Comscore Tracker

5 Kreasi Ubi Goreng yang Cocok Dijadikan Menu Berbuka Puasa

Awas ketagihan dengan perpaduan rasanya

Mengolah ubi menjadi gorengan bikin acara berbuka puasa jadi makin seru. Sajian tersebut bakal menjadi hidangan pendamping yang mengenyangkan namun tetap lezat karena disertai sentuhan sensasi manis.

Walau diolah menjadi gorengan, namun variasinya cenderung banyak. Terdapat sekitar lima olahan andalan yang bisa kamu buat menggunakan ubi jalar hingga ubi ungu melalui kreasi ubi goreng berikut ini.

1. Ubi goreng tepung

5 Kreasi Ubi Goreng yang Cocok Dijadikan Menu Berbuka Puasailustrasi ubi goreng tepung (pixabay.com/likesilkto)

Gorengan yang satu ini menjadi begitu melegenda karena meski sederhana namun rasanya cenderung begitu memikat karena ubi terasa lembut dan meleleh di mulut.

Untuk membuatnya, potongan ubi yang sudah dibersihkan dan dikupas dari kulitnya dimasukkan ke dalam adonan pelapis yang dibuat dari tepung terigu, air, gula pasir, dan sejumput garam. Kemudian apabila sudah terbalur rata, langsung goreng deh.

2. Bola ubi kopong

5 Kreasi Ubi Goreng yang Cocok Dijadikan Menu Berbuka Puasailustrasi bola ubi kopong (pixabay.com/Shadi Mohammad Chowdhury)

Kalau gorengan yang satu ini masih terbilang baru namun gak kalah populer dari makanan sebelumnya. Bukan cuma soal bentuk yang berbeda, melainkan teksturnya pun agak lain karena bagian dalam hidangan cenderung kopong alias kosong.

Untuk bisa membuat hidangan ini, ubi perlu dikukus terlebih dahulu dan dilumatkan. Setelah itu, baru tambahkan tepung-tepungan dan bumbu agar makin enak.

Bila sudah dibentuk dengan baik, siapkan minyak dan goreng adonan sampai mengembang.

Baca Juga: 5 Resep Olahan Ubi Ungu yang Praktis dan Enak untuk Camilan di Rumah

3. Cakar ayam

5 Kreasi Ubi Goreng yang Cocok Dijadikan Menu Berbuka Puasailustrasi cakar ayam (yummy/Bunda Rafa)

Walaupun menyanding nama cakar ayam, tetapi adonan dalam proses pembuatan makanan ini sama sekali tidak melibatkan daging unggas tersebut. Nama ini digunakan untuk merepresentasikan bentuk keduanya yang hampir mirip.

Berbeda bentuk dari dua olahan sebelumnya, cakar ayam memerlukan ubi yang dipotong seukuran korek api lalu ditambahkan ke dalam adonan tepung kental. Prosesnya mirip seperti sedang memasak bakwan yang nantinya harus dimasak dengan minyak panas.

4. Ubi goreng karamel

5 Kreasi Ubi Goreng yang Cocok Dijadikan Menu Berbuka Puasailustrasi ubi lapis karamel (pixabay.com/nadeco70)

Buat kamu yang lebih gemar menikmati ubi dengan sensasi manis ekstra, maka jangan lewatkan salah satu gorengan yang dikombinasikan bersama karamel satu ini. Makanan ini begitu memikat apalagi kamu bisa membuatnya secara sederhana

Tinggal siapkan potongan ubi lalu goreng sampai matang. Di panci lain, buat karamel menggunakan gula pasir, air, dan bahan lainnya. Setelah keduanya siap, tinggal aduk-aduk sampai lapisan luar ubi tertutupi oleh karamel dengan maksimal.

5. Stik ubi

5 Kreasi Ubi Goreng yang Cocok Dijadikan Menu Berbuka Puasailustrasi stik ubi (pixabay.com/Wow Phochiangrak)

Gorengan terakhir adalah stik ubi. Makanan ini sepintas sangat mirip dengan kentang goreng.

Stik ubi punya kombinasi rasa manis dan tekstur lembut di bagian dalam santapan.

Olahan ini pun begitu mudah untuk dimasak karena cukup dengan merebus ubi sampai lunak dan lumatkan. Setelah itu campur pakai pemanis dan tepung agar bisa dibentuk memanjang. Kemudian siapkan minyak, lalu goreng sampai bagian luar gorengan berubah keemasan.

Ubi goreng bisa dikreasikan dengan bermacam-macam cara. Bahkan kebanyakan tahapan yang dilakukan begitu sederhana sehingga lima santapan di atas pas banget untuk dijadikan camilan saat berbuka tiba.

Baca Juga: 9 Buah yang Cocok Dikonsumsi saat Berbuka Puasa 

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya