Comscore Tracker

5 Hidangan Lezat dengan Saus Tzatziki Khas Yunani, Menggugah Selera!

Pencinta sate hingga salad kentang bisa menggunakan saus ini

Tzatziki adalah sebutan bagi suatu olahan saus populer dari Yunani yang memiliki karakteristik berwarna putih. Saus ini menjadi lebih unik, lantaran bahan yang digunakan mengandung campuran yoghurt, mentimun, dan bawang putih.

Terdapat bermacam-macam hidangan yang bisa dikonsumsi bersama saus segar dan gurih tersebut, lima di antaranya ialah sebagai berikut.

1. Lamb meatball with tzatziki

5 Hidangan Lezat dengan Saus Tzatziki Khas Yunani, Menggugah Selera!ilustrasi lamb meatball with tzatziki (unsplash.com/Jenn Kosar)

Sajian pertama yang paling pas disantap bersama tzatziki adalah meatball. Kamu bisa mempersiapkan saus yang terdiri dari parutan mentimun, greek yogurt, bawang putih, minyak zaitun, air lemon, dan perasa makanan.

Sedangkan meatball dapat diolah menggunakan daging domba cincang bersama bawang-bawangan, ketumbar, jintan, telur, sedikit daun mint, oregano, serta tambahan bumbu perasa, agar makin nikmat.

2. Steak with tzatziki

5 Hidangan Lezat dengan Saus Tzatziki Khas Yunani, Menggugah Selera!ilustrasi steak with tzatziki (pexels.com/Dima Valkov)

Siapa yang bisa menolak santapan nikmat dari aneka steik menggugah selera. Makanan berupa irisan daging tebal berikut ini sangat cocok apabila disantap menggunakan saus berbeda.

Tak cuma steak sauce biasa, kini kamu pun bisa menghadirkan tzatziki untuk menghasilkan perpaduan yang nikmat. Tak lupa, hadirkan pula sayuran segar supaya makanan jadi lebih seimbang.

Baca Juga: 5 Jenis Saus Khas Oaksak, Meksiko yang Bikin Hidangan Makin Lezat

3. Tzatziki potato salad

5 Hidangan Lezat dengan Saus Tzatziki Khas Yunani, Menggugah Selera!ilustrasi tzatziki potato salad (pexels.com/Karolina Grabowska)

Kentang kerap kali disajikan sebagai salad tunggal dengan rasa yang kaya, serta mampu mengenyangkan. Apalagi ketika disantap sebagai menu sarapan ataupun makan malam.

Nah, kini salad kentang tersebut dapat dikombinasikan bersama tzatziki supaya makin enak, lho. Dalam membuat salad kentang tersebut, siapkan kentang yang telah direbus atau dikukus.

Lalu, campurkan tzatziki bersama yogurt, seledri, bawang, lada dan garam, dan peterseli. Aduk kedua bahan tersebut dan sajikan dalam kondisi dingin.

4. Falafel wraps with tzatziki

5 Hidangan Lezat dengan Saus Tzatziki Khas Yunani, Menggugah Selera!ilustrasi falafel wraps with tzatziki (pixabay.com/Firas Hassoun)

Falafel adalah sajian khas Timur Tengah berupa bola-bola yang diolah menggunakan kacang. Rasanya jadi kian menarik, apabila dihidangkan bersama aneka saus pilihan, tak terkecuali tzatziki.

Siapkan roti pita atau flatbread lainnya, kemudian susun falafel di dalamnya berikut dengan saus tzatziki, daun selada, dan bahan lain yang kamu sukai. Setelah tersusun rapi, lipat roti agar isian tertutup sempurna.

5. Grilled chicken with tzatziki

5 Hidangan Lezat dengan Saus Tzatziki Khas Yunani, Menggugah Selera!ilustrasi grilled chicken with tzatziki (pixabay.com/vinaygupta460)

Menikmati aneka saus belum lengkap jika tak menghadirkan daging ayam ke dalam daftar utama. Maka kali ini, sajian tersebut bisa pula disandingkan bersama saus tzatziki yang menggugah selera.

Daging ayam dapat diolah dengan cara dibakar menjadi satai. Kamu bebas memilih, antara bagian paha atau dada sesuai tekstur yang disukai. Selain itu, sisipkan pula sayur-mayur, agar hidangan terasa lebih segar.

Tzatziki bisa disantap dengan aneka makanan yang menggugah selera. Bahkan di antaranya merupakan makanan yang biasa dikonsumsi sehari-hari. Yuk, coba cicipi saus asal Yunani ini.

Baca Juga: 5 Hidangan Gurih dengan Saus Tartar, Bikin Makanan Makin Yummy!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya