Comscore Tracker

5 Kreasi Makanan Laut dengan Saus Mentega, Awas Ngiler!

Cocok disantap bersama nasi putih hangat, lho

Seafood alias makanan laut memang merupakan salah satu raja hidangan yang banyak disukai masyarakat. Terlebih, jika olahan tersebut dimasak memakai teknik tertentu dengan saus lezat yang bikin sajian seafood terasa makin nikmat.

Makanan yang paling populer dalam mengolah seafood ini pun dapat kamu temukan pada kreasi saus mentega. Penasaran, bahan apa saja yang bisa diolah memakai teknik tersebut? Yuk, cari tahu lima inovasinay berikut ini.

1. Cumi saus mentega 

5 Kreasi Makanan Laut dengan Saus Mentega, Awas Ngiler!ilustrasi cumi saus mentega (pexels.com/Kei Scampa)

Cumi merupakan makanan laut yang punya dua tipe terkenal. Pertama adalah versi asin, kedua ialah cumi segar. Dua-duanya dapat dijadikan ide dalam pembuatan makanan lezat, terutama menggunakan saus mentega yang nikmat.

Tinggal goreng bahan utama terlebih dahulu, kemudian siapkan tumisan saus dari bawang-bawangan, mentega, air, hingga maizena sebagai pengental. Satukan bahan tersebut, kemudian nikmati selagi santapan masih terasa hangat.

2. Ikan saus mentega 

5 Kreasi Makanan Laut dengan Saus Mentega, Awas Ngiler!ilustrasi ikan saus mentega (unsplash.com/Sander Dalhuisen)

Tak mau kalah, ikan pun dapat dinikmati dengan cara serupa dan cocok banget sebagai pendamping nasi putih yang menggugah selera. Hidangan ini bisa didukung memakai ikan apa pun, seperti gurame, dori, bahkan salmon.

Sedangkan saus akan dilengkapi menggunakan mentega, bawang-bawangan, penyedap, aneka macam kecap, jeruk, merica, dan sedikit air. Susunan bahan tersebut nantinya perlu disatukan untuk menghasilkan saus yang menyerap dalam daging ikan.

Baca Juga: 5 Trivia Nai Mong Hoy Tod, Omelet Tiram ala Thailand dengan Saus Pedas

3. Lobster saus mentega 

5 Kreasi Makanan Laut dengan Saus Mentega, Awas Ngiler!ilustrasi lobster saus mentega (unsplash.com/Andre Davis)

Lobster merupakan seafood favorit yang ditawarkan dengan harga bervariasi. Bahkan bahan masakan tersebut ada yang dijual cukup mahal, lantaran berat dan cara budidayanya yang spesial saat dipelihara.

Walau demikian, rasa daging lobster memang tidak pernah mengecewakan. Sensasi manis dan asin yang ada bakalan semakin serasi ketika dipertemukan bersama saus yang terdiri dari penggunaan mentega, bawang-bawangan, kecap, hingga bumbu penyedap.

4. Kerang saus mentega 

5 Kreasi Makanan Laut dengan Saus Mentega, Awas Ngiler!ilustrasi kerang saus mentega (unsplash.com/Adrien Sala)

Berikutnya ada juga kerang, bahan ini sering sekali dijumpai dalam aneka tradisi masakan serba seafood yang tidak kalah menggugah selera. Keberadaan kerang sukses membuat siapapun tergila-gila pada masakan tersebut.

Terutama jika bahan masakan bertransformasi menjadi kerang saus mentega. Tambahan bawang-bawangan, kecap inggris, mentega, kecap manis, jeruk nipis, dan air, bakalan membuat makanan laut tersebut semakin enak.

5. Kepiting saus mentega

5 Kreasi Makanan Laut dengan Saus Mentega, Awas Ngiler!ilustrasi kepiting saus mentega (unsplash.com/Hanxiao)

Kepiting selalu sukses membawa warna baru dalam aneka hidangan favorit. Meskipun sering dibuat repot dengan proses pemisahan daging dan cangkang yang tersebar dimana-mana, tapi penggemarnya tidak lantas berkurang.

Nah, serunya lagi, kepiting bisa dijadikan sebagai bahan utama untuk proses pembuatan seafood saus mentega, lho. Ini membuat hidangan jadi terasa lebih manis, gurih, dan lebih wangi.

Kenikmatan seafood untuk diolah menjadi suatu hidangan tertentu memang gak akan gagal. Terutama kalau kamu merupakan pencinta sajian serba saus mentega. Dijamin deh, lima santapan di atas bakal membuai kamu dan keluarga.

Baca Juga: 8 Alternatif Sehat Pengganti Mentega, Tetap Gurih!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya