Comscore Tracker

5 Kreasi Tulang Ayam Khas Nusantara yang Sedap dan Bikin Ngiler!

Bisa jadi inspirasi sajian hari ini di rumah #LokalIDN

Tulang ayam menjadi salah satu bagian yang kerap tersingkir dari masakan karena memiliki daging yang lebih sedikit dan dianggap kurang enak jika diolah.

Padahal dengan ragam bumbu dan teknik masak yang baik, tulang dapat bertransformasi menjadi olahan sedap seperti kelima sajian khas Nusantara berikut ini.

1. Seblak tulang ayam

5 Kreasi Tulang Ayam Khas Nusantara yang Sedap dan Bikin Ngiler!Seblak dengan isi tulang (instagram.com/sumedangjajan

Seblak menjadi salah satu hidangan pedas yang cukup sering dijajakan, terutama di wilayah Jabodetabek. Makanan ini memiliki kuah merah menyala dengan rasa gurih dan nikmat yang bikin nagih.

Tidak cuma berisikan kerupuk, sayuran, dan mi saja, makanan yang ramai isi ini pun bisa dikreasikan dengan bahan menarik. Salah satu bahan pilihan favorit yang kerap kali dimasukan dalam sajian adalah tulang ayam.

2. Tulang ayam kecap

5 Kreasi Tulang Ayam Khas Nusantara yang Sedap dan Bikin Ngiler!Ilustrasi tulang ayam kecap (unileverfoodsolutions.com.ph)

Salah satu lauk kesukaan ketika hendak makan bersama nasi adalah ayam kecap. Perpaduan daging lembut serta gurih manisnya bumbu membuat siapapun bisa ketagihan.

Namun tak melulu daging utuh, tulang ayam sendiri bisa dimanfaatkan untuk olahan ini lho! Biasanya tulang ayam kecap lebih banyak dimakan tanpa nasi untuk teman sajian bersantai di rumah.

Baca Juga: Resep Seblak Tulang Khas Jawa Barat yang Super Endul, Segernya Nampol!

3. Sup tulang ayam

5 Kreasi Tulang Ayam Khas Nusantara yang Sedap dan Bikin Ngiler!Ilustrasi sup tulang ayam (foodnetwork.com)

Penggemar aneka masakan berkuah bisa membuat sup enak meski tanpa daging utuh, salah satunya adalah dengan memakai tulang ayam. Hal ini biasanya digunakan demi melengkapi sayuran dan menambah cita rasa nikmat pada kuah.

Bahan baku yang ditambahkan pun bisa terdiri dari sayur mayur kesukaan, seperti kentang, wortel, hingga kol di mana bahan tersebut kemudian diolah dalam kuah bening, bersama rempah dedaunan penambah aroma.

4. Rica-rica tulang ayam

5 Kreasi Tulang Ayam Khas Nusantara yang Sedap dan Bikin Ngiler!Ilustrasi rica-rica tulang ayam (yummy.co.id)

Rica-rica menjadi salah satu bumbu masak khas Manado yang populer di Tanah Air. Metode pemasakan hidangan ini umumnya menggunakan potongan daging ayam untuk dimasak hingga lembut.

Akan tetapi, rekanan daging seperti tulang pun tidak kalah nikmat bila hendak diolah bersama bumbu yang terdiri dari campuran aneka cabai dan bawang tersebut, lho!

5. Soto tulang ayam

5 Kreasi Tulang Ayam Khas Nusantara yang Sedap dan Bikin Ngiler!Ilustrasi soto tulang ayam (id.tastemade.com)

Memiliki ciri khas berupa kuah gurih dan segar yang cenderung kekuningan membuat soto kerap kali dijadikan alternatif dalam pilihan lauk makan siang ataupun malam.

Tambahan komponen yang tidak luput dari masakan adalah keberadaan suwiran ayam yang menambah tekstur sajian. Namun tak hanya itu, sebab tulang ayam pun cocok untuk diolah bersama tanpa mengurangi rasa nikmat pada makanan.

Nah, itu dia kelima olahan khas Nusantara dari tulang ayam yang bisa bikin ketagihan. Berbagai sajian populer ternyata tetap bisa dimasak dengan baik, meskipun bahan baku yang dipakai tergolong lebih sederhana, ya.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Olahan Tulang Iga Sapi yang Menggugah Nafsu Makan

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya