Comscore Tracker

5 Kreasi Bolen dalam Bentuk Unik, Ada yang versi Pizza Lho!

Bolen menjadi oleh-oleh favorit sampai saat ini

Bolen merupakan salah satu kudapan yang sangat populer di Tanah Air. Keberadaan makanan ini tidak serupa dengan roti namun tak juga sama dengan olahan pastry dari luar negeri, melainkan berada di tengah-tengah di antara keduanya.

Bolen punya ciri khas pada kulitnya yang cenderung berlapis-lapis dan terkesan agak renyah. Sementara isiannya sendiri dibuat lebih lokal dengan menghadirkan pisang, meses, atau lebih kekinian yang ditambahi menggunakan keju.

Bentuk dari bolen sendiri bisa dikreasikan agar lebih menarik seperti ragam olahan berikut ini. Lima makanan tersebut dapat dijadikan inspirasi pembuatan bolen unik dan menarik untuk dijadikan camilan rumahan hingga kiriman untuk orang-orang tersayang.

1. Bolen lilit 

5 Kreasi Bolen dalam Bentuk Unik, Ada yang versi Pizza Lho!ilustrasi bolen lilit (pexels.com/Tara Winstead)

Bolen lilit menjadi salah satu varian dari kudapan populer ini yang memiliki bentuk agak mirip dengan croissant. Perbedaannya terletak pada proses lipatan kulit bolen, di mana makanan ini akan dilipat secara manual mengikuti bentuk isian, seperti misalnya pisang. Proses ini akan menghasilkan bentuk yang berbeda dari bolen biasa dan lebih condong memiliki guratan-guratan gelombang yang mirip dengan pastry asal Prancis.

Walau demikian, isiannya tetap bisa disesuaikan dengan lidah masyarakat Indonesia seperti menghadirkan pisang dengan tambahan meses dan bahan-bahan lainnya. 

2. Bolen puff pastry 

5 Kreasi Bolen dalam Bentuk Unik, Ada yang versi Pizza Lho!ilustrasi bolen puff pastry (pixabay.com/S. Hermann & F. Richter)

Salah satu langkah pembuatan bolen yang memakan waktu adalah proses pembuatan kulitnya yang cenderung tricky. Tetapi sebagai pemula atau jika ingin lebih singkat, maka bahan tersebut bisa diganti menggunakan pastry siap pakai. Masakan ini pun akan menghasilkan penampilan yang berbeda dan unik saat disajikan.

Mempersiapkan puff pastry menjadi langkah utama yang perlu kamu lakukan untuk membuat bolen. Setelah itu tinggal masukkan isian ke dalamnya seperti pisang dan meses, lalu panggang sampai matang. Bentuk dari bolen pisang ini pun akan jadi terasa lebih hits terutama ketika dipotong dua karena lapisan-lapisan dari puff pastry yang digunakan membuatnya terasa eksklusif.

Baca Juga: 5 Tips Mudah Membuat Bolen Pisang Lilit agar Lebih Lezat, Wajib Coba!

3. Bolen pizza 

5 Kreasi Bolen dalam Bentuk Unik, Ada yang versi Pizza Lho!ilustrasi bolen pizza (pexels.com/Guto Macedo)

Bolen yang satu ini memiliki penampilan paling beda daripada kreasi sebelumnya. Hal tersebut lantaran bentuk dari makanan ini lebih merujuk pada sajian pizza, makanan asal Italia berbentuk bundar yang diisi menggunakan macam-macam toping. Namun kali ini dibuat dengan versi yang lebih manis dan bertekstur.

Penggunaan kulit bolen tersebut akan disesuaikan dengan loyang pizza. Kemudian isi bagian dalamnya menggunakan beberapa buah pisang matang, lalu tutup dengan parutan keju, cokelat meses, dan toping lain yang kamu sukai. Setelah itu bolen dipanggang sampai matang lalu disajikan.

4. Bolen pisang kulit pangsit 

5 Kreasi Bolen dalam Bentuk Unik, Ada yang versi Pizza Lho!ilustrasi bolen kulit pangsit (pexels.com/Alisha Mishra)

Bukan cuma kulit pastry siap pakai, tetapi kamu juga bisa membuat bolen dengan bentuk berbeda versi ekonomis menggunakan kulit pangsit. Hasil yang didapatkan pun tidak kalah unik dari macam-macam bolen lainnya dan memiliki penampilan yang cenderung lebih sederhana dan tipis, tapi tidak kalah menggugah selera.

Proses pembuatannya mirip dengan bolen pisang pada umumnya. Pertama-tama kamu harus menyiapkan kulit pangsit lalu diisi menggunakan aneka bahan baku manis. Kemudian ditutup menggunakan bantuan dari olesan margarin atau telur. Nantinya bolen siap untuk dimasak dan disajikan bersama taburan meses, wijen, ataupun bahan lain yang menjadi favorit kamu.

5. Bolen brownies     

5 Kreasi Bolen dalam Bentuk Unik, Ada yang versi Pizza Lho!ilustrasi bolen brownies (pixabay.com/pixel1)

Kalau biasanya bolen diisi menggunakan bahan baku dari pisang, maka kali ini sajian tersebut akan disulap menjadi lebih eksklusif. Itu karena penggunaan adonan brownies sebagai filling yang super lembut dan kaya akan rasa cokelat. Bentuknya pun terbilang menarik lantaran tidak persis dengan tampilan bolen biasa ataupun kue brownies.

Hidangan ini bisa dikreasikan sedemikian rupa hingga bentuknya merujuk pada olahan strudel. Makanan ini pun akan cocok sekali dinikmati sebagai camilan andalan dengan tekstur luar yang cenderung lebih renyah, sementara dalamnya lebih didominasi oleh tekstur lembut yang gampang lumer ketika dikunyah di mulut.

Bolen merupakan salah satu kudapan yang hampir bisa ditemui di berbagai sentra oleh-oleh di Indonesia. Namun dengan penampilan yang unik, bolen pun akan lebih menarik perhatian dan bisa dijadikan alternatif buah tangan ataupun camilan rumahan buat orang tersayang.

Baca Juga: Resep Bolen Brownies, Camilan Renyah yang Gak Membosankan

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya