Comscore Tracker

5 Ide Masakan dari Ayam dan Teh Manis yang Flavorful

Hasilkan rasa unik yang menarik untuk dicoba

Sweet tea alias teh manis umumnya disajikan sebagai minuman, entah itu panas maupun dingin. Namun jika ditelisik lebih lanjut, rupanya teh manis bisa dijadikan salah satu bahan dalam proses pemasakan ayam, lho.

Kira-kira seperti apa perpaduan dua bahan bertolak belakang ini, terutama bila dipertemukan dalam satu hidangan? Yuk, simak lima kreasinya berikut ini.

1. Sweet tea fried chicken

5 Ide Masakan dari Ayam dan Teh Manis yang Flavorfulilustrasi sweet tea fried chicken (unsplash.com/Shardar Tarikul Islam)

Pertama-tama, olahan yang bakal bikin kejutan dalam perpaduan antara daging ayam dengan teh manis ini akan kamu temui pada hidangan ayam goreng krispi. Seperti diketahui, makanan tersebut punya jutaan penggemar di seluruh dunia.

Teh manis yang digunakan dalam sajian merupakan perpaduan dari air, teh hitam, dan gula. Gunakan campuran itu untuk merendam ayam semalaman. Bila sudah selesai, tinggal bersihkan ayam dan lumuri memakai adonan tepung basah serta kering.

2. Sweet tea brined chicken

5 Ide Masakan dari Ayam dan Teh Manis yang Flavorfulilustrasi sweet tea brined chicken (unsplash.com/Anshu A)

Kemudian ada olahan sweet tea brined chicken yang menjadikan teh manis ini sebagai rendaman untuk ayam panggang. Keberadaan teh manis benar-benar bikin ayam jadi lebih juicy dan memiliki rasa lebih kaya.

Supaya sukses untuk membuat brined chicken tersebut, pertama-tama rebus air dan teh. Kemudian angkat dari kompor untuk dimasuki gula, bawang bombai, bawang putih, cabai, dan air lemon. Rendam ayam semalaman, lalu masak.

Baca Juga: 5 Makanan Berbahan Ayam dan Kacang-kacangan dari Berbagai Negara

3. Sweet tea chicken kabobs

5 Ide Masakan dari Ayam dan Teh Manis yang Flavorfulilustrasi sweet tea chicken kabobs (unsplash.com/pan xiaozhen)

Kreasi daging ayam dengan teh manis selanjutnya akan digunakan pada proses pemasakan kebab. Salah satu olahan serba daging-dagingan dengan tusukan satai ini bakal bikin kamu merasakan masakan yang berbeda dari biasanya.

Hampir mirip dengan yang lain, sajian ini juga memerlukan teh manis untuk bahan baku marinasi. Kemudian tinggal susun pada tusukan, lengkap dengan paprika, kentang, dan komposisi lain. Siapkan alat masak untuk mematangkan hidangan tersebut.

4. Sweet tea teriyaki chicken

5 Ide Masakan dari Ayam dan Teh Manis yang Flavorfulilustrasi sweet tea teriyaki chicken (unsplash.com/Mgg Vitchakorn)

Teriyaki merupakan bumbu populer yang acap kali diterapkan dalam proses pemasakan ayam di Jepang. Sensasi rasa dari makanan tersebut adalah manis, gurih, dan aromatik. Tak heran bila lahir juga variasi teriyaki dengan teh manis biar makin unik.

Dengan kata lain, bahan marinasi yang digunakan dalam sajian ini jadi bertambah. Mulai dari teh manis, mirin, jahe, bawang putih, soy sauce, brown sugar, hingga minyak wijen. Begitu daging selesai dimarinasi, maka tinggal masukan ke dalam oven.

5. Sweet tea chicken salad

5 Ide Masakan dari Ayam dan Teh Manis yang Flavorfulilustrasi sweet tea chicken salad (unsplash.com/logan jeffrey)

Olahan ayam yang dimasak setelah melalui proses marinasi menggunakan teh manis juga dapat dijadikan salah satu sumber protein dalam semangkuk salad. Komponen tersebut bisa dimasak dengan cara dibakar, biar aromanya semerbak.

Kemudian susun ayam teh manis tersebut di atas piring, lengkap dengan bayam, selada, hingga daun arugula. Berikan dressing sesuai selera, maka santapan pun siap dinikmati sebagai menu sarapan maupun makan malam.

Ayam dan teh manis rupanya jadi perpaduan yang unik, serta mampu bikin sebuah sajian terasa lebih nikmat. Gimana, tertarik kah kamu untuk mencoba salah satu masakan yang ada di atas?

Baca Juga: 5 Trivia Gai Yang, Ayam Panggang Thailand yang Bumbunya Mantap!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya