Comscore Tracker

5 Kreasi Camilan dari Kol yang Bikin Terlena, Enak Semua!

Pencinta gorengan pasti suka dengan camilan ini!

Kol adalah salah satu sayuran ekonomis yang dapat disajikan menjadi beragam hidangan, tak terkecuali aneka camilan. Teksturnya yang ringan dengan rasa manis membuat kol sangat disukai untuk dijadikan macam-macam makanan enak.

Belum lagi jika ragam sajian tersebut mudah dibuat, maka hidangan makin jadi nomor satu. Yuk, cari tahu kreasi camilan yang terbuat dari kol berikut ini!

1. Bakwan sayur 

5 Kreasi Camilan dari Kol yang Bikin Terlena, Enak Semua!bakwan sayur (pixabay.com/bitcoinvestor)

Siapa tak kenal bakwan sayur? Gorengan favorit masyarakat Indonesia ini kerap dijumpai di pagi sampai malam hari untuk menemani ragam aktivitas. Bahkan bakwan sayur sering dinikmati sebagai lauk makan bersama aneka pendamping agar semakin mengenyangkan.

Bakwan sayur sendiri tidak mengandung bahan-bahan yang sulit ditemukan. Biasanya isian dari gorengan tersebut tidak jauh-jauh dari penggunaan wortel sampai kol yang diiris tipis dan dimasak bersama adonan tepung. Sedangkan teman yang paling klop saat menyantap camilan ini tentu saja ada cabai rawit.

2. Okonomiyaki 

5 Kreasi Camilan dari Kol yang Bikin Terlena, Enak Semua!okonomiyaki (unsplash.com/Guillaume Coué)

Okonomiyaki adalah makanan ringan yang cukup khas dari Jepang. Sajian ini kerap dinikmati dengan bermacam-macam saus sehingga rasanya jadi semakin nikmat dan menggugah selera.

Bahan utama pembuatan okonomiyaki berasal dari kol, lalu dicampur bersama tepung terigu, kaldu dashi, dan bahan-bahan lainnya. Bentuknya yang lebar membuat penganan ini cukup mengenyangkan meski disantap sebagai camilan.

Baca Juga: 5 Perbedaan Okonomiyaki Jepang dan Pajeon Korea, Sama-sama Pancake

3. Cabbage fritters 

5 Kreasi Camilan dari Kol yang Bikin Terlena, Enak Semua!cabbage fritters (pixabay.com/Sharon Ang)

Cabbage fritters adalah penganan yang akan lebih sering ditemukan dalam tradisi makanan ala masyarakat Barat. Hidangan ini dikenal juga dengan panekuk kol yang biasa disantap bersama krim asam agar kombinasi rasanya lebih beragam.

Selain penggunaan kol, cabbage fritters juga dibuat menggunakan tepung terigu, susu, telur, minyak, dan beberapa bumbu perasa. Kenikmatan ini bisa kamu jadikan inspirasi camilan ataupun menu sarapan unik yang mengenyangkan.

4. Kol goreng crispy 

5 Kreasi Camilan dari Kol yang Bikin Terlena, Enak Semua!camilan serba goreng (pixabay.com/Mikko)

Bila kamu senang dengan makanan ringan yang garing dan gurih, maka kol dapat dikreasikan sebagai kol goreng crispy yang miliki penampilan bak jamur crispy. Santapan ini cocok dicocol bersama saus sambal biar gak terlalu kering saat dikunyah.

Pengolahan kol goreng tepung bisa dilakukan dengan dua tahap. Yakni mencelupkannya ke dalam adonan basah, lalu dipindah ke adonan kering sebelum digoreng. Ini adalah kunci yang membuat makanan tersebut jadi garing dan nikmat.

5. Tahu isi sayur     

5 Kreasi Camilan dari Kol yang Bikin Terlena, Enak Semua!tahu isi sayur (pixabay.com/Mila Okta Safitri)

Tahu adalah bahan favorit selanjutnya yang paling cocok disajikan sebagai camilan. Penganan ini kerap diisi dengan aneka bahan untuk menghasilkan gorengan yang lebih lezat dan menggugah selera.

Jenis tahu yang dipakai adalah tahu cokelat dengan bagian dalam kopong. Bagian itu akan diisi memakai beragam isi, salah satunya kol untuk sehingga ada sensasi crunchy sayuran saat digigit. Setelah diisi, tahu dimasukkan ke adonan tepung, lalu tahu isi pun siap digoreng.

Kelezatan kol yang dimasak menjadi makanan ringan patut dicicipi. Terlebih kamu bisa mengolahnya menjadi beragam bentuk dan aneka rasa, seperti lima penganan enak seperti contoh di atas.

Baca Juga: Resep Tahu Isi Spesial Jamur Pedas, Langsung Bikin Mulut Dower!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya