Comscore Tracker

5 Kreasi Makanan dari Kulit Pangsit yang Serba Kukus, Ada Lasagna!

Bisa jadi camilan pengganti gorengan

Kulit pangsit saat ini menjadi bahan baku populer yang biasa digunakan sebagai penunjang untuk mengolah aneka gorengan spesial Ramadan. Tetapi karena harga minyak yang cukup tinggi, baiknya kurangi proses pemasakan dengan jumlah minyak berlebih, deh.

Solusinya bisa dilakukan dengan membuat kulit pangsit ini sebagai pelengkap bagi aneka hidangan hits serba kukus. Walaupun punya tekstur yang agak lembek, namun soal rasa lima masakan ini tetap jadi juaranya. Mari simak satu per satu, yuk!

1. Siomay kukus

5 Kreasi Makanan dari Kulit Pangsit yang Serba Kukus, Ada Lasagna!ilustrasi siomay pangsit kukus (unsplash.com/Keriliwi)

Bicara soal hidangan serba kukus, nama siomay selalu masuk ke dalam salah satu deretan olahan favorit. Ini karena makanan tersebut begitu lezat saat dinikmati, terutama ketika dicampur dengan saus pedas manis yang menggugah selera.

Bahan-bahan yang digunakan sendiri tidak jauh dari udang, ayam, irisan wortel, tepung kanji, dan putih telur. Nantinya seluruh komponen perlu dihaluskan dan bisa langsung dibentuk pakai kulit pangsit. Masukkan ke dalam kukusan lalu tunggu sampai matang.

2. Pangsit kukus kuah

5 Kreasi Makanan dari Kulit Pangsit yang Serba Kukus, Ada Lasagna!ilustrasi pangsit kukus kuah (pexels.com/Leonid Danilov)

Sajian ini adalah santapan yang paling pas untuk menemani waktu makan di malam hari, terutama karena pangsit kukus tersebut bisa disajikan juga bersama kuah gurih yang memiliki cita rasa sedap namun tetap ringan.

Untuk membuat pangsit kukus, isian dapat disesuaikan dengan selera. Bisa menggunakan daging-dagingan atau campuran dari sayur dan tahu. Nantinya bahan itu perlu dihaluskan bersama tepung kanji, telur, dan penyedap rasa sebelum dibungkus kulit pangsit.

Sedangkan kuahnya cukup diolah dari air, bawang-bawangan, kaldu bubuk, serta daun bawang atau seledri biar makin wangi.

Baca Juga: 5 Hidangan Serba Jamur Tiram Panggang, Gak Bikin Bosan!

3. Pangsit bayam

5 Kreasi Makanan dari Kulit Pangsit yang Serba Kukus, Ada Lasagna!ilustrasi pangsit kukus isi bayam (pexels.com/Terence Koh)

Bukan cuma kombinasi antara kulit pangsit serta daging-dagingan yang memikat para pencinta kuliner. Melainkan gabungan bersama sayur hijau kaya manfaat pun bisa bikin kamu terpesona, terutama jika bahan yang dimaksud adalah bayam.

Makanan ini akan diolah dengan bantuan dari jamur biar tambah sedap. Campurkan pula kacang-kacangan bila diperlukan, berikut minyak wijen dan saus tiram agar tambah terasa. Masukkan ke dalam kulit pangsit lalu kukus hingga seluruh bahan matang merata.

4. Lasagna kulit pangsit

5 Kreasi Makanan dari Kulit Pangsit yang Serba Kukus, Ada Lasagna!ilustrasi lasagna kulit pangsit kukus (unsplash.com/irws)

Lasagna adalah olahan pasta yang miliki penggemar tidak sedikit. Masakan ini punya cara tersendiri untuk disajikan, yakni dengan menyusun pasta bersama saus putih dan olahan daging cincang secara bergantian sampai habis.

Bukan cuma versi klasik, rupanya lasagna saat ini sudah mengalami banyak inovasi. Salah satunya dengan mengganti bahan utama pakai pangsit rebus. Begitu adonan selesai disusun, tinggal taburi keju dan kukus sampai matang.

5. Kimchi mandu kulit pangsit

5 Kreasi Makanan dari Kulit Pangsit yang Serba Kukus, Ada Lasagna!ilustrasi kimchi mandu kulit pangsit (unsplash.com/Huyen Bui)

Mandu adalah salah satu makanan pendamping yang cukup populer di Korea Selatan. Hidangan ini dapat diisi menggunakan macam-macam isian dan bisa pula dimasak dengan ragam metode, salah satunya dikukus.

Selain menggunakan bahan baku berupa kulit dimsum, kamu dapat memanfaatkan keberadaan pangsit yang nantinya diisi memakai olahan fermentasi seperti kimchi. Kombinasi rasanya akan makin unik dan menyegarkan, deh.

Mengolah kulit pangsit menjadi aneka santapan serba kukus rupanya cukup menarik untuk dicicipi. Beragam masakan siap menggantikan aneka gorengan di rumah, dengan cita rasa yang tak kalah memikat.

Baca Juga: 5 Manfaat Timun Suri, Si Hidangan Favorit Saat Buka Puasa!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya