Comscore Tracker

5 Kreasi Sup Udang Tanpa Santan, Tetap Lezat dengan Kuah Ringan

Bisa bikin makan jadi nambah berkali-kali

Udang menjadi salah satu bahan masakan laut yang juga bisa dibuat menjadi makanan berkuah. Tentu saja supaya dapat dijadikan lauk makan dengan atau tanpa nasi.

Jika kamu lebih suka masakan berkuah yang ringan dan kaya rasa, maka udang pun bisa dibuat menjadi sup tanpa santan, lho. Gak percaya? Berikut lima ide kreasi sup udang tanpa santan yang bisa kamu coba di rumah.

1. Sup udang bening

5 Kreasi Sup Udang Tanpa Santan, Tetap Lezat dengan Kuah Ringanilustrasi sup udang bening (unsplash.com/Monika Grabkowska)

Hidangan pertama yang bisa dibuat dari bahan utama berupa udang ialah sayur bening. Seperti namanya, makanan ini biasanya tidak banyak melibatkan bahan-bahan namun rasanya tetap sedap saat dijadikan lauk.

Bumbu utama dari olahan ini umumnya menggunakan bawang, kaldu, dan tambahan perasa. Sementara isiannya akan dilengkapi bersama udang aneka ukuran, wortel, kentang, sampai potongan daun seledri.

2. Sup udang bakso 

5 Kreasi Sup Udang Tanpa Santan, Tetap Lezat dengan Kuah Ringanilustrasi sup udang bakso (pexels.com/FOX)

Saat ini bakso siap masak banyak ditemukan di pasaran dengan berbagai versi. Ada yang dibuat dari daging ayam, sapi, ikan, hingga seafood lainnya. Tentu saja bakso tersebut bisa diolah jadi beragam kreasi yang lezat.

Tak harus melibatkan santan, kamu bisa mengganti kuahnya menggunakan kaldu. Setelah itu, masak selama beberapa saat bersama aneka macam bumbu dan isian, termasuk udang yang membuat hidangan ini kian spesial.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Olahan Udang Cincang Tampil Menarik, Gampang Ditiru!

3. Sup udang nanas 

5 Kreasi Sup Udang Tanpa Santan, Tetap Lezat dengan Kuah Ringanilustrasi sup udang nanas (pixabay.com/Raquel Del Castillo)

Memiliki kombinasi rasa yang begitu segar, membuat hidangan berkuah yang satu ini cocok sekali untuk dinikmati sebagai lauk makan. Tentu saja rasanya pun akan sedikit berbeda karena melalui proses modifikasi.

Bahan yang membuat hidangan ini makin berbeda adalah campuran potongan nanas yang membuat sup terasa makin fresh. Belum lagi kamu bisa menambahkan serai dan aneka macam rempah untuk melengkapi rasa kuah kaldu. Kamu juga bisa menambahkan jamur sebagai isian pendamping udang.

4. Sup makaroni udang  

5 Kreasi Sup Udang Tanpa Santan, Tetap Lezat dengan Kuah Ringanilustrasi sup macaroni udang (pixabay.com/tomeifb0)

Sup kali ini juga terasa berbeda namun cocok sekali untuk dinikmati saat sore hari sambil bersantai. Sebab sup makaroni udang ini punya kombinasi isian yang menarik.

Tidak cuma makaroni, isian sup nantinya akan ditemani bersama udang agar rasa santapan ini kian menggoda. Kuahnya pun tidak perlu sampai melibatkan santan, karena kamu bisa mencampurkan kaldu, lada, bubuk perasa, dan bawang putih untuk menambah rasa.

5. Sup brokoli udang 

5 Kreasi Sup Udang Tanpa Santan, Tetap Lezat dengan Kuah Ringanilustrasi sup brokoli udang (pixabay.com/Constanze Riechert-Kurtze)

Brokoli senantiasa dijadikan salah satu isian andalan untuk aneka masakan berkuah. Sebab sayur tersebut dikenal sebagai salah satu sumber manfaat baik untuk tubuh dan rasanya pun tidak kalah nikmat.

Sup brokoli kali ini akan terasa berbeda karena kamu bisa juga menyisipkan udang di dalamnya. Jadi rasa makanan pun akan dua kali lipat lebih umami dengan perpaduan kuah dari kaldu, bawang, dan lada yang membuatnya terasa begitu ringan, tapi juga kaya rasa.

Mengolah udang menjadi sup yang nikmat ternyata bisa dilakukan dengan berbagai cara, contohnya saja seperti lima santapan di atas. Sehingga buat kamu yang kurang cocok dengan rasa santan, lima ide kreasi sup udang di atas bisa segera dicoba di rumah.

Baca Juga: 5 Resep Kreasi Udang Rendah Kalori, Cocok untuk Program Diet

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya