Comscore Tracker

5 Fakta Seputar Rum, Bahan Populer yang Berikan Aroma pada Kue

Mampu memberi rasa intens terhadap masakan tertentu

Rum acapkali hadi sebagai salah satu bahan dalam pembuat kue. Sebab, rum sendiri dapat memberikan aroma yang khas pada kue tersebut.

Namun, tahukah kamu apa itu rum? Mengapa bahan ini begitu populer dalam penggunaan di dalam proses pembuatan kue hingga minuman? Yuk, cari tahu lima fakt seputar rum di bawah ini.

1. Fungsi rum dalam baking

5 Fakta Seputar Rum, Bahan Populer yang Berikan Aroma pada Kueilustrasi adonan (pixabay.com/Rudy and Peter Skitterians)

Rum sering dijumpai dalam urutan resep pembuatan aneka hidangan. Makanya tidak mengherankan kalau bahan ini familier sekali di dunia baking.

Fungsi rum sendiri ialah untuk memberikan rasa yang intens, terutama bagi makanan-makanan manis. Bahkan gak cuma sampai di situ, rum juga mampu memberi pengaruh terhadap tekstur makanan, lho.

2. Bahan pembuatan rum

5 Fakta Seputar Rum, Bahan Populer yang Berikan Aroma pada Kueilustrasi minuman beralkohol dari rum (pexels.com/Magda Ehlers)

Sebenarnya, bahan apa yang digunakan untuk membuat rum tersebut? Rum terbuat dari molase dan tebu yang diproses sedemikian rupa sampai tahap fermentasi.

Maka dri itu, rum menjadi salah satu komponen yang mengandung kadar alkohol cukup besar, yakni 40 persen. Tak heran, jika rum juga dikenal sebagai salah satu minuman beralkohol.

Baca Juga: Resep Hot Buttered Rum Halal, Menu Minuman yang Cocok Hangatkan Tubuh

3. Kue yang menggunakan rum

5 Fakta Seputar Rum, Bahan Populer yang Berikan Aroma pada Kueilustrasi kue (pixabay.com/Sharon Ang)

Terdapat bermacam-macam kue yang terasa maksimal setelah diolah menggunakan rum. Terutama bagi jenis makanan yang mengandalkan aroma sedap untuk menarik perhatian orang yang akan menikmatinya.

Kue-kue yang umum menggunakan rum, misalnya fruit cake, aneka kue Natal, dan tiramisu. Meski begitu, ada juga yang menambahkan rum pada proses pembuatan olahan puding, lho.

Namun, tidak semua kudapan tersebut selalu dibuat menggunakan rum. Sebab, saat ini modifikasi resepnya sudah sangat banyak, sehingga siapa pun bisa menikmatinya.

4. Ragam jenis rum

5 Fakta Seputar Rum, Bahan Populer yang Berikan Aroma pada Kueilustrasi rum (pexels.com/Moussa Idrissi)

Rum juga memiliki tipe-tipe tertentu, lho. Ada juga variasi khusus dari rum yang digunakan pada masakan tertentu.

Misalnya saja, dark rum yang digunakan untuk proses pembuatan kue dengan tambahan rempah. Lalu, ada juga gold rum untuk olahan kue mengandung karamel. Terakhir, white rum yang bisa digunakan sebagai campuran untuk olahan minuman.

5. Alternatif pengganti rum

5 Fakta Seputar Rum, Bahan Populer yang Berikan Aroma pada Kueilustrasi jus apel (pixabay.com/Bernadette Wurzinger)

Meskipun memiliki peran yang signifikan terhadap suatu masakan, tapi rum tetap bisa diganti dengan komponen lain. Selain sama-sama sedap, penggunaan bahan-bahan pengganti ini agar makanan atau minuman bisa dinikmati semua kalangan. 

Beberapa bahan non-alkohol yang bisa dijadikan penganti rum adalah jus jeruk dan jus apel atau cuka apel. Kamu dapat pula menggantinya dengan penggunaan esens vanila yang sudah dirasa cukup mirip seperti pemakaian rum.

Mengenal bahan masak yang hendak dibeli memang terbilang penting. Ini untuk membuat olahan yang dibuat tetap bisa dikonsumsi secara maksimal dan cocok dinikmati berbagai kalangan. Sekarang sudah tahu, kan, rum itu seperti apa dan biasa digunakan dalam olahan apa saja?

Baca Juga: Resep Milky Rum Regal Puding yang Lembut dan Creamy, Yummy Abis!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya