Comscore Tracker

5 Kreasi Ubi dari Korea Selatan Bikin Acara Ngemil Gak Membosankan

Bisa dijadikan makanan sampai minuman hits, pokoknya!

Tanaman ubi cukup melimpah di Indonesia dan kerap dijadikan salah satu hidangan pengganjal lapar yang kaya manfaat. Bila bosan dengan sajian yang itu-itu saja, ubi bisa dibikin sebagai Korean food praktis dan enak, lho.

Seperti diketahui kuliner Korea Selatan sudah menjamur di seluruh dunia, termasuk di dalam negeri. Biar gak ketinggalan update makanan kekinian, simak dulu lima macam hidangan dari ubi yang jadi santapan hits di Korea Selatan berikut ini.

1. Goguma ppang

5 Kreasi Ubi dari Korea Selatan Bikin Acara Ngemil Gak Membosankanilustrasi goguma ppang (yummy.co.id/Onna Indriyani)

Dari bentuknya sih, gak ada beda antara makanan ini dengan ubi berkulit ungu yang biasa kita jumpai. Namun rupanya goguma ppang tersebut adalah roti yang memiliki bentuk mirip dengan ubi mentah, lho!

Makanan ini sempat booming beberapa tahun yang lalu karena bentuk dan teksturnya yang unik. Bahan utamanya sendiri bukan lain adalah daging ubi yang dibalut dengan roti mochi dengan kandungan bubuk ubi ungu.

2. Goguma mattang

5 Kreasi Ubi dari Korea Selatan Bikin Acara Ngemil Gak Membosankanilustrasi goguma mattang (unsplash.com/henry perks)

Meski diketahui kalau ubi sudah mempunyai rasa manis alami, tapi ada juga olahan dari Negeri Ginseng tersebut yang dibikin supaya umbi-umbian ini terasa semakin legit lagi. Sehingga, cocok buat pendamping setelah menikmati aneka makanan berat.

Secara sederhana, goguma mattang adalah potongan ubi yang dimasak dengan cara digoreng atau dipanggang. Kemudian dibalut memakai campuran adonan, hasil lelehan gula, dan air. Lalu, makanan ini ditambahkan dengan wijen biar tambah maksimal rasanya.

Baca Juga: Resep Hotteok Ubi ala Korea yang Super Nikmat, Dijamin Nagih!

3. Goguma bap

5 Kreasi Ubi dari Korea Selatan Bikin Acara Ngemil Gak Membosankanilustrasi goguma bap (youtube.com/maangchi)

Korea Selatan cukup terkenal dengan olahan rice bowl-nya yang lebih sering dinamai dengan bap. Macam-macam lauk topping bisa bikin kita terpukau karena perpaduan rasa dan jumlahnya yang sungguh beragam.

Di dalam aneka kreasi yang melimpah, ada hidangan bernama goguma bap. Olahan ini merupakan proses dari penanakan nasi yang dicampur dengan potongan ubi sehingga rasanya jadi jauh lebih manis.

4. Goguma latte

5 Kreasi Ubi dari Korea Selatan Bikin Acara Ngemil Gak Membosankanilustrasi goguma latte (yummy.co.id)

Beralih ke hidangan berikutnya, kali ini olahan ubi dari Korea Selatan tampil dengan bentuk berbeda lantaran tersaji dalam minuman. Hidangan dinamakan dengan goguma latte. Sudah tahu dong ini sajian apa? 

Minuman tersebut terasa unik lantaran dalam susu ada penggunaan ubi yang juga turut dihaluskan bersama. Kemudian minuman ini bakal disempurnakan memakai topping, mulai dari bubuk kayu manis atau kacang-kacangan biar makin sedap.

5. Goguma twigim

5 Kreasi Ubi dari Korea Selatan Bikin Acara Ngemil Gak Membosankanilustrasi goguma twigim (pixabay.com/likesilkto)

Korea Selatan juga mempunyai gorengan andalan berbahan ubi dengan nama goguma twigim. Ini sih paling cocok disajikan saat sudah memasuki musim hujan lengkap dengan secangkir teh atau kopi biar badan makin hangat.

Proses pembuatannya pun mirip-mirip dengan gorengan dari Indonesia. Cukup dengan menyiapkan potongan ubi, lalu masukan ke dalam adonan tepung basah dan kering, kemudian goreng sampai kecokelatan.

Punya ubi di rumah? Bisa dikreasikan seperti lima sajian di atas. Selain praktis, kamu juga bisa menambah daftar panjang kreasi masakan kreatif yang perlu dicoba untuk mendapatkan rasa hidangan yang lebih enak di lidah.

Baca Juga: [QUIZ] Makanan Korea Pilihanmu Menentukan Member NCT 127 yang Cocok denganmu!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya