Comscore Tracker

5 Inspirasi Kudapan Lembut dari Blancmange, Rasanya Variatif!

Dapat dijadikan ide santapan di siang hari, nih

Blancmange menjadi salah satu santapan menarik dengan tekstur lembut yang populer, terutama bagi para pencinta makanan manis. Sekilas, hidangan ini mirip dengan panna cotta.

Namun, blancmange cenderung memiliki bahan baku berbeda. Biasanya, beberapa versi menggunakan proses pemasakan di atas kompor untuk mematangkan beberapa komponen yang digunakan.

Berikut 5 hidangan yang bisa dikreasikan dari blancmange. Dapat dijadikan referensi kudapan pencuci mulut buat kamu, nih. 

1. Maple blancmange

5 Inspirasi Kudapan Lembut dari Blancmange, Rasanya Variatif!ilustrasi maple blancmange (pexels.com/Mattia Marcassoli)

Sirup maple bisa menggantikan beberapa bahan manis untuk menyempurnakan rasa suatu makanan. Di antara hidangan yang bisa bersanding dengan baik, blancmange pun masuk ke dalam jajaran yang dimaksud.

Sebelumnya, masak lebih dulu campuran susu dan vanila, kemudian tambahkan ke dalam kocokan telur serta sirup maple. Setelah itu, taruh wadah di atas air mendidih dan aduk-aduk sampai tercampur rata.

Sisihkan adonan dari kompor, kemudian campur bersama gelatin agar komponen bisa mengeras dengan sempurna. Jangan lupa simpan dulu di lemari es sebelum dikonsumsi, supaya makin enak.

2. Chocolate blancmange

5 Inspirasi Kudapan Lembut dari Blancmange, Rasanya Variatif!ilustrasi chocolate blancmange (pexels.com/ROMAN ODINTSOV)

Kalau hidangan yang satu ini sudah paling pas disajikan bagi kamu yang ingin menikmati santapan berbasis cokelat dengan olahan berbeda. Selain tak kalah enak, hidangan ini pun bisa dikreasikan bersama topping krim dan buah yang melimpah.

Proses pembuatannya tidak jauh berbeda dengan sajian sebelumnya. Namun, untuk menciptakan rasa yang lebih tajam dan warna gelap. Gunakan bubuk cokelat serta dark choco dalam melengkapi bahan dari santapan tersebut.

Baca Juga: 5 Kreasi Klappertaart Menggugah Selera, Kudapan Lembut nan Meleleh

3. Cinnamon and vanilla blancmange

5 Inspirasi Kudapan Lembut dari Blancmange, Rasanya Variatif!ilustrasi cinnamon and vanilla blancmange (unsplash.com/Jade Seok)

Santapan blancmange ini merupakan salah satu sajian hasil perpaduan antara vanila dan kayu manis yang menciptakan aroma nikmat. Proses pembuatan makanan versi ini tidak jauh dari penggunaan susu, krim, vanila, dan cinnamon yang dipanaskan di atas kompor.

Setelah itu, sisihkan adonan dan campur bersama kuning telur beserta gula. Terakhir, tambahkan gelatin ke dalam adonan utama. Kemudian tuangkan adonan blancmange tersebut ke dalam cetakan dan biarkan dingin di dalam lemari es selama beberapa jam.

4. Mango blancmange

5 Inspirasi Kudapan Lembut dari Blancmange, Rasanya Variatif!ilustrasi mango blancmange (pixabay.com/fastkitchen)

Buah-buahan memang paling pas disandingkan dengan dessert yang memanjakan lidah. Salah satunya adalah mangga yang manis dan segar. Gunakan mangga yang telah dilumatkan supaya lebih mudah bersatu dengan adonan lainnya.

Sedangkan bahan baku tambahan yang perlu dipersiapkan tidak jauh berbeda dengan hidangan sebelumnya. Mangga tersebut bisa dicampur bersama adonan susu dan biarkan dingin supaya santapan lebih maksimal.

5. Orange blancmange

5 Inspirasi Kudapan Lembut dari Blancmange, Rasanya Variatif!ilustrasi orange blancmange (pixabay.com/Bernadette Wurzinger)

Kesegaran jeruk bisa pula ditambahkan ke dalam adonan dasar blancmange. Terlebih, tidak cuma rasa yang berubah dari hidangan ini, melainkan terdapat aroma menyegarkan yang membuatmu lebih terkesan.

Bahan dasar pengolahan blancmange ini pun sama saja dengan yang lain. Kamu hanya perlu menambahkan setidaknya jus jeruk ke dalam hidangan, sekaligus parutan kulit buah yang menghasilkan aroma menggugah selera.

Blancmange dapat dijadikan salah satu terobosan untuk menciptakan hidangan lembut yang pas. Kamu bisa berkreasi dengan menambahkan aneka rasa dan pendamping, sehingga olahan blancmange pun makin variatif.

Baca Juga: 5 Kreasi Vanilla Slice untuk Ide Kudapan Sore Bertekstur Lembut

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya