Comscore Tracker

5 Ide Mengolah Es Krim Kulfi yang Bisa Disisipi dengan Rempah!

Dapatkan sensasi unik ketika mengonsumsi makanan ini

India memiliki salah satu olahan menarik yang datang dari kategori es krim. Bentuk makanan ini hampir sama dengan es krim yang biasa ditemui, namun cenderung banyak dicetak memakai bentuk yang mirip dengan cone. Es krim tersebut bernama kulfi.

Namun demikian, es bernama kulfi ini bisa diolah dengan bermacam-macam rasa yang memanjakan lidah. Tak terkecuali lima santapan yang ada di dalam daftar berikut.

1. Pistachio kulfi

5 Ide Mengolah Es Krim Kulfi yang Bisa Disisipi dengan Rempah!ilustrasi pistachio kulfi (unsplash.com/Anton)

Pistachio menjadi salah satu kacang-kacangan yang sangat akrab untuk diolah bersama aneka masakan yang berasal dari India dan beberapa wilayah di kawasan Timur Tengah, seperti dengan dibuat menjadi es krim.

Dalam proses pengolahan kulfi pistachio, persiapkan susu segar dan evaporasi yang dimasak dalam panci. Masukkan pistachio yang telah dihaluskan, kapulaga, serta krim atau bisa pula tepung jagung. Setelah itu baru cetak dan biarkan mengeras.

2. Mango kulfi

5 Ide Mengolah Es Krim Kulfi yang Bisa Disisipi dengan Rempah!ilustrasi mango kulfi (unsplash.com/Adam Bartoszewicz)

Pada kebanyakan makanan manis yang dimiliki oleh India, mangga menjadi salah satu buah favorit yang acap kali ditambahkan untuk menciptakan sensasi rasa yang manis sekaligus menyegarkan ketika dikonsumsi sehari-hari.

Khusus dalam pembuatan kulfi, kamu bisa menggunakan susu yang dimasak bersama gula selama beberapa saat. Tambahkan maizena dan mangga. Bila suka, kamu pun bisa memasukkan rempah agar es terasa lebih unik. 

Baca Juga: 5 Kreasi Makanan dengan Chai Tea, Teh India yang Kaya Rempah

3. Masala chai kulfi

5 Ide Mengolah Es Krim Kulfi yang Bisa Disisipi dengan Rempah!ilustrasi masala chai kulfi (unsplash.com/Nature Zen)

Masala chai merupakan salah satu olahan teh populer dari India yang terdiri dari campuran antara teh hitam bersama aneka macam rempah-rempah kaya manfaat. Nah, tidak cuma diseduh untuk minuman, masala chai pun rupanya bisa dimasak jadi es krim.

Bahan-bahan pembuatan masala chai memerlukan teh, jahe, kapulaga, kayu manis, lada, cengkih, dan dimasak bersama susu. Setelah itu, campur ke dalam adonan kulfi yang terdiri dari susu kental, susu segar, dan custard bubuk.

4. Rose malai kulfi

5 Ide Mengolah Es Krim Kulfi yang Bisa Disisipi dengan Rempah!ilustrasi rose malai kulfi (unsplash.com/Marlene Krohn)

Menjadikan bunga mawar sebagai salah satu bahan masakan merupakan hal yang lumrah dilakukan untuk kawasan India dan sekitarnya. Sebab tanaman ini bisa menyumbang rasa dan aroma yang lebih nikmat saat dicampur ke dalam masakan.

Pada olahan kulfi, bunga yang dipakai adalah jenis air mawar khusus masakan. Tambah bersama susu kental, susu evaporasi, kapulaga, dan heavy cream. Bila ingin tampak menarik, masukkan juga kelopak mawar yang aman untuk dimakan.

5. Chocolate crunch kulfi

5 Ide Mengolah Es Krim Kulfi yang Bisa Disisipi dengan Rempah!ilustrasi chocolate crunch kulfi (unsplash.com/Anshu A)

Buat pencinta es krim cokelat, kulfi menawarkan sensasi makanan menarik yang tidak kalah mudah untuk diolah dan dijadikan camilan sedap sehari-hari. Bahkan kamu bisa menambahkan kacang-kacangan untuk menciptakan tekstur renyah.

Sementara itu, bahan utama yang digunakan dalam hidangan ini terdiri dari susu kental, heavy cream, garam, dan cokelat bubuk. Campurkan seluruh komponen dan masukkan ke dalam lemari pendingin beberapa saat sebelum disantap.

Kulfi menjadi salah satu alternatif dalam pengolahan es krim yang unik. Selain mengandung bahan-bahan yang mudah ditemui, pun ada beberapa variasi mengandung rempah yang bikin kamu merasakan sensasi berbeda saat menyantapnya.

Baca Juga: 10 Makanan Tradisional India, Citra Rasa Lezat dan Kaya Bumbu

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya