Comscore Tracker

5 Hidangan dengan Mango Habanero, Pedas Manisnya Menggigit!

Cocok dijadikan bumbu alternatif untuk aneka masakan favorit

Mango habanero merupakan salah satu pilihan saus pedas dengan sensasi rasa masam yang dihasilkan akibat perpaduan cabai habanero dan potongan mangga. Selain itu, terdapat penggunaan cuka hingga bawang putih yang membuat rasa saus ini jadi nano-nano.

Penggunaan bumbu mango habanero ini sudah populer untuk dimasukkan ke dalam berbagai macam sajian. Beberapa diantaranya sudah dirangkum menjadi lima kudapan berikut ini. Siapa tahu bisa jadi inspirasi kamu untuk membuat masakan baru, nih!

1. Mango habanero chicken wings 

5 Hidangan dengan Mango Habanero, Pedas Manisnya Menggigit!ilustrasi mango habanero chicken wings (pexels.com/Dmitriy Ganin)

Hidangan pertama yang dapat disajikan menggunakan bumbu mango habanero adalah chicken wings atau sayap ayam. Makanan ini memiliki dua kali proses pemasakan, sehingga membuat bumbu meresap sempurna ke dalam daging.

Sebelumnya bumbui ayam dan panggang setengah matang. Setelah itu, buat mango habanero dengan mencampurkan cabai, mangga, paprika, bawang putih, cuka apel, air lemon, dan madu. Masak, lalu lumuri ke seluruh daging dan panggang kembali.

2. Salmon with mango habanero 

5 Hidangan dengan Mango Habanero, Pedas Manisnya Menggigit!ilustrasi salmon mango habanero (pexels.com/Malidate Van)

Makanan selanjutnya yang juga tidak kalah nikmat ketika disantap bersama mango habanero adalah ikan salmon. Bahan baku tersebut bisa dimasak secara sederhana dengan bumbu seadanya untuk menghasilkan rasa yang luar biasa.

Salah satunya bisa diolah dengan cara dimasak di atas wajan sampai bagian daging matang. Setelah itu, campurkan juga adonan mango habanero yang sudah dibuat ke seluruh bagian ikan, biarkan sebentar supaya bumbunya lebih meresap ketika disantap.

Baca Juga: 5 Kreasi Steak Tuna Menggugah Selera, Enak dan Bikin Kenyang

3. Mango habanero steak 

5 Hidangan dengan Mango Habanero, Pedas Manisnya Menggigit!ilustrasi mango habanero steak (pexels.com/Valeria Boltneva)

Kenikmatan atas mango habanero sauce kemudian bisa pula diterapkan untuk pengolahan salah satu makanan fancy seperti steik. Biasanya hidangan ini hanya ditemani menggunakan saus umum yang bercita rasa manis atau yang sedikit pedas.

Namun, kali ini steik daging sapi tersebut dapat disajikan bersama saus nano-nano dari mangga dan habanero. Sehingga perpaduan lezatnya daging pun sukses membuat mulut kamu sulit berhenti mengunyah.

4. Grilled corn with mango habanero 

5 Hidangan dengan Mango Habanero, Pedas Manisnya Menggigit!ilustrasi grilled corn with mango habanero (pexels.com/Ehioma Osih)

Sudah menjadi rahasia umum bahwa jagung bakar berlapis mentega merupakan salah satu kudapan terbaik yang dihasilkan dari sayuran. Makanan ini cocok sekali disajikan ketika ada acara kumpul keluarga ataupun menghabiskan waktu bersama teman-teman.

Meski begitu, kamu masih bisa membuat bumbu dari jagung bakar ini semakin kekinian dengan sensasi pedas yang unik dari mango habanero. Saus tersebut bisa dicampur bersama mentega untuk nantinya dilumuri ke seluruh bagian jagung dan dimasak.

5. Samosa mango habanero

5 Hidangan dengan Mango Habanero, Pedas Manisnya Menggigit!ilustrasi samosa mango habanero (pexels.com/Neetu Laddha)

Dalam olahan pastri, nama samosa termasuk ke dalam salah satu sajian yang cukup populer untuk dijadikan camilan andalan. Makanan memiliki bentuk unik dengan aneka macam isian yang membuat perpaduan teksturnya jadi terasa menggugah selera.

Kenikmatan atas samosa tersebut rupanya tetap bisa dikombinasikan secara maksimal. Lengkap menggunakan mango habanero, setelah sebelumnya kulit diisi memakai adonan kentang bercampur macam-macam bumbu kari.

Mango habanero menjadi salah satu bumbu pendamping, sekaligus saus cocol yang nikmat sekali untuk berbagai macam olahan gurih. Bahkan kesegaran dari bahan baku ini sukses membuat lima sajian di atas tampil berbeda, juga semakin menggugah selera.

Baca Juga: 5 Santapan dengan Habanero Salsa, Rasa Segar dan Pedasnya Juara!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya