Comscore Tracker

5 Macam Kudapan Pencuci Mulut Berbahan Jambu Biji yang Patut Dicicipi

Yuk, coba buat salah satu!

Jambu biji alias guava merupakan salah satu hasil tanam yang populer di Indonesia dan kerap kali dimakan secara langsung. Tak hanya itu, buah ini memiliki ciri khas berupa warna merah muda dengan biji yang memenuhi seluruh bagian dalam buah.

Memiliki rasa manis dan segar, siapa sangka ternyata buah ini memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh. Selain itu, jambu biji dapat menjadi olahan menarik bila dicampurkan ke dalam beragam kreasi makanan penutup seperti lima sajian berikut ini.

1. Guava cheesecake

5 Macam Kudapan Pencuci Mulut Berbahan Jambu Biji yang Patut DicicipiIlustrasi guava cheesecake (foodfanatic.com/Rebekah Garcia Kalinowski)

No bake cheesecake menjadi salah satu kudapan menarik hati yang tidak cuma lumer di mulut, namun mampu membuat penikmatnya sulit untuk berhenti mengunyah lantaran perpaduan komponen yang membuat rasanya makin solid.

Seperti pengolahan cheesecake pada umumnya, ada dua bahan baku dasar yang diolah supaya makanan bisa terbentuk sempurna seperti crust dari remahan biskuit dan krim keju sebagai isian.

Namun kali ini, dua komponen tersebut perlu berbagi tempat dengan jambu biji sehingga rasa kudapan semakin segar dan manis. Buah terlebih dahulu perlu dilumatkan untuk kemudian dicampur bersama adonan, ya!

2. Guava bread pudding

5 Macam Kudapan Pencuci Mulut Berbahan Jambu Biji yang Patut DicicipiIlustrasi guava bread pudding (foodnetwork.com/Manny Washington)

Puding roti menjadi kudapan ringan yang populer di berbagai wilayah lantaran pembuatan dan penyajian makanan yang tergolong mudah. Biasanya, makanan ini dimasak menggunakan roti tawar sisa bersama campuran susu dan telur agar makin padat.

Supaya rasa puding roti makin sedap serta tidak membosankan, kamu bisa mencampurkan adonan susu bersama jambu biji lho. Rasa buah yang manis dan segar bisa membantu meningkatkan selera makan saat menyantap guava bread pudding ini.

Baca Juga: 5 Resep Olahan Jambu Biji yang Enak dan Bisa Meningkatkan Imun Tubuh 

3. Guava turnover

5 Macam Kudapan Pencuci Mulut Berbahan Jambu Biji yang Patut DicicipiIlustrasi guava turnover (rachaelraymag.com)

Turnover merupakan sajian berbahan baku pastri yang biasanya diisi menggunakan komponen bercita rasa asin atau manis. Pada pilihan kedua, filling sangat umum diisi memakai buah-buahan untuk menambah rasa nikmat terhadap makanan.

Tidak mau ketinggalan beken, jambu biji pun tetap cocok jika dijadikan isian ke dalam  olahan turnover, baik itu diambil dari produk selai botolan ataupun buah segar yang terlebih dahulu dimasak dalam larutan gula.

4. Guava cake

5 Macam Kudapan Pencuci Mulut Berbahan Jambu Biji yang Patut DicicipiIlustrasi guava cake (cooking.nytimes.com/Romulo Yanes dan Vivian Lui

Salah satu kue dengan rasa buah yang menggugah selera dapat diolah menggunakan jambu biji. Makanan ini pun menjadi pencuci mulut yang cocok disajikan untuk segala usia, termasuk anak-anak.

Kue dengan warna merah muda yang menarik perhatian ini diolah dari tepung instan khusus kue, disertai sedikit pewarna, dan tambahan buah yang telah dilumatkan. Begitu pun dengan topping yang dihadirkan. Jangan lupa untuk menambahkan jambu biji ke dalamnya.

5. Guava tart

5 Macam Kudapan Pencuci Mulut Berbahan Jambu Biji yang Patut DicicipiIlustrasi guava tart (food52.com/Danielle Ruelas)

Tart acap kali diolah untuk memenuhi makanan pendamping dalam berbagai acara penting. Beberapa jenis olahan ini dibuat berdasarkan ukuran yang berbeda-beda,dengan isian yang beraneka ragam pula.

Salah satu varian tart yang tidak boleh dilewatkan adalah guava tart yang menjadikan pasta dari buah jambu berwarna merah muda ini sebagai isian utama. Tak lupa sisipkan filling tersebut bersama tambahan berupa krim keju yang nikmat.

Nah, itulah kelima kreasi makanan penutup berbahan buah jambu biji yang dikenal kaya akan manfaat dan mudah ditemui di Tanah Air. Kalau kamu sendiri, lebih suka menjadikan buah ini sebagai kudapan tertentu atau lebih baik dimakan langsung?

Baca Juga: 5 Ragam Saus dari Jambu Biji untuk Teman Kudapan Manis dan Gurih

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya