Comscore Tracker

5 Ide Bekal Nasi dengan Berbagai Bentuk, Bisa Tingkatkan Nafsu Makan!

Ada onigiri hingga arancini yang lezat

Menu bekal memang paling cocok berisi nasi. Selain praktis, umumnya nasi membuat kamu kenyang lebih lama untuk melanjutkan sisa aktivitas sampai pulang ke rumah.

Namun, buat kamu yang bosan dengan bentuk nasi yang itu-itu saja, nasi-nasi berikut ini dikemas lebih praktis dan menggugah selera. Cari tahu, yuk!

1. Onigiri

5 Ide Bekal Nasi dengan Berbagai Bentuk, Bisa Tingkatkan Nafsu Makan!ilustrasi onigiri umeboshi (pixabay.com/ai subarasiki)

Onigiri adalah kreasi makanan khas Jepang yang berbentuk segitiga dan kerap dibalut menggunakan nori atau rumput laut kering. Keberadaan makanan ini sangat praktis karena bisa disantap tanpa menggunakan alat makan seperti sendok dan garpu.

Bukan cuma nasi yang digunakan, tetapi ada tambahan isian yang beragam di dalam onigiri agar penikmatnya tidak merasa bosan. Contoh isian populer yang sering dijumpai dalam olahan ini adalah tuna mayo, ayam pedas, dan olahan ikan salmon yang gurih.

2. Bola-bola nasi

5 Ide Bekal Nasi dengan Berbagai Bentuk, Bisa Tingkatkan Nafsu Makan!ilustrasi nasi kepal garam (pixabay.com/Carick)

Makanan yang satu ini biasanya lebih identik disajikan untuk anak-anak agar penampilan bekal kian menarik. Bola-bola nasi ini juga lebih kaya rasa karena bisa dibumbui sebelum dibentuk, biar kombinasinya lebih menggugah selera ketika dinikmati.

Korea Selatan memiliki kreasi bola-bola nasi yang dikenal dengan istilah jumeokbap. Selain membutuhkan nasi putih, kamu bisa memasukkan rumput laut kering, kecap asin, sampai minyak wijen ke dalamnya supaya rasa bola-bola nasi lebih nikmat dan aromatik.

Baca Juga: 5 Hidangan Serba Kukus untuk Ide Menu Bekal, Bikin Kenyang!

3. Sushi

5 Ide Bekal Nasi dengan Berbagai Bentuk, Bisa Tingkatkan Nafsu Makan!ilustrasi salmon sushi roll (pixabay.com/Piotr Zakrzewski)

Bicara mengenai penampilan nasi yang berbeda, maka sushi adalah penganan yang tidak boleh ketinggalan. Berasal dari Jepang, sushi bisa dibuat memakai aneka teknik dan isian yang dapat disesuaikan dengan bahan-bahan yang ada di dapur rumahmu.

Selain menghadirkan nasi dan rumput laut, sushi perlu diisi memakai aneka bahan baku yang mempu menciptakan rasa lezat pada makanan. Gak harus mahal, kamu dapat mengkombinasikan antara telur goreng, mentimun, saus, daging ayam, serta isian praktis lainnya untuk membuat bekal sushi hari ini.

4. Rice burrito

5 Ide Bekal Nasi dengan Berbagai Bentuk, Bisa Tingkatkan Nafsu Makan!ilustrasi burrito (pixabay.com/ALFONSO CHARLES)

Burrito adalah hidangan klasik yang akan dengan mudah dijumpai dalam tradisi masakan ala Meksiko. Makanan ini menggunakan kombinasi isian yang akan dibalut kulit tortilla, kemudian dipotong menjadi 2 supaya lebih mudah saat dikonsumsi.

Ternyata variasi burrito juga berkembang cukup pesat hingga kini kamu bisa menemukan nasi sebagai isian dari penganan populer tersebut. Tidak sendiri, nasi dapat diolah bersama daging sapi, ayam, dan lainnya untuk menciptakan rasa maksimal, baru dimasukkan lalu digulung dalam kulit tipis.

5. Arancini

5 Ide Bekal Nasi dengan Berbagai Bentuk, Bisa Tingkatkan Nafsu Makan!ilustrasi olahan dari arancini (pexels.com/Anna Guerrero)

Hidangan yang satu ini dikenal sebagai arancini, nasi goreng berbentuk bulat yang dilapisi memakai tepung dan diisi dengan sesuatu yang gurih atau molor seperti keju. Hidangan ini dapat dijadikan teman ngemil yang nikmat, apalagi kalau dibawa sebagai bekal.

Kreasi arancini sangat populer di Italia. Olahan tersebut bahkan bisa dibuat menggunakan nasi sisa untuk membuatnya tambah enak dan memiliki penampilan yang jauh lebih menarik. Terlebih jika arancini disajikan untuk meningkatkan nafsu makan anak-anak.

Bekal nasi dengan aneka bentuk diharapkan bisa membangkitkan mood, mengenyangkan, dan mampu mengisi energi dengan maksimal. Oleh sebab itu, kamu bisa menjadikan lima olahan di atas sebagai referensi membuat bekal yang berbeda.

Baca Juga: 5 Tips Memasak Custard yang Anti Gagal, Bekal Topping Hidangan Nikmat

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya