

Tahu gak sih, bahwa daun pandan ternyata tidak cuma bisa digunakan dalam proses pembuatan kue atau makanan manis lainnya. Melainkan bisa juga dikombinasikan bersama aneka olahan serba bakar untuk menghasilkan aroma yang sedap.

Seperti diketahui, pandan mampu mengeluarkan sensasi wangi yang berbeda dibandingkan tanaman lain. Maka dari itu, dedaunan ini sangat populer untuk digunakan, terutama karena bisa dicampur ke dalam berbagai olahan, salah satunya adalah ayam bakar daun pandan.

5. Daun singkong

5 Macam Daun yang Bikin Makanan Bakar Makin Istimewa, Harum!ilustrasi nasi bakar daun singkong (Yummy)

Singkong adalah umbi-umbian populer yang memiliki kandungan karbohidrat cukup tinggi. Namun bukan cuma bagian umbinya saja yang bisa diolah, daunnya pun tidak kalah sedap untuk dijadikan berbagai macam masakan.

Rasa daun singkong sendiri cenderung getir namun unik. Maka dari itu, penggunaan bahan ini acap kali ditemukan di berbagai masakan, termasuk olahan serba bakar yang mana salah satunya adalah nasi bakar. Dengan begini, rasanya pun akan tambah enak dan juga ramai.

Macam-macam dedaunan di atas menjadi bahan yang cukup penting untuk mengolah aneka hidangan serba bakar. Bahkan keberadaannya tidak cuma membuat rasanya berbeda, namun terkadang wanginya pun jadi semakin berselera.

Baca Juga: Resep Buntil Daun Singkong, Menu Khas Desa untuk Lauk Nasi Hangat

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya