Comscore Tracker

5 Ide Olahan Kacang Kapri untuk Menu Makan Enak yang Mudah Dibuat

Selain sehat, kacang kapri juga cocok dimakan bareng bakso!

Kacang kapri merupakan salah satu sayur yang sering diolah di Indonesia. Sayuran ini memiliki ciri kulit berwarna hijau dengan ukuran yang cukup pendek. Rasanya sendiri cenderung manis dengan tekstur yang unik.

Selain itu, cara memakan kacang kapri pun biasanya dimakan bersama dengan kulit-kulitnya untuk mendapatkan manfaat maksimal.

Nah, berikut ini terdapat lima olahan enak dengan proses memasak sederhana berbahan dasar kacang kapri yang bisa kamu coba di rumah.

1. Tumis bakso kacang kapri

5 Ide Olahan Kacang Kapri untuk Menu Makan Enak yang Mudah DibuatSerious Eats / J. Kenji Lopez-Alt

Salah satu cara mengolah makanan yang mudah diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari adalah membuat masakan dengan cara ditumis. Cara ini biasanya digunakan untuk beberapa jenis olahan yang kebanyakan berasal dari sayur untuk menjaga rasanya tetap enak dan tekstur tidak banyak berubah.

Kacang kapri merupakan salah satunya. Karena ia memiliki tekstur agak keras saat mentah maka cara untuk melunakkannya ialah menggunakan metode pemasakan menggunakan air, misalnya dengan cara ditumis namun tetap tekstur renyahnya masih terjaga sampai matang.

Untuk jenis olahan tumisan, kamu bisa menambahkan beberapa komponen bahan sebagai penambah rasa seperti bakso, suwiran ayam, atau bahan-bahan lain yang dirasa cocok mengimbangi rasa kacang kapri.

2. Capcay

5 Ide Olahan Kacang Kapri untuk Menu Makan Enak yang Mudah Dibuatunileverfoodsolutions.co.id

Capcay menjadi masakan dengan komponen sayur yang paling sering dimasak untuk memenuhi menu lauk pauk di meja makan. Biasanya capcay sendiri diolah dari berbagai jenis sayur yang terdiri dari wortel, brokoli, jamur, dan kol.

Nah, sebagai pelengkap capcay yang mesti turut dihadirkan, kamu perlu juga menyediakan kacang kapri untuk menambah tekstur. Biasanya jika kamu membeli capcay bungkusan, kacang ini sudah termasuk di dalamnya. Jadi kamu tidak perlu repot untuk mencari-cari di pedagang yang berbeda.

Baca Juga: 10 Manfaat Kacang Kapri untuk Kesehatan Tubuh, Yakin Gak Doyan?

3. Kacang kapri panggang

5 Ide Olahan Kacang Kapri untuk Menu Makan Enak yang Mudah Dibuatfood.com

Bila kamu ingin mengonsumsi kacang kapri dengan rasa yang tidak kalah enak namun tetap diolah menggunakan metode sederhana, maka cobalah untuk mengolah sayuran ini dengan cara dipanggang. Selain sehat, mengonsumsi makanan panggang bisa mengurangi jumlah pemakaian minyak dalam makanan.

Oleh sebab itu, alternatif yang satu ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang sedang ingin makan sehat namun tetap enak dan cocok dikonsumsi kapan saja, baik itu sebagai menu sarapan, hingga makan malam.

4. Salad kacang kapri

5 Ide Olahan Kacang Kapri untuk Menu Makan Enak yang Mudah Dibuatcountryliving.com/Brian Woodcock

Makanan sehat lainnya yang dapat diolah menggunakan kacang kapri datang dari kategori salad. Hidangan yang acapkali dikenal penuh dengan daun-daunan ini bisa sangat digemari sekaligus dibenci oleh sebagian kalangan.

Padahal dengan komposisi yang tepat, salad bisa menjadi sebuah hidangan yang tidak kalah nikmat dari makanan siap saji yang beredar di pasaran luas. Menggunakan dressing berbahan dasar asin atau manis sudah bukan menjadi masalah, asal kamu bisa menghitung total kalorinya.

Kacang kapri menjadi salah satu komponen sayur yang paling cocok diolah menjadi salad, terutama jika ia berdampingan dengan keju. Rasanya yang agak manis mampu membuat salad jadi lebih berwarna sekaligus variatif.

5. Tumis ayam kacang kapri

5 Ide Olahan Kacang Kapri untuk Menu Makan Enak yang Mudah Dibuatemeals.com

Selain diolah menjadi makanan utama, ternyata kacang kapri juga bagus dimasak menjadi olahan pendamping seperti tumis ayam. Buat kamu yang senang dengan makanan beraneka tekstur, menambahkan kapri ke dalam tumisan ayam dapat membuat hidangan jadi lebih padat sekaligus nikmat.

Ada baiknya, tumis ayam diolah dengan cara disuwir atau dipotong-potong agar bentukannya dapat menyatu dengan ukuran kacang kapri yang cenderung kecil. Jika suka, kamu tetap bisa menambahkan bahan-bahan lain agar tumisan semakin mantap.

Itu dia kelima olahan berbahan dasar kacang kapri yang bisa kamu masak di rumah. Mengolah sayur memang tidak pernah terbatas caranya. Jangan khawatir bila kamu kurang suka dengan sup, sebab ada banyak cara seru olah sayur-mayur tersebut menjadi lebih enak, beberapa di antaranya ialah lima hidangan di atas. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Baby Buncis Saus Tiram, Bikin Nagih Nambah Nasi! 

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

sempat ingin jadi astronaut

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya