Comscore Tracker

5 Kombinasi Sajian dari Mie dan Nasi yang Sering Dimasak di Indonesia

Sudah pernah cicip nasi bakar isi mie, belum?

Mie dan nasi adalah dua menu makanan yang sama-sama mengandung karbohidrat. Namun di Indonesia sendiri, dua hidangan tersebut senantiasa dipertemukan dalam satu makanan yang unik, lho!

Penasaran kan, seperti apa jadinya kalau nasi dan mie dipertemukan dalam satu sajian? Makanya, simak dulu ragam perpaduan unik dalam lima pilihan hidangan terpopuler berikut.

1. Nasi goreng mawut

5 Kombinasi Sajian dari Mie dan Nasi yang Sering Dimasak di IndonesiaNasi goreng mawut (instagram.com/duniakulinersurabaya)

Nasi goreng mungkin sudah menjadi soulmate bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Hal ini karena bahan yang digunakan bisa sangat sederhana, dengan memanfaat sisa nasi yang telah dimasak di hari sebelumnya.

Namun sudahkah kamu mendengar nasi goreng mawut? Pada dasarnya, makanan ini merupakan percampuran antara bumbu dengan nasi dan mie. Namun bisa pula ditambahkan dengan sayuran, telur, sampai daging agar terkesan lebih ramai.

2. Nasi bakar mie

5 Kombinasi Sajian dari Mie dan Nasi yang Sering Dimasak di Indonesiailustrasi nasi bakar mie (yummy.co.id)

Lumrahnya, nasi bakar terbuat dari campuran antara aneka macam lauk yang disisipkan di bagian tengah nasi dengan bungkusan daun pisang. Namun makanan berikut ini pun, memiliki metode yang sama, akan tetapi lauknya diisi dengan mie!

Waduh, kebayang nggak tuh, bagaimana kenyangnya menikmati nasi bakar mie tersebut? Mie yang digunakan dalam hidangan bukan lain adalah mie telur, bila ingin menambahkan lauk lainnya juga bebas, lho. Supaya hidangan terasa lebih lengkap.

Baca Juga: 5 Ragam Sajian Nasi Khas Jawa Timur yang Menggoda Selera, Enak Pol!

3. Nasi mie pizza

5 Kombinasi Sajian dari Mie dan Nasi yang Sering Dimasak di Indonesiailustrasi nasi mie pizza (pexels.com/Max Bonda)

Sudah sering mendengar istilah pizza mie? Biasanya masakan itu dibuat sebagai ide penyajian telur dan mie yang berbeda. Kalau santapan yang satu ini bukan sekadar pizza mie biasa, melainkan ada tambahan nasi yang membuatnya semakin tebal dan sukses bikin kekenyangan, lho!

Wah, menarik ya. Terlebih kamu bisa menggunakan porsi besar dengan beberapa butir telur, satu bungkus mie instan, serta sepiring nasi putih untuk dikombinasikan bersama, demi menciptakan pizza mie yang luar biasa tebal dan juga enak disantap dalam kondisi hangat sekalipun.

4. Nasi uduk komplit

5 Kombinasi Sajian dari Mie dan Nasi yang Sering Dimasak di Indonesiailustrasi nasi uduk komplit (yummy.co.id/nareswari)

Kamu tahu gak, kalau nasi uduk sering dijadikan alternatif menu makan yang menarik, lantaran memiliki pendamping yang melimpah dengan perpaduan yang serasi ketika disantap bersama nasi gurih tersebut.

Salah satu lauk yang selalu hadir menemani datang dari keluarga mie, yaitu bihun kecap dengan cita rasa manis. Lengkapi juga memakai sambal kacang dan kering tempe, maka nasi uduk siap untuk dikonsumsi.

5. Nasi godog

5 Kombinasi Sajian dari Mie dan Nasi yang Sering Dimasak di Indonesiailustrasi nasi godog (pixabay.com/Анатолий Стафичук)

Terakhir, ada perpaduan antara nasi dan mie yang terbalut dalam kuah gurih. Sehingga santapan ini jadi idola untuk tujuan menuntaskan lapar, sekaligus memberi kehangatan yang pas di dalam cuaca dingin.

Nasi godog sendiri memiliki isian yang terdiri dari nasi putih, sayuran hijau, suwiran ayam, telur, mie basah, aneka macam sayur tambahan, serta bisa pula dilengkapi dengan tomat. Perpaduan rasanya benar-benar segar, deh!

 

Ternyata ada beragam hidangan populer di Indonesia hasil perpaduan antara nasi dan mie yang unik, ya. Gimana, setelah menyimak lima santapan tersebut, adakah makanan yang sudah pernah kamu cicipi sebelumnya?

Baca Juga: 13 Sajian Mie Khas Nusantara yang Rasanya Juara, Wajib Dicoba Nih!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya