Comscore Tracker

5 Kreasi Makanan yang Bisa Diolah dengan Roti Panggang, Makin Variatif

Yuk coba buat roti panggang batu bata!

Roti panggang menjadi makanan sedap yang bisa diolah dalam hitungan menit untuk menuntaskan lapar disertai rasa nikmat nan menggugah selera. Cukup balurkan sisi roti menggunakan butter atau telur, lalu masak sebentar sampai kedua sisi menjadi garing.

Namun rupanya roti panggang tidak cuma diolah dengan cara lama seperti itu. Sebab kamu masih bisa berkreasi dengan roti panggang sehingga membuatnya jadi lebih menarik, seperti lima hidangan berikut ini.

1. French toast cannoli

5 Kreasi Makanan yang Bisa Diolah dengan Roti Panggang, Makin Variatifilustrasi french toast cannoli (unsplash.com/amirali mirhashemian)

Cannoli merupakan salah satu kudapan manis dari Sisilia dengan bentuk menyerupai tabung panjang dan kecil. Makanan ini memiliki isian beragam, mulai dari sesuatu yang manis sampai asin.

Tidak perlu repot-repot membuat adonan pastri. Kini kamu bisa menggunakan roti panggang untuk membuat cannoli dengan cara diolesi isian kesukaan, lalu gulung sampai menyerupai kue aslinya.

2. Brick toast

5 Kreasi Makanan yang Bisa Diolah dengan Roti Panggang, Makin Variatifilustrasi brick toast (thespruceeats.com/Kristina Vanni)

Brick toast alias roti panggang batu bata ini merupakan salah satu makanan terkenal dari Shibuya berupa roti isi es krim dengan aneka topping menggugah selera. Uniknya, roti yang digunakan memakai ukuran besar di mana bagian dalamnya perlu dikeluarkan lalu potong untuk dipanggang bersama.

Setelah dimasak, masukan kembali isi roti yang sudah dipotong-potong tadi dan tambah menggunakan komponen kesukaan seperti es krim vanilla, madu, krim, buah-buahan segar, dan cokelat stick.

Baca Juga: Resep Roti Kopi ala Roti’O, Lembutnya Terasa Lumer di Dalam Mulut

3. French toast bread pudding

5 Kreasi Makanan yang Bisa Diolah dengan Roti Panggang, Makin Variatifilustrasi french toast bread pudding (unsplash.com/Jo ↟ Norther Vine Design Co)

Bread pudding menjadi salah satu alternatif dalam mengolah roti panggang menjadi salah satu comfort food terutama untuk dijadikan sarapan, karena tekstur yang padat sekaligus rasa mengenyangkan yang menyertai.

Dalam membuat bread pudding, jenis roti yang digunakan bisa bermacam-macam, mulai dari challah hingga roti tawar. Susun dalam loyang, lalu siram menggunakan adonan telur, susu, dan krim sebelum dipanggang.

4. French toast crunch

5 Kreasi Makanan yang Bisa Diolah dengan Roti Panggang, Makin Variatifilustrasi french toast crunch (unsplash.com/Nyana Stoica)

Salah satu cara seru dalam berkreasi dengan roti panggang berikut ini adalah dengan memanfaatkan sisa roti untuk dijadikan sereal. Kamu bisa membaluri roti menggunakan kayu manis dan bermacam-macam pemanis lain.

Pastikan roti sudah dibentuk menjadi kecil atau ramping, sisipkan mentega lalu panggang sampai garing. Hidangkan roti tersebut bersama susu atau sereal pendamping lainnya supaya makin enak.

5. French toast waffle

5 Kreasi Makanan yang Bisa Diolah dengan Roti Panggang, Makin Variatifilustrasi french toast waffle (unsplash.com/Mae Mu)

Bila membuat adonan waffle cukup memakan waktu dan memiliki risiko gagal terutama jika dibuat terburu-buru, maka kali ini kamu bisa menggunakan roti sebagai pengganti adonan tepung tersebut.

Sebelumnya, celupkan dulu roti dalam adonan susu, telur, gula, dan kayu manis bila suka, lalu masukkan potongan roti ke dalam waffle maker. Biarkan beberapa saat sampai waffle roti tersebut matang sempurna.

Itulah kelima hidangan yang bisa diolah menggunakan roti panggang supaya makin menarik ketika dihidangkan. Gimana, kamu lebih suka roti panggang biasa atau yang telah dikreasikan sedemikian rupa?

Baca Juga: 5 Toko Roti Legendaris di Jakarta, Jual Roti Enak yang Bikin Nostalgia

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya