Comscore Tracker

5 Ide Hidangan Penutup dari Singkong, Gurih Manisnya Bikin Nagih!

Penganan ini bisa dibuat dengan versi goreng atau kukus

Singkong sering ditemukan sebagai bahan masak ekonomis di Indonesia. Cara memasaknya biasanya dilakukan dengan cara direbus atau diparut untuk dijadikan macam-macam hidangan enak.

Kali ini, singkong akan diubah menjadi dessert sedap yang manis. Gak main-main, ada lima kreasi masakan yang bisa kamu sontek untuk dibuat di rumah, lho!

1. Kue singkong kukus

5 Ide Hidangan Penutup dari Singkong, Gurih Manisnya Bikin Nagih!ilustrasi kue singkong kukus (pixabay.com/ALFONSO CHARLES)

Tahu gak sih, ternyata singkong bisa disulap menjadi makanan super manis dan lembut seperti steamed cassava cake yang satu ini. Sekilas hidangan mirip sekali dengan olahan flan yang ramai dibuat menggunakan adonan kuning telur.

Pada proses pembuatan hidangan ini, pertama-tama larutkan gula pasir hingga membentuk karamel. Kemudian tuang ke dalam loyang. Selanjutnya parut singkong dan peras, masak bersama kental manis, susu evaporasi, mentega, dan telur.

Masukkan adonan singkong tersebut ke dalam loyang yang sudah diisi pakai lapisan karamel dan kukus sampai matang. Dessert ini pun siap maniskan harimu.

2. Kue singkong toping custard

5 Ide Hidangan Penutup dari Singkong, Gurih Manisnya Bikin Nagih!ilustrasi kue singkong toping custard (pixabay.com/Adriana Macias)

Makanan yang satu ini terbilang klasik tetapi sukses memikat berbagai kalangan usia, karena singkong akan dikreasikan menjadi kue ditambah topping custard yang super lembut dan manis.

Hidangan ini akan diolah mulai dari memarut singkong, lalu tambah menggunakan margarin, kelapa kopyor, susu kental manis, gula, dan santan. Panggang selama beberapa saat. Kemudian buat adonan custard dari kuning telur, susu evaporasi, serta kental manis.

Baca Juga: 12 Makanan dari Singkong yang Menarik untuk Dicoba

3. Cassava cheese

5 Ide Hidangan Penutup dari Singkong, Gurih Manisnya Bikin Nagih!ilustrasi cassava cheese (Yummy/hana_rapunsel)

Makanan berikutnya cocok sekali dinikmati sebagai dessert sederhana yang memiliki perpaduan rasa gurih dan manis. Teksturnya yang lembut bakal bikin kamu kepincut, apalagi kalau dinikmati dalam kondisi hangat.

Pada proses pembuatan cassava cheese ini, singkong perlu direbus menggunakan tambahan gula. Kemudian buat kuah santan dengan campuran garam, maizena, dan pandan. Setelah itu, tinggal campur semuanya lalu sajikan bersama parutan keju.

4. Bola-bola singkong

5 Ide Hidangan Penutup dari Singkong, Gurih Manisnya Bikin Nagih!ilustrasi bola-bola singkong (pixabay.com/Julia Nowak)

Sajian yang satu ini sangat menarik untuk dicicipi karena singkong akan berpadu bersama buah koktail kalengan, sehingga gabungan rasanya kian menyegarkan untuk dijadikan dessert andalan di rumah.

Cara membuatnya adalah dengan memasak kuning telur dan kental manis sampai rata, sisihkan. Campur parutan singkong, buah kalengan yang sudah dikeringkan, air, susu evaporasi, air, dan vanila lalu masak hingga warnanya berubah.

Bila sudah agak transparan, matikan api kompor dan masukkan adonan kuning telur. Masak kembali sampai agak kering dan biarkan dingin sebelum dibentuk bola-bola.

5. Singkong carioca

5 Ide Hidangan Penutup dari Singkong, Gurih Manisnya Bikin Nagih!ilustrasi singkong carioca (pixabay.com/ikon)

Kalau ingin hidangan manis serba goreng, kamu bisa mencoba singkong carioca nih. Bentuknya bulat-bulat mungil dengan lapisan gula yang bikin hidangan tersebut makin legit saat dinikmati.

Proses pembuatan singkong carioca sendiri bisa diawali dengan memarut singkong dan peras. Kemudian campurkan garam dan gula pasir, lalu bentuk bulat. Goreng adonan sampai keemasan, kemudian masukkan brown sugar ke dalam wajan.

Bikin singkong jadi aneka santapan pencuci mulut yang manis ternyata dapat dilakukan dengan aneka gaya memasak. Mulai dari versi kukus sampai goreng pun tersedia untuk meramaikan meja makan.

Nah, kalau kamu kira-kira lebih suka olahan yang mana?

Baca Juga: 9 Dessert Goreng dari Berbagai Negara, Manisnya Bikin Gak Bisa Nolak

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya