Comscore Tracker

5 Kreasi Roti dan Buah Zaitun yang Bikin Makanan Makin Lezat

Kamu lebih suka versi minyak atau buahnya, nih?

Zaitun merupakan salah satu komponen penting dalam proses memasak, salah satunya yang diolah sebagai minyak. Tidak cuma itu, buah dari tanaman ini pun dapat diproses menjadi aneka kudapan sedap yang tidak kalah populer.

Rasa buah zaitun cenderung getir disertai sedikit sentuhan sensasi rasa asam. Selain itu terdapat dua jenis buah yang dipakai dalam dunia masak-memasak, seperti zaitun hijau dan hitam.

Berikut ini terdapat 5 kreasi dalam mengolah buah zaitun yang cocok disandingkan bersama aneka roti untuk inspirasi kudapan berbeda serta nikmat di rumah. Apa saja?

1. Olive crostini

5 Kreasi Roti dan Buah Zaitun yang Bikin Makanan Makin Lezatolive crostini (tasteofhome.com)

Crostini merupakan sebutan bagi makanan pembuka terkenal berupa irisan roti panggang dengan tambahan topping bervariasi. Bentuk crostini yang mungil cocok dinikmati dalam sekali kunyah, seperti olive crostini.

Olive crostini sendiri diolah dari campuran irisan buah zaitun dengan tambahan keju dan aneka rempah-rempah yang dimasak bersamaan. Kemudian topping disisipkan dalam roti sebelum disajikan.

2. Olive cheese bread

5 Kreasi Roti dan Buah Zaitun yang Bikin Makanan Makin Lezatolive cheese bread (taste.com.au/Ben Dearnley)

Olive cheese bread merupakan kudapan roti dan zaitun selanjutnya yang bisa diolah dengan praktis. Ide olahan ini menggunakan italian bread berbentuk lingkaran atau memanjang.

Bagian atas roti kemudian dapat diolesi dengan mayones agar semua topping lebih menempel. Berbagai jenis keju dapat dimasukan ke dalam olahan makanan ini dibarengi dengan irisan zaitun hijau maupun hitam.

Ini supaya rasa kudapan semakin kentara. Bila suka, kamu dapat menambahkan potongan daun bawang atau rosemary di atasnya.

Baca Juga: 5 Fakta dan Manfaat Buah Zaitun yang Sehat Banget

3. Olive breadstick

5 Kreasi Roti dan Buah Zaitun yang Bikin Makanan Makin Lezatolive breadstick (bbc.co.uk/Paul Hollywood)

Breadstick memiliki bentuk lebih ramping dan panjang disertai rasa roti yang kebanyakan diolah dengan rasa gurih. Sehingga pendamping breadstick condong memakai saus sambal ataupun saus tomat.

Olahan breadstick kali ini bisa disajikan dengan tambahan tekstur dan rasa menarik yang berasal dari buah zaitun hijau. Zaitun tersebut perlu diiris agar lebih mudah menempel pada adonan roti. 

4. Olive and rosemary focaccia

5 Kreasi Roti dan Buah Zaitun yang Bikin Makanan Makin Lezatolive focaccia (sbs.com.au/Anneka Manning)

Focaccia adalah sebutan bagi roti pipih dengan ciri khas berupa tambahan topping manis maupun asin. Bentuk roti ini biasanya menyerupai persegi panjang ataupun lingkaran, mengikuti loyang yang digunakan.

Buah zaitun yang digunakan dalam olahan focaccia adalah perpaduan zaitun hitam dan hijau. Supaya roti memiliki aroma yang lebih tajam, jangan lupa tambahkan rosemary ke dalam adonan roti.

5. Olive pizza

5 Kreasi Roti dan Buah Zaitun yang Bikin Makanan Makin Lezatolive pizza (foodnetwork.com)

Olahan roti dan buah zaitun selanjutnya datang dari makanan khas Italia, piza. Roti piza memiliki jenis instan yang lebih mudah diolah untuk memangkas waktu masak supaya lebih singkat.

Dalam perpaduan topping piza, berikan saus marinara atau saus tomat sebagai dasar. Kemudian berikan potongan buah zaitun, parutan keju, dan sosis ataupun tambahan papperoni supaya makin komplit. 

Nah, itu dia kelima inspirasi olahan roti dan buah zaitun yang bisa menambah daftar menu makanan menarik di dapur. Kamu tertarik untuk mencoba yang mana, nih?

Baca Juga: Resep Sup Krim Buah Zaitun Hitam, Lezat dan Penuh Nutrisi

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya