Comscore Tracker

Tak Selalu Digoreng, 5 Hidangan Sup Tempe untuk Teman Makan Nasi

Bikin pengin nambah lho!

Tempe merupakan bahan baku yang populer di tanah air. Sumber protein ekonomis ini dapat dijadikan bermacam-macam lauk makan yang praktis dan enak. Tidak melulu digoreng, tempe pun cukup akrab dijadikan sayur lho!

Di bawah ini terdapat lima sajian tempe sayur yang bisa dijadikan teman makan nasi nikmat dan mudah untuk dibuat.

1. Sayur tahu dan tempe

Tak Selalu Digoreng, 5 Hidangan Sup Tempe untuk Teman Makan Nasiilustrasi sayur tahu dan tempe (yummy.co.id/Matchagirl)

Menjadi teman akrab, tahu dan tempe memang senantiasa dimasak berdampingan untuk memenuhi ragam kreasi lauk yang mudah ditemui. Namun dalam versi olahan ini, keduanya akan dimasak dengan cara disup.

Baik tahu dan tempe bisa dipotong-potong terlebih dahulu sesuai ukuran yang diinginkan. Terdapat dua versi sayur yang umum diolah menggunakan keduanya, yakni dengan melalui proses penggorengan bahan terlebih dahulu ataupun langsung disayur.

2. Sayur tempe santan

Tak Selalu Digoreng, 5 Hidangan Sup Tempe untuk Teman Makan Nasiilustrasi sayur tempe santan (yummy.co.id/Emma Fitriani)

Menu sayur tempe berikut ini adalah alternatif sajian untuk kamu yang gemar menikmati olahan sup bertekstur berat. Hal tersebut lantaran dalam sepanci sayur tempe ada penggunaan santan yang berfungsi mengentalkan kuah, sehingga makanan menjadi lebih nikmat dan gurih ketika disajikan.

Baca Juga: 5 Resep Masakan Olahan Tempe untuk Sarapan Enak dan Sederhana

3. Sayur tempe pete

Tak Selalu Digoreng, 5 Hidangan Sup Tempe untuk Teman Makan Nasiilustrasi sayur tempe pete (yummy.co.id/Thea Priestiashanti)

Pete atau petai memang sering dimasukan ke dalam bahan baku masakan untuk menciptakan aroma sedap yang khas. Tidak cuma dalam tumisan, sebab sayur sup pun mampu menghasilkan cita rasa berbeda bila dimasuki oleh hasil tanam berwarna hijau tersebut.

Dalam memasak sayur tempe pete ini kamu bebas berkreasi sesuka hati misalnya dengan tidak atau menambahkan santan terhadap kuah sayur tersebut.

4. Sayur lodeh tempe

Tak Selalu Digoreng, 5 Hidangan Sup Tempe untuk Teman Makan Nasiilustrasi sayur lodeh tempe (yummy.co.id/Eva Wijaya)

Lodeh adalah salah satu sup berisikan sayuran dengan kuah santan yang populer setelah sayur asam. Hidangan ini memiliki bahan baku yang terdiri dari kacang panjang, terung, nangka, jagung, dan isian tambahan seperti telur rebus, irisan tempe, serta ada pula yang memasukan tahu ke dalamnya.

5. Sayur tempe kacang panjang

Tak Selalu Digoreng, 5 Hidangan Sup Tempe untuk Teman Makan Nasiilustrasi sayur tempe kacang panjang (youtube.com/Indoculinaire Hunter)

Memiliki ciri kuah yang kental membuat siapapun tertarik untuk makan siang bersama nasi hangat dengan sayur ini. Variasi sayur tempe tersebut merupakan perpaduan antara kacang panjang bersama bahan baku dari tempe yang dimasak dengan santan. 

Meski demikian terdapat beberapa versi kuah yang bisa kamu olah sendiri di rumah, seperti kuah putih, kuning, hingga merah menyala yang cenderung lebih pedas dibanding olahan sejenis.

Itu dia kelima inspirasi olahan sayur berbahan dasar tempe si sumber protein ekonomis yang terbuat dari kedelai. Dengan tangan kreatif, sup pun bisa diolah sedemikian rupa sehingga tidak mudah membuatmu cepat bosan.

Baca Juga: 5 Olahan Sayur dari Berbagai Negara yang Terpopuler, Ada Tempe Juga!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya