Comscore Tracker

5 Kreasi Santapan Unik dari Jujube, Kurma Merah yang Tak Kalah Hits!

Cocok dijadikan bahan untuk makanan maupun minuman enak

Jujube menjadi salah satu buah penting dalam tradisi masakan kebanyakan wilayah di Asia. Maka dari itu, gak heran kalau julukan buah berwarna merah ini terkadang sampai menyebut nama negara, seperti kurma Tiongkok atau kurma Korea.

Walau begitu, hasil tanam yang memiliki rasa menarik dengan sentuhan manis ini memang sering jadi langganan untuk dijadikan bahan masak yang enak. Bahkan ada yang bisa diolah menjadi makanan dan minuman, seperti lima sajian berikut.

1. Jujube tea

5 Kreasi Santapan Unik dari Jujube, Kurma Merah yang Tak Kalah Hits!ilustrasi jujube tea (unsplash.com/TeaCora Rooibos)

Dalam tradisi Korea, jujube ini lebih sering dijadikan salah satu bahan utama untuk proses pembuatan teh aromatik. Macam-macam teh hadir untuk menemani, lengkap dengan bahan tambahan yang tidak kalah bermanfaat.

Salah satunya acap kali dikombinasikan bersama rempah ginseng. Kedua bahan ini dapat diseduh menggunakan air hangat dengan sumber pemanis dari tambahan madu alami. Ini supaya teh terasa lebih sedap untuk disajikan di berbagai situasi.

2. Jujube date jam

5 Kreasi Santapan Unik dari Jujube, Kurma Merah yang Tak Kalah Hits!ilustrasi jujube date jam (unsplash.com/Markus Avila)

Jujube juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu buah untuk proses pembuatan selai. Sehingga usia dari hasil tanam ini dapat jadi lebih panjang dan praktis untuk disantap sebagai pendamping aneka makanan.

Jujube perlu direndam semalaman bersama air dan gula. Kemudian setelah itu, barulah bahan tersebut dapat dihaluskan menggunakan food processor untuk mendapatkan tekstur yang halus, tepat seperti selai pada buah lain.

Baca Juga: 5 Minuman Unik dengan Kurma, Manisnya Selalu Memukau!

3. Jujube walnut cake

5 Kreasi Santapan Unik dari Jujube, Kurma Merah yang Tak Kalah Hits!ilustrasi jujube walnut cake (unsplash.com/Katarzyna Grabowska)

Kreasi makanan selanjutnya yang bisa disantap menggunakan bahan baku dari jujube adalah kue. Tidak sendirian, olahan ini pun bisa dikombinasikan bersama walnut atau kenari untuk menghasilkan perpaduan tekstur yang pas.

Selain bahan di atas, santapan tersebut perlu mempersiapkan komposisi yang terdiri dari tepung terigu, mentega, telur, brown sugar, madu, serta tambahan kayu manis untuk menghasilkan sensasi rempah yang manis terhadap olahan jujube walnut cake lembut ini.

4. Jujube pickled

5 Kreasi Santapan Unik dari Jujube, Kurma Merah yang Tak Kalah Hits!ilustrasi jujube pickled (unsplash.com/Mona Mok)

Selain dibikin selai, cara berikutnya yang bisa diterapkan untuk memperpanjang usia buah ini juga dapat dilakukan dengan menjadikan jujube sebagai acar. Rasanya akan tetap terjaga dan bisa dijadikan pendamping untuk hidangan apa saja.

Pada proses pembuatan jujube menjadi acar, diperlukan cukup banyak bahan yang sebagian besar merupakan kelompok rempah-rempah. Mulai dari jintan, bubuk cabai, kunyit, asam, cuka, mustard, serta jaggery atau dapat juga diganti memakai gula.

5. Rice pudding with jujube

5 Kreasi Santapan Unik dari Jujube, Kurma Merah yang Tak Kalah Hits!ilustrasi rice pudding with jujube (unsplash.com/Rasmus Gundorff Sæderup)

Terakhir, jujube dapat dijadikan pelengkap bagi puding nasi atau dikenal juga dengan rice pudding. Rasa makanan yang manis bakalan tambah legit akibat penggunaan buah-buahan tersebut yang turut dicampur dalam adonan utama.

Bahan dasar pembuatan rice pudding sendiri terdiri dari pemakaian beras, susu, dan bahan-bahan pendukung yang bisa dikombinasikan dari campuran antara jujube, pistachio, pala, kayu manis, serta madu ataupun gula.

Jujube menjadi salah satu buah yang bisa diolah menjadi aneka santapan menarik. Kelima sajian di atas dapat menjadi ide apabila kebetulan kamu memiliki stok kurma merah ini di rumah.

Baca Juga: 5 Frozen Dessert Khas Sisilia-Italia yang Manisnya Bikin Lidah Senang 

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya