Comscore Tracker

5 Kreasi Roti Gambang dengan Inovasi Rasa Berbeda, Unik Banget!

Cocok buat teman ngeteh di sore hari, nih

Gambang adalah sebutan bagi roti gula merah yang sudah eksis sejak era kolonial. Makanan ini masih bertahan sampai sekarang, karena punya tekstur berbeda dibandingkan roti lainnya.

Kamu akan menemukan taburan wijen di sepanjang hidangan. Rotinya juga cenderung memiliki tekstur lembut dan gampang lumer saat digigit.

Kini, roti gambang sudah punya banyak kreasi menarik untuk dicoba, macam-macam rasa dan bahan baku digunakan untuk membuat lima pilihan makanan ini semakin disukai. Yuk, simak kreasinya!

1. Roti gambang jadul 

5 Kreasi Roti Gambang dengan Inovasi Rasa Berbeda, Unik Banget!ilustrasi roti gambang jadul (pexels.com/Marina Leonova)

Sebelum beranjak ke aneka kreasi roti gambang kekinian, jangan pernah meninggalkan makanan jadul ini sendirian. Walaupun sudah lama ada, tetapi roti klasik tersebut selalu menjadi pilihan yang pas buat teman ngeteh.

Bahan yang membuat roti gambang berbeda adalah karena tidak ada penggunaan ragi. Melainkan bubuk pengembang, soda kue, kayu manis bubuk, dan komposisi lain yang membuatnya spesial adalah pemakaian spekuk serta sirup gula merah.

2. Roti gambang keju 

5 Kreasi Roti Gambang dengan Inovasi Rasa Berbeda, Unik Banget!ilustrasi roti gambang (pixabay.com/beauty of nature)

Perkembangan yang kemudian melahirkan rasa roti supaya semakin maksimal datang dengan bahan isian dari keju. Sensasi yang berada pada setiap gigitan makanan ini terasa begitu full dengan rempah disertai sedikit sentuhan asin.

Namun, keju sendiri tidak langsung dimasukkan ke dalam adonan sebagai isian dari gambang. Melainkan perlu diolah lebih dulu bareng susu, mentega, sampai gula pasir untuk menyeimbangkan tekstur dengan roti gambang itu sendiri.

Baca Juga: Resep Roti Gambang Khas Betawi yang Simpel dan Enak Banget!

3. Roti gambang chocochips 

5 Kreasi Roti Gambang dengan Inovasi Rasa Berbeda, Unik Banget!ilustrasi roti gambang chocochips (unsplash.com/Jeff Vanderspank)

Macam-macam inovasi roti gambang sukses menghiasi dunia kuliner di Indonesia. Ini juga dilakukan untuk menjaga penikmatnya biar selalu merekomendasikan hidangan tersebut dan tidak gampang pindah ke lain hati.

Makanya, seringkali roti gambang juga diubah bukan cuma dari komponen utamanya. Namun penampilan luarnya pun bisa disesuaikan, seperti kreasi kali ini yang mengganti penggunaan wijen memakai chocolate chips biar semakin cantik.

4. Roti gambang pandan 

5 Kreasi Roti Gambang dengan Inovasi Rasa Berbeda, Unik Banget!ilustrasi roti gambang pandan (pexels.com/Gilmer Diaz Estela)

Menambahkan aroma terhadap makanan adalah hal yang lumrah. Bahkan bila dilakukan secara tepat, improvisasi ini bakal bikin hidangan yang kamu bikin berkali-kali lipat lebih menggugah selera, serta mampu meningkatkan nafsu makan.

Itu juga yang bisa kamu terapkan terhadap kreasi roti gambang kali ini. Menggunakan pandan sebagai salah satu bahan utama dalam adonan, bisa bikin sajian tersebut semakin aromatik. Makanya, kreasi tersebut cocok banget untuk dimasak segera.

5. Roti gambang coklat

5 Kreasi Roti Gambang dengan Inovasi Rasa Berbeda, Unik Banget!ilustrasi roti gambang cokelat (pexels.com/Pixabay)

Kalau sudah ada variasi roti gambang keju, belum lengkap kalau rekanannya pun gak disertakan, apalagi kalau bukan cokelat. Penggunaan bahan tersebut bukan cuma membuat rasa roti semakin enak, tetapi warnanya pun jadi lebih menarik.

Gunakan bubuk cokelat dan choco chips di dalam adonan utama. Kemudian, olah roti seperti biasa dengan bubuhan wijen di permukaan makanan. Biar tekstur sajian ini tetap terasa nikmat dan memanjakan lidah.

Roti gambang menjadi suatu santapan populer yang miliki perpaduan rasa menarik. Makanya tidak heran kalau makanan ini dapat dijadikan salah satu kreasi terbaik untuk membuat camilan kaya rasa.

Baca Juga: 5 Kuliner Roti Jadul yang Gak Boleh Kamu Lewatkan Saat ke Jakarta

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya