Comscore Tracker

5 Kreasi Hidangan Jelly Donat, Inovasi Camilan yang Gak Bosenin!

Terdapat jelly doughnut dengan macaron yang berbeda

Jelly doughnut adalah olahan populer yang diolah memakai donat dengan isian berupa selai buah atau jelly yang manis. Hidangan ini menjadi salah satu alternatif makanan yang diperuntukan bagi donat tanpa lubang di tengahnya.

Meski begitu, masih terdapat beberapa inovasi menarik dalam pengolahan jelly doughnut. Yuk, cari tahu 5 kreasinya di bawah ini.

1. Jelly donut french toast

5 Kreasi Hidangan Jelly Donat, Inovasi Camilan yang Gak Bosenin!ilustrasi jelly donut french toast (pixabay.com/Samantha Alegre)

Siapa sangka, jika jelly doughnut ternyata bisa diadaptasi untuk mengolah french toast dengan rasa yang lebih nikmat. Makanan tersebut dapat dijadikan ide sarapan yang manis dan mengenyangkan, lho.

Gunakan paling tidak dua lembar roti yang salah satunya diolesi menggunakan selai buah. Kemudian rekatkan keduanya dan celupkan ke dalam adonan cairan yang terdiri dari telur, susu, serta gula. Setelah itu, masak roti di atas lelehan mentega sampai kecokelatan.

2. Classic jelly donut

5 Kreasi Hidangan Jelly Donat, Inovasi Camilan yang Gak Bosenin!ilustrasi classic jelly donut (pexels.com/Snapwire)

Pada olahan klasik dari jelly donat, tentunya bahan yang perlu dipersiapkan terdiri dari dua komponen utama, yaitu donat dan isian. Pada bahan utama, siapkan ragi, tepung, mentega, telur, gula, garam, dan susu.

Sedangkan di sisi lain, persiapkan filling jelly dari selai buah kesukaan, misalnya stroberi atau bluberi. Tambahkan isian ke dalam donat, setelah bahan utama selesai digoreng sampai mengembang.

Baca Juga: 9 Tips Membuat Donat Kepang tanpa Telur, Dijamin Kenyal dan Lezat!

3. Peanut butter jelly donut

5 Kreasi Hidangan Jelly Donat, Inovasi Camilan yang Gak Bosenin!ilustrasi peanut butter jelly donut (pexels.com/Burst)

Peanut butter jelly doughnut merupakan salah satu pilihan terbaik yang bisa dijadikan camilan teratas buat pencinta makanan serba manis. Isian dari donat ini bisa menggunakan jelly stroberi agar lebih segar.

Sementara bahan yang membedakan antara jelly doughnut ini dengan versi biasa adalah penggunaan glaze. Buat menggunakan heavy cream, selai kacang, dan gula bubuk, kemudian taruh sebagai topping.

4. Jelly donut macaron

5 Kreasi Hidangan Jelly Donat, Inovasi Camilan yang Gak Bosenin!ilustrasi jelly donut macaron (pexels.com/Karley Saagi)

Macaron adalah makanan unik yang diolah menggunakan tepung almon dan dikenal karena warna-warnanya yang memanjakan mata. Menariknya, bahan tersebut kini bisa diadaptasi untuk dijadikan kreasi jelly donat.

Gunakan dua keping macaron, di mana masing-masing kepingan kue tersebut perlu diolesi menggunakan jelly buah dan rekatkan keduanya. Bila suka, kamu juga bisa menambahkan topping menggunakan ekstra krim agar rasanya semakin manis.

5. Jelly donut cake

5 Kreasi Hidangan Jelly Donat, Inovasi Camilan yang Gak Bosenin!ilustrasi jelly donut cake (pixabay.com/Reinhard Thrainer)

Jelly donat versi klasik mungkin memiliki ukuran personal yang hanya bisa dikonsumsi oleh satu orang saja. Maka dari itu, untuk membuat versi jumbo,  jelly doughnut cake bisa dijadikan alternatif untuk disantap bersama-sama.

Gunakan bahan dari yellow cake mix instan yang dicampur dengan mentega, susu, dan telur. Aduk adonan dengan merata, kemudian masukkan setengahnya ke dalam loyang bundt. Tambahkan raspberry jelly, lalu tutup kembali memakai sisa adonan yang ada.

Macam-macam jelly doughnut dengan berbagai bahan baku bisa dijadikan ide untuk membuat camilan berbeda. Dari kelima kreasi di atas, apakah kamu memiliki kudapan favorit untuk dimasak segera?

Baca Juga: 5 Variasi Roti dan Donat Khas Korea Selatan yang Menggugah Selera 

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya