Comscore Tracker

5 Ide Sarapan Berselimutkan Sirup Mapel Manis, Mudah dan Ngenyangin!

Yuk, masak sarapanmu sendiri dengan sirup manis ini

Sirup maple merupakan salah satu bahan pemanis yang kerap disajikan untuk menemani aneka masakan supaya tampil lebih menggugah selera. Sirup maple sendiri mempunyai karakteristik dan warna yang hampir mirip dengan madu, yakni cokelat keemasan. Di samping perannya untuk aneka masakan, sirup maple pun dapat dijadikan pendamping yang sempurna untuk aneka menu sarapan nikmat, seperti kelima olahan berikut ini.

1. Maple syrup porridge

5 Ide Sarapan Berselimutkan Sirup Mapel Manis, Mudah dan Ngenyangin!ilustrasi maple syrup porridge (unsplash.com/Food Photographer | Jennifer Pallian)

Menu sarapan pertama yang dapat disajikan bersama sirup maple merupakan olahan bubur yang dibuat menggunakan oat dan susu. Bila kamu bosan dengan olahan bubur oat disertai buah, maka alternatif yang dapat dibuat ialah maple syrup porridge.

Tidak cuma menambahkan sirup maple sebagai sumber pemberi rasa manis, kamu pun dapat memasukkan beberapa sendok granola ke dalam sajian supaya tekstur dan rasa menu sarapan tersebut makin sempurna.

2. Overnight french toast  

5 Ide Sarapan Berselimutkan Sirup Mapel Manis, Mudah dan Ngenyangin!ilustrasi overnight french toast (pillsbury.com/Shawn Syphus)

Overnight french toast merupakan salah satu sajian roti yang nikmat dan menggugah selera. Pada dasarnya, pembuatan overnight french toast versi sirup maple ini dapat dilakukan dengan mencampurkan mentega dan maple syrup untuk dimasak sebentar.

Taruh sirup dalam loyang dan masukan potongan roti, siram kembali menggunakan campuran susu, mentega, beserta telur, lalu diamkan semalaman di dalam lemari pendingin sebelum dikeluarkan dan panggang sampai semua matang sempurna.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Tempat Sarapan Enak di Seminyak, Catat Alamatnya!

3. Baked oats with maple syrup 

5 Ide Sarapan Berselimutkan Sirup Mapel Manis, Mudah dan Ngenyangin!ilustrasi baked oat (delish.com/Andrew Bui)

Salah satu menu sarapan yang tengah menjadi sorotan adalah oatmeal panggang, dengan teknik ini oat menjadi lebih padat dan mirip kue. Selain itu, tambahan bahan baku yang turut dimasukan bisa juga menggunakan buah-buahan seperti bluberi.

Oat terlebih dahulu perlu dicampur dengan berbagai bumbu bubuk seperti kayu manis dan baking powder, kemudian satukan bersama larutan susu, mentega, dan sirup maple sebelum dipanggang.

4. Maple syrup with yogurt bowl and fruit 

5 Ide Sarapan Berselimutkan Sirup Mapel Manis, Mudah dan Ngenyangin!ilustrasi yogurt bowl and fruit (unsplash.com/Bakd&Raw by Karolin Baitinger)

Alternatif sarapan praktis dan mudah berikutnya adalah dengan mencampurkan yogurt bersama aneka potongan buah segar yang menggugah selera, selain itu kamu bisa turut menetralisir semangkuk sarapan tersebut menggunakan sirup maple sehingga ada rasa manis yang menengahi antara asamnya yogurt dan segarnya buah.

5. Maple syrup muffin

5 Ide Sarapan Berselimutkan Sirup Mapel Manis, Mudah dan Ngenyangin!ilustrasi maple syrup muffin (unsplash.com/Alice Dotto)

Muffin merupakan kue mangkuk yang kerap kali disajikan sebagai menu sarapan praktis, pengganti aneka roti. Biasanya, dalam gigitan muffin, terdapat isian berupa potongan buah segar ataupun cokelat yang membuat kue ini kian sedap untuk dinikmati.

Namun selain dua bahan baku mainstream tersebut, muffin pun bisa disajikan bersama sirup maple sehingga rasa manis yang ditimbulkan lebih enak dan alami.

Nah, itu dia kelima menu sarapan nikmat dengan tambahan sirup maple yang dapat dimasukan ke daftar makanan pagi kamu sehari-hari. Selain ada berbagai pilihan, macam-macam bahan pun dapat turut disertakan supaya kamu tidak mudah bosan memasak menu sarapan sendiri.

Baca Juga: 5 Inspirasi Menu Sarapan Berbahan Apel, Sajian Segar yang Menyehatkan!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya