Comscore Tracker

5 Kreasi Kue Hits Berbahan Oncom yang Punya Rasa Yummy

Pencinta sajian unik patut coba ragam makanan ini

Oncom adalah bahan masak yang dibuat dari proses fermentasi dan memiliki warna oranye menyala. Tekstur dari komponen ini cenderung empuk serta mempunyai aroma khusus sehingga bisa membuat penikmatnya makin terlena.

Cara pengolahan oncom dapat dilakukan dengan bermacam-macam cara. Beberapa di antaranya bisa dicampurkan ke dalam aneka adonan kue.

Buat kamu yang penasaran bagaimana rupa kreasi kue oncom tersebut, sebaiknya simak dulu lima makanan berikut ini.

1. Kue serabi oncom 

5 Kreasi Kue Hits Berbahan Oncom yang Punya Rasa Yummyilustrasi kue serabi oncom (Yummy/Emma Fitriani)

Serabi adalah kudapan ringan yang dibuat menggunakan bahan utama berupa tepung beras. Nantinya, serabi dapat ditambahi memakai aneka macam topping mulai dari cokelat, susu, durian, sampai ada variasi oncom yang tak kalah sedap.

Proses pembuatan santapan ini dimulai dengan mencampur adonan tepung beras, tepung terigu, santan, dan kelapa parut. Sementara oncom bisa ditumis terlebih dahulu secara terpisah bareng bumbu bawang biar terasa semakin gurih.

2. Sus kering oncom 

5 Kreasi Kue Hits Berbahan Oncom yang Punya Rasa Yummyilustrasi kue sus oncom (freepik.com/pvproductions)

Kue sus adalah makanan populer yang perlu diolah dengan metode mengaduk adonan di atas kompor yang menyala. Proses ini berfungsi untuk membuat adonan jadi matang dan lebih mudah ketika hendak dibentuk jadi berbagai model makanan.

Sus saat ini tidak harus bergantung dengan vla vanila, melainkan dapat juga disisipi memakai oncom. Tinggal siapkan adonan tepung terigu, pengembang, mentega, air, garam, dan telur.

Bila kue sudah dipanggang, cukup masukkan oncom ke dalamnya.

Baca Juga: 5 Kuliner Khas Sunda yang Menyertakan Sedapnya Oncom, Raos Pisan!

3. Kue kering oncom 

5 Kreasi Kue Hits Berbahan Oncom yang Punya Rasa Yummyilustrasi kue kering oncom (pexels.com/Julia Filirovska)

Selama ini, kue kering di Indonesia dikenal sebagai suatu kudapan yang memiliki kandungan rasa manis karena disertai gula bubuk melimpah. Namun bagaimana jadinya bila olahan tersebut dinikmati bersama oncom?

Hidangan tersebut rupanya tidak kalah sedap ketika dipertemukan bareng adonan tepung terigu, mentega, dan telur. Sementara isiannya dapat langsung dicampur antara oncom, cabai, hingga tambahan gula merah untuk menyeimbangkan rasa.

4. Roti oncom 

5 Kreasi Kue Hits Berbahan Oncom yang Punya Rasa Yummyilustrasi roti oncom (pexels.com/Jens Mahnke)

Masakan berikutnya yang cocok sekali dinikmati bareng sedapnya oncom adalah roti. Seperti diketahui, penganan tersebut memang cukup fleksibel untuk dikombinasikan bersama macam-macam isian baik itu versi manis ataupun asin.

Mirip dengan olahan biasanya, diperlukan adonan utama dari tepung terigu, ragi, susu, dan lain-lain untuk diuleni sampai kalis. Begitu sudah terbentuk, tinggal masukkan oncom yang sudah dimasak ke dalamnya, lalu bentuk roti sesuai dengan selera.

5. Kue talam oncom     

5 Kreasi Kue Hits Berbahan Oncom yang Punya Rasa Yummyilustrasi kue talam oncom (Yummy/dewi hana)

Kue talam adalah salah satu kudapan favorit masyarakat Indonesia yang hampir dapat dikreasikan bersama macam-macam toping. Bukan cuma ebi yang eksis di dalam kategori talam asin, melainkan oncom pun tak kalah sedap untuk memberi rasa.

Bahan utama dari kue talam sendiri bisa didukung oleh campuran tepung beras, tepung tapioka, krimer, air, garam dan gula. Kukus adonan sampai matang, kemudian hias toping makanan pakai olahan oncom yang sudah dilengkapi pakai bumbu bawang dan cabai.

Oncom sebagai salah satu bahan masak ekonomis dan bercita rasa unik dapat ditransformasikan menjadi penunjang kelezatan bagi aneka macam kue. Inovasi ini membuat bahan tersebut tetap populer meskipun sudah banyak makanan kekinian yang menjamur di dunia kuliner.

Baca Juga: 10 Lauk Pendamping Nasi Tutug Oncom, Nikmatnya Menggoyang Lidah

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya