Comscore Tracker

5 Hidangan dari Terong Hijau yang Bikin Makan Tambah Lahap

Gak cuma cocok untuk dijadikan lalap, lho

Indonesia memiliki ribuan bahan baku yang selalu hadir mendampingi menu makanan sehari-hari dan belum tentu bisa ditemukan di tempat lain. Misalnya dengan pengolahan masakan memakai terong bulat atau terong hijau.

Berbeda dengan terong ungu, bahan yang satu ini justru lebih sering ditemukan pada masakan khas Sunda. Serta selalu dijadikan lalapan andalan, biar tekstur hidangan jadi lebih lengkap karena keberadaannya.

Bila kamu penasaran dengan olahan lezat apa saja yang bisa dimasak menggunakan terong nikmat ini, yuk cari tahu lima rekomendasi masakan dari terong hijau berikut ini.

1. Sambal terong

5 Hidangan dari Terong Hijau yang Bikin Makan Tambah Lahapilustrasi sambal terong mentah (yummy.co.id/Ni Made Kembariyani)

Sambal menjadi salah satu pendamping yang paling sering disajikan untuk menemani makanan utama di Indonesia. Macam-macam sambal senantiasa diburu, salah satunya seperti sambal mentah.

Namun pada kreasi sambal berikut, rasa pendamping akan jadi tambah spesial lantaran ada terong hijau yang bikin makin kriuk. Bahkan kamu hanya perlu membersihkan terong dan dipotong-potong sebelum dimasukan ke dalam cobek.

2. Tumis terong

5 Hidangan dari Terong Hijau yang Bikin Makan Tambah Lahapilustrasi tumis terong (pixabay.com/Jason Goh)

Sama seperti terong ungu, terong hijau juga bisa dijadikan lauk makan yang Indonesia banget dan sangat mudah diolah. Makanan tersebut bukan lain adalah tumis terong yang nikmat.

Proses pembuatan tumisan ini belum lengkap kalau gak menyiapkan bumbu iris. Maka dari itu, ada penggunaan mulai dari tomat, cabai, dan bawang biar olahan terong hijau tersebut semakin berbumbu.

Baca Juga: 5 Lauk Pauk Berbahan Dasar Terong dari Berbagai Negara, Nikmat!

3. Ayam santan terong

5 Hidangan dari Terong Hijau yang Bikin Makan Tambah Lahapilustrasi ayam santan terong (pixabay.com/poohchisa tunsiri)

Olahan berikutnya yang masih menggunakan terong hijau sebagai bahan utama bukan lain adalah sup ayam. Makanan ini menjadi begitu penting dalam kuliner Indonesia untuk menemani nasi biar tambah lezat.

Perbedaan antara sup ayam Indonesia dengan makanan serupa di negara lain adalah pemilihan isian dan kuahnya. Di dalam kreasi yang satu ini, kamu bisa turut menambahkan terong hijau untuk dimasak bersama kuah santan.

4. Sarden terong

5 Hidangan dari Terong Hijau yang Bikin Makan Tambah Lahapilustrasi sarden terong (pixabay.com/Kavinda F)

Di Indonesia, ikan sarden menjadi salah satu lauk makan praktis yang dibalut dalam kemasan kaleng, lengkap dengan bumbu yang bikin waktu masak lebih singkat. Meski begitu, sarden tersebut tetap bisa dikreasikan dengan bahan lain biar semakin terkini.

Sebelum memasak sarden, biasanya ada beberapa bumbu krusial yang paling sering ditambahkan ke dalamnya. Mulai dari jahe, bawang, cabai, dan kini kamu dapat pula memasukan potongan terong hijau biar tekstur masakan jadi bertambah ramai.

5. Terong sambal kacang

5 Hidangan dari Terong Hijau yang Bikin Makan Tambah Lahapilustrasi terong sambal kacang (youtube.com/Yummy App)

Olahan terung hijau yang terakhir datang dari makanan yang juga diolah secara mentah. Makanya, tekstur dari makanan ini pun tetap terjaga lantaran terong disajikan tanpa melalui proses pemasakan setelah dibersihkan.

Sedangkan bumbu kacang bisa diproses dengan menguleg bumbu-bumbu yang terdiri dari cabai merah, cabai rawit, gula merah, bumbu perasa, serta kacang tanah goreng. Tambahkan sedikit air, dan masukan terong ke dalamnya.

Terong hijau ternyata bisa juga dibuat bermacam-macam hidangan enak, tak cuma jadi lalapan saja. Kalau begini, maka sesi makan pun dijamin gak akan bikin bosan, justru jadi pengin nambah terus.

Baca Juga: 5 Makanan Rumahan dengan Petai yang Nikmat, Aromanya Menggoda

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya