Comscore Tracker

5 Inspirasi Lauk Makan Pakai Kencur, Rasanya Menggoda Lidah

Penggemar sayur bayam hingga olahan ikan, harus tahu!

Rempah di Indonesia memiliki tempat yang penting terutama untuk membuat dapur terus-menerus wangi. Ada banyak sekali jenis rempah yang sering digunakan berulang-ulang di dalam aneka masakan, salah satunya adalah kencur.

Keberadaan bahan ini bakal bikin hidangan jadi semakin aromatik dan punya sensasi pedas yang unik. Bahkan kegunaan bumbu kencur pun diperlukan untuk membuat lima lauk makan ini bertambah sedap. Yuk, cari tahu apa saja sajian lauk yang menggunakan kencur sebagai bumbu utamanya.

1. Sayur bayam kencur 

5 Inspirasi Lauk Makan Pakai Kencur, Rasanya Menggoda Lidahilustrasi sayur bayam kencur (pixabay.com/Marlita Annette)

Sayur bayam bisa disulap menjadi makanan yang lebih nikmat karena penggunaan kencur, lho. Dengan begini kamu dapat membuat nafsu makan jadi meningkat, walaupun lauk makan tersebut dinikmati bersama nasi dan kerupuk saja.

Bumbu yang dipakai dalam olahan sangat sederhana, tetapi bisa bikin istimewa. Mulai dari irisan bawang putih, bawang merah, cabai rawit, dan potongan kencur. Siapkan bayam yang sudah dicuci bersih, kemudian masak bersama air untuk beberapa saat.

2. Nasi goreng kencur 

5 Inspirasi Lauk Makan Pakai Kencur, Rasanya Menggoda Lidahilustrasi nasi goreng kencur (pixabay.com/Adelia Rosalinda)

Bikin nasi goreng bisa dimulai dengan memanfaatkan rempah yang ada di rumah biar semakin praktis nan lezat. Gak harus mahal, kamu dapat menggunakan campuran bawang merah dan putih, kencur, serta cabai untuk dihaluskan.

Supaya olahan nasi goreng yang satu ini tambah juara, ada baiknya gunakan nasi dingin yang telah didiamkan selama beberapa waktu. Masukkan juga telur dan sayur-mayur bila kamu merupakan tipe orang yang senang dengan nasi goreng ramai.

Baca Juga: Resep Urap Daun Kencur, Rasanya Khas dan Bikin Hangat Badan 

3. Mendoan kencur 

5 Inspirasi Lauk Makan Pakai Kencur, Rasanya Menggoda Lidahilustrasi mendoan kencur (pixabay.com/pucho)

Mendoan adalah olahan populer yang dibuat menggunakan bahan utama dari tempe. Makanan ini sangat disukai sebagai camilan atau dibuat sebagai lauk pendamping untuk menikmati nasi hangat.

Tetapi, rasanya belum afdal kalau membuat mendoan tanpa penggunaan rempah dari kencur. Sebab bahan baku yang satu ini bisa membuat aroma masakan bertransformasi menjadi begitu menggugah dan laris manis di rumah.

4. Tongkol sambal kencur 

5 Inspirasi Lauk Makan Pakai Kencur, Rasanya Menggoda Lidahilustrasi tongkol sambal kencur (pixabay.com/Evelyn Chai)

Ikan pindang tongkol menjadi lauk makan yang digemari sampai saat ini lantaran punya rasa gurih dan tekstur lembut yang begitu menggoda. Bahkan walaupun cuma digoreng, tongkol sudah sukses bikin nasi cepat ludes.

Di samping hal tersebut, kini kamu bisa membuat ikan tongkol goreng ini bertambah sedap saat dicampur menggunakan sambal yang dibuat menggunakan cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, kencur, penyedap, juga terasi.

5. Lele masak kencur

5 Inspirasi Lauk Makan Pakai Kencur, Rasanya Menggoda Lidahilustrasi lele masak kencur (pixabay.com/Gerhard G.)

Kemudian ada santapan ikan lele yang jadi semakin lezat saat kamu menggunakan bumbu kencur di dalam olahannya. Ikan kaya protein yang terjangkau ini dapat dimasak dengan proses pembakaran sehingga aromanya semakin nikmat untuk menunjang lauk makan.

Buat bumbu halus dari bawang-bawangan, cabai, hingga kencur. Kemudian sertakan juga bumbu kecap untuk proses pemasakan ikan. Selain itu, pastikan bahwa lele sudah dibersihkan dengan baik sebelum diolah. Ini biar rasanya semakin maksimal.

Kencur selalu sukses membuat hidangan menjadi berkali-kali lipat lebih sedap. Itu dibuktikan dengan lima olahan di atas yang cocok buat dijadikan lauk makan, bareng nasi hangat, sambal, dan kerupuk.

Baca Juga: 5 Tips Bikin Seblak Kwetiau ala Devina Hermawan, Enak dan Wangi Kencur

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya