Comscore Tracker

5 Jenis Apple Pie untuk Inspirasi Kudapan Akhir Pekan

Sudah pernah buat pai bentuk mawar?

Apple pie atau pai apel merupakan salah satu camilan sedap dengan bahan baku buah dan pastri yang banyak dikonsumsi untuk acara santai ataupun disajikan sebagai kudapan suatu penyelenggaraan penting.

Dalam dunia kuliner, dikenal beberapa jenis pai apel menggugah selera untuk dijadikan inspirasi camilan terutama menjelang akhir pekan, seperti kelima hidangan berikut ini.

1. Raw apple pie

5 Jenis Apple Pie untuk Inspirasi Kudapan Akhir Pekanilustrasi raw apple pie (unsplash.com/Ally P)

Raw apple pie merupakan sebuah sajian di mana sebagian besar komponen tidak melalui proses pemasakkan sebelum dibentuk. Dalam hal ini, kulit pai dapat dibuat menggunakan remahan biskuit dan potongan apel segar bisa langsung dicampur dengan bubuk kayu manis agar waktu pembuatan jadi lebih singkat.

2. Crumble apple pie

5 Jenis Apple Pie untuk Inspirasi Kudapan Akhir Pekanilustrasi crumble apple pie (unsplash.com/Patrick Fore)

Pai selanjutnya yang bisa dikonsumsi untuk camilan sehari-hari datang dengan kombinasi crumble pada bagian topping. Komposisi ini membuat sajian jadi lebih menarik dan kaya akan tekstur. Selain kulit yang lembut dan olahan apel yang manis, crumble dari campuran antara tepung dan air ini bisa membuat makanan tambah renyah.

Baca Juga: 10 Tips Membuat Pie Susu Teflon Antigagal, Pemula pun Bisa Bikin

3. Full apple pie

5 Jenis Apple Pie untuk Inspirasi Kudapan Akhir Pekanilustrasi full apple pie (unsplash.com/Lucy Heath)

Full apple pie adalah makanan yang dibentuk menggunakan dua lapisan kulit. Satu lapis pertama digunakan sebagai alas dan sisanya dipakai untuk menutupi isian yang diolah memakai kayu manis dan apel. Kulit dapat dibentuk dengan teknik silang ataupun ditutup seluruhnya agar lebih praktis diterapkan.

4. Roses apple pie

5 Jenis Apple Pie untuk Inspirasi Kudapan Akhir Pekanilustrasi roses apple pie (unsplash.com/Micheile Henderson)

Pai apel yang satu ini tengah menjadi sorotan lantaran bentuknya yang mirip dengan bunga mawar. Rose tersebut didapat dari buah apel yang dipotong memanjang sehingga dapat dilipat dengan mudah. Selain itu, isian tidak lazim tersebut mampu memperindah kudapan terlebih jika digunakan untuk acara penting. 

5. Fried apple pie

5 Jenis Apple Pie untuk Inspirasi Kudapan Akhir Pekanilustrasi fried apple pie (unsplash.com/Jonathan Petit)

Pai apel satu ini diolah secara praktis karena hanya perlu dimasak dengan cara digoreng. Kulit yang dipakai bisa menggunakan adonan instan dan isian yang dimasukan merupakan potongan apel kecil dengan kayu manis dan brown sugar. Setelah isian dilipat, goreng sampai kulit matang merata.

Nah, itu dia kelima ragam pai apel untuk inspirasi kudapan akhir pekan. Di antara makanan-makanan di atas, mana yang jadi kesukaanmu?

Baca Juga: 5 Olahan Pie Ini Terbuat dari Bahan yang Tak Biasa, Tahu Pie Udara?

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya