Comscore Tracker

5 Kreasi Dendeng Unik yang Tak Selalu Terbuat dari Daging Sapi

Ada dendeng dari jantung pisang yang gak kalah nikmat, lho

Dendeng adalah masakan khas Indonesia yang dibuat dari potongan daging. Bahan tersebut biasanya akan dibentuk setipis mungkin dan dikeringkan setelah diberi bumbu, sebelum diolah menjadi aneka santapan sedap sebagai lauk makan.

Rupanya, dendeng nggak melulu diolah dengan daging sapi, lho. Ada bahan menarik lainnya yang juga sukses melahirkan lima macam dendeng unik, seperti yang lima kreasi uniknya di bawah ini.

1. Dendeng ikan 

5 Kreasi Dendeng Unik yang Tak Selalu Terbuat dari Daging Sapiilustrasi dendeng ikan (pexels.com/Jonathan Borba)

Bahan unik pertama yang bisa diolah menjadi dendeng adalah ikan. Umumnya, komponen tersebut lebih sering disajikan sebagai lauk goreng atau pepes. Namun, berkat kreativitas dalam industri kuliner, ikan pun dapat dinikmati dengan bentuk berbeda.

Pada proses pembuatan dendeng ikan, pastikan bahwa dagingnya sudah di-fillet agar lebih mudah direndam menggunakan bumbu dari gula, garam, ketumbar, jahe, bawang-bawangan, asam, hingga perasa. Bila sudah meresap, tinggal jemur sampai kering.

2. Dendeng kambing 

5 Kreasi Dendeng Unik yang Tak Selalu Terbuat dari Daging Sapiilustrasi dendeng kambing (pexels.com/Harry Dona)

Kalau bahan yang satu ini memang selalu menjadi pengganti yang pas, bila bosan dengan olahan sapi. Sebab, daging kambing pun mengandung rasa menggugah selera. Bila diolah dengan tepat, maka rasanya akan berkali-kali lipat semakin enak.

Proses pembuatannya mirip dengan dendeng sebelumnya, yakni dengan merendam daging bersama bumbu. Bila ingin lebih cepat, kamu bisa memanggang dendeng sampai kering. Kemudian goreng dengan minyak untuk dijadikan lauk makan yang sedap.

Baca Juga: 5 Tips Memasak Dendeng Batokok Khas Minang, Rasanya Dijamin Favorit

3. Dendeng paru 

5 Kreasi Dendeng Unik yang Tak Selalu Terbuat dari Daging Sapiilustrasi dendeng paru (pexels.com/Valeria Boltneva)

Meskipun masih terbuat dari sapi, tapi bagian yang digunakan dalam olahan dendeng kali ini tetap berbeda. Sebab ada penggunaan paru sebagai bintang utama sajian. Tenang saja, rasanya tetap juara dan bisa diandalkan untuk lauk makan.

Sedangkan proses pembuatan tetap mirip dengan yang lain. Bila dendeng paru sudah kering, kamu bisa menggoreng sebagian dan sisanya dapat disimpan. Sehingga lauk makan jadi lebih praktis untuk diolah, karena tinggal dimasak bersama bumbu balado.

4. Dendeng jantung pisang 

5 Kreasi Dendeng Unik yang Tak Selalu Terbuat dari Daging Sapiilustrasi dendeng jantung pisang (pexels.com/Geraud pfeiffer)

Dendeng memang identik dengan penggunaan macam-macam daging. Meski begitu, menghadirkan makanan ini pun tidak terbatas pada bahan itu saja. Ada salah satu varian dendeng yang sukses bikin kamu terkesima.

Ini lantaran bahan utama yang digunakan dalam dendeng terdiri dari jantung pisang. Walau bahannya cukup nyentrik, tapi soal rasa boleh diadu. Bahkan makanan pun bakalan serasi ketika disajikan bersama nasi hangat dan sambal goreng.

5. Dendeng tempe

5 Kreasi Dendeng Unik yang Tak Selalu Terbuat dari Daging Sapiilustrasi dendeng tempe (pexels.com/Jonathan Borba)

Masih dari bahan anti mainstream, olahan dendeng yang satu ini pun tetap ekonomis dan punya rasa nikmat. Gak heran kalau kemudian makanan dari tempe tersebut akan jadi idola baru sebagai lauk masak andalan.

Meskipun dibuat dari tempe, tetapi dendeng ini tetap lezat dan bisa dijadikan pengganti apabila tidak menemukan daging yang pas untuk masakan tersebut. Pengolahannya bisa pula dicampur bersama bumbu balado agar tambah sedap.

Kombinasi dendeng di atas benar-benar menghadirkan warna baru di dalam tradisi masakan ala masyarakat Indonesia. Ini menunjukan bahwa untuk membuat santapan sedap, tidak harus selalu dari bahan yang sama setiap waktu. Yuk, coba!

Baca Juga: 5 Kreasi Hidangan dari Salmon Lox, Olahan Ikan Fillet yang Diasinkan

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya