Comscore Tracker

5 Hidangan Schotel Tanpa Makaroni, Terjangkau dan Tetap Lezat!

Terdapat olahan schotel versi manis dan gurih, lho

Schotel dikenal sebagai salah satu makanan yang memiliki tekstur cukup krim dan dibuat menggunakan bahan utama berupa makaroni. Hidangan ini akan melalui berbagai tahap pemasakan sampai akhirnya dipanggang menggunakan panci kaserol.

Namun demikian, schotel tidak selalu memerlukan makaroni sebagai bahan utama. Ada opsi lain yang bisa kamu terapkan di rumah memakai bahan-bahan yang tidak kalah simpel dan rasanya juga cukup menarik.

Buat kamu yang penasaran dengan olahan yang dimaksud, simak terlebih dahulu lima kreasi schotel ini sampai tuntas. 

1. Schotel tape

5 Hidangan Schotel Tanpa Makaroni, Terjangkau dan Tetap Lezat!ilustrasi schotel tape (unsplash.com/Stephen Bellocillo)

Pada olahan schotel satu ini, rasa yang ditawarkan cenderung manis sehingga cocok sekali untuk dijadikan dessert ataupun camilan bagi para sweet tooth. Bahan utama yang digunakan dalam kreasi sajian ini adalah tape singkong.

Untuk membuat hidangan tersebut, saus yang dipakai pun perlu dimodifikasi dengan menggunakan susu cair yang nantinya akan dicampur bersama tepung-tepungan, keju, telur, dan juga gula pasir.

Setelah itu tinggal susun di loyang, mulai dari tape, adonan saus, dan taburkan kismis ataupun keju sebelum dipanggang.

2. Schotel mi

5 Hidangan Schotel Tanpa Makaroni, Terjangkau dan Tetap Lezat!ilustrasi schotel mi (unsplash.com/irws)

Mi instan menjadi salah satu bahan yang juga sukses untuk dijadikan sebagai schotel. Makanan tersebut memiliki kombinasi rasa umami dengan isian melimpah yang berbeda, jika dibandingkan dengan olahan mi instan biasa.

Nantinya mi tersebut perlu direbus secara terpisah sebelum dicampurkan bersama saus yang terdiri dari tumisan bawang, tepung, keju, sosis, bumbu perasa, telur serta susu cair. Tinggal susun adonan ke dalam loyang, taburi keju, dan panggang sampai matang.

Baca Juga: 5 Sajian Pelengkap dari Bawang Merah yang Enaknya Nampol, Yuk Buat!

3. Schotel roti tawar

5 Hidangan Schotel Tanpa Makaroni, Terjangkau dan Tetap Lezat!ilustrasi schotel roti tawar (unsplash.com/Choi sungwoo)

Berikutnya ada salah satu bahan yang cukup populer untuk dihadirkan di rumah sebagai pengganjal lapar di waktu-waktu krusial. Roti tawar juga sering dijadikan penyelamat sebagai menu bekal maupun dapat diolah menjadi aneka macam hidangan menarik.

Maka dari itu, tidak heran apabila roti tawar juga mampu dinikmati sebagai schotel. Kamu bisa menambahkan isian asin di dalam sausnya, mulai dari sosis, bawang-bawangan, telur, susu cair, mentega, dan bumbu sampai rasanya pas.

Kemudian siapkan loyang dan taruh seluruh bahan yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Masukkan pula keju sebagai penunjang topping dari makanan tersebut dan masukkan ke dalam oven.

Baca Juga: 5 Kreasi Kentang Panggang Bermodalkan Teflon, Siapapun Bisa Masak!

4. Schotel kentang keju

5 Hidangan Schotel Tanpa Makaroni, Terjangkau dan Tetap Lezat!ilustrasi schotel kentang keju (unsplash.com/Regine Mary Talingting)

Komponen berikut ini adalah salah satu bahan yang juga tidak bisa dipisahkan dari proses panggang memanggang, apalagi kalau bukan kentang. Hidangan ini akan menjadi terasa lebih creamy terutama jika isian yang dipakai diolah memakai bahan-bahan yang cukup banyak.

Kentang tersebut nantinya harus direbus atau dikukus agar bisa dihaluskan untuk dapat masuk ke dalam cetakan dengan rapi. Setelah itu, di dalam sausnya kamu juga bisa menambahkan daging giling seperti sapi ataupun ayam, sehingga ada kepadatan yang pas ketika dinikmati.

Untuk menghasilkan rasa asin yang lebih nikmat, maka bahan andalan terakhir yang tidak bisa dilewatkan adalah dengan mencampurkan keju mozarella di atas makanan tersebut. Kemudian oven hingga bagian kejunya meleleh dengan baik.

5. Jagung schotel

5 Hidangan Schotel Tanpa Makaroni, Terjangkau dan Tetap Lezat!ilustrasi schotel jagung (unsplash.com/Léo Roza)

Bahan selanjutnya yang bisa diolah menjadi schotel bukan lain adalah jagung manis. Diketahui bahwa komponen ini sangat sukses untuk dijadikan aneka macam sajian, termasuk salah satu di antaranya adalah schotel yang lembut dan kirimi.

Makanan tersebut sangat mudah untuk diolah, karena kamu bisa merebus atau mengukus jagung sampai agak lunak. Setelah itu buat sausnya dari tumisan bawang-bawangan, telur, keju, smoke beef, hingga susu cair.

Tinggal dituang adonan saus ke dalam wadah berisikan jagung. Kemudian taburkan keju yang bisa meleleh untuk dipanggang di dalam oven.

Schotel menjadi salah satu alternatif hidangan yang bisa dijadikan sebagai pengganti makanan utama. Bukan cuma makaroni, kamu bisa memanfaatkan kelima bahan di atas sebagai olahan schotel berbeda, namun tetap mengenyangkan dan yummy.

Baca Juga: 10 Hidangan Terbaik Khas Bhutan yang Wajib Dicoba oleh Foodies 

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya