Comscore Tracker

5 Kreasi Sajian dari Kombinasi Pisang dan Santan yang Creamy

Dapat dijadikan camilan, minuman, hingga menu sarapan, lho!

Perpaduan antara pisang dan santan merupakan salah satu hasil kombinasi terbaik yang mampu menciptakan rasa manis sekaligus gurih di saat bersamaan. Bahkan sajian tersebut sudah sangat populer dalam berbagai wujud, baik itu dalam bentuk makanan tradisional atau kekinian.

Setidaknya terdapat lima rekomendasi hidangan yang terbuat dari perpaduan pisang dengan santan tersebut dan bisa kamu jadikan salah satu ide untuk mengolah makanan manis dan creamy di rumah. Apa saja? Yuk, cari tahu di bawah ini!

1. Kolak pisang 

5 Kreasi Sajian dari Kombinasi Pisang dan Santan yang Creamyilustrasi kolak pisang (yummy.co.id)

Makanan berkuah berikut menjadi salah satu sajian paling terkenal di Indonesia dan acapkali hadir sebagai kudapan pembuka maupun makanan penutup. Santapan ini dikenal dengan nama kolak.

Terdapat macam-macam kombinasi isian terbaik di dalam kolak. Namun pisang menjadi satu dari sekian banyak olahan yang disukai sampai saat ini. Kuahnya sendiri terbuat dari percampuran antara santan, daun pandan, hingga gula merah yang manis.

2. Kluay buat chi 

5 Kreasi Sajian dari Kombinasi Pisang dan Santan yang Creamyilustrasi kluay buat chi (asianinspirations.com.au/Chef Sujet Saenkham)

Berikutnya ada santapan unik asal Thailand yang hampir mirip dengan kolak. Namun bahan yang digunakan dalam masakan ini cenderung lebih sedikit dengan model penyajian yang sama-sama menggunakan kuah santan.

Pengolahan kluay buat chi ini cukup sederhana, hanya dengan memasak santan bersama campuran air. Kemudian berikan gula pasir serta sejumput garam, terakhir masukkan pisang matang yang telah dipotong-potong.

Baca Juga: 5 Olahan Pisang Paling Unik di Indonesia, Ada yang Dijadikan Lauk Lho

3. Puding pisang santan chia

5 Kreasi Sajian dari Kombinasi Pisang dan Santan yang Creamyilustrasi chia puding pisang santan (unsplash.com/Olia Nayda)

Berikutnya ada makanan kekinian yang terbuat dari biji chia yang dikenal memiliki manfaat baik untuk tubuh. Pada proses pemasakan ini, puding pisang santan chia biasanya disajikan sebagai salah satu menu andalan untuk sarapan atau makan malam.

Pengolahan kreasi ini dapat dimulai dengan menyiapkan bahan baku, mulai dari pisang matang, santan, biji chia, sirup maple, ekstrak vanila, dan aneka topping agar membuat puding ini terasa lebih mengenyangkan.

4. Pisang santan pancake 

5 Kreasi Sajian dari Kombinasi Pisang dan Santan yang Creamyilustrasi pisang santan pancake (unsplash.com/Tamara Schipchinskaya)

Hidangan keempat juga tidak kalah lezat untuk disantap sebagai menu sarapan atau pun pengganjal lapar. Makanan yang dimaksud bukan lain adalah pancake. Kue dadar yang dibuat menggunakan adonan tepung bercampur bubuk pengembang.

Pancake tak selalu tampil monoton. Mainkan adonan dapat dikreasikan sesuka hati melalui penambahan pisang yang telah dilumatkan, santan segar, dan aneka bubuk rempah untuk menciptakan perpaduan rasa yang lebih menarik terhadap hidangan.

5. Pisang santan smoothie

5 Kreasi Sajian dari Kombinasi Pisang dan Santan yang Creamyilustrasi pisang santan smoothie (unsplash.com/freestocks)

Kelima, pisang dan santan juga bisa dipertemukan dalam salah satu olahan populer sekelas smoothie. Hidangan ini dapat dijadikan menu penuntas lapar yang efektif, disertai tekstur padat dan juga konsentrasi yang kental.

Bila umumnya bahan utama yang digunakan dalam smoothie berupa susu almon, maka kali ini kamu dapat menggantinya memakai santan. Tambahkan juga pisang beku, kurma, aneka pemanis, ekstrak vanila, dan es batu. Lalu hancurkan dengan seksama.

Pengolahan pisang bersama santan ternyata tidak cuma tertuang dalam olahan tradisional, tapi juga cocok untuk dikembangkan sebagai hidangan kekinian. Kelima sajian di atas bisa kamu buat secara bergantian untuk menyajikan olahan berbeda setiap harinya.

Baca Juga: 5 Resep Kreasi Masakan Berkuah Santan, Dijamin Bikin Ketagihan

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya