Comscore Tracker

5 Kudapan Super Yummy dengan Rice Paper, Gak Hanya Spring Roll

Sudah pernah mencoba rice paper tteokbokki belum?

Rice paper adalah salah satu bahan dalam pembuatan lumpia ala Vietnam dengan karakteristik yang transparan dan tipis. Saking populernya komponen tersebut, para pegiat kuliner pun mulai menggunakan bahan ini untuk makanan lain.

Buat kamu yang memiliki stok rice paper di rumah, lima sajian ini bisa menjadi ide anyar untuk memaksimalkan rice paper agar menjadi masakan enak sekaligus mampu memberikan pengalaman baru ketika mencicipinya.

Simak yuk!

1. Rice paper tteokbokki 

5 Kudapan Super Yummy dengan Rice Paper, Gak Hanya Spring Rollilustrasi rice paper tteokbokki (unsplash.com/Markus Winkler)

Keberadaan rice paper ternyata bisa dimanfaatkan sebagai salah satu bahan pengganti adonan tteokbokki, lho. Jajanan populer asal Korea Selatan ini seringkali dinikmati bersama saus pedas manis yang bikin ngiler.

Cara membuatnya pun sangat mudah, yakni dengan menyiapkan rice paper yang sudah diolesi air. Buat beberapa tumpuk dan gulung-gulung. Setelah itu potong seukuran tteokbokki dan masak bareng saus khasnya biar tambah mirip.

2. Rice paper pizza 

5 Kudapan Super Yummy dengan Rice Paper, Gak Hanya Spring Rollilustrasi rice paper pizza (pexels.com/ahmad nawawi)

Makanan menarik selanjutnya yang juga dapat diolah menggunakan bantuan dari rice paper adalah pizza. Tentunya rasa hidangan Italia versi ini akan jadi lebih didominasi oleh toping, karena rice paper hanya dipakai sebagai dasar makanan.

Untuk membuat kulit dasarnya lebih tebal, rice paper yang sudah diletakkan di atas wajan perlu ditambahi memakai kocokan telur. Setelah itu, baru sisipkan macam-macam toping yang kamu sukai seperti saus, sosis, hingga parutan keju.

Baca Juga: Resep Boba Rice Paper yang Lagi Hits, Kenyal dan Lebih Sehat

3. Rice paper dumpling 

5 Kudapan Super Yummy dengan Rice Paper, Gak Hanya Spring Rollilustrasi rice paper dumpling (pexels.com/Anna Tarazevich)

Kalau kamu terpikirkan untuk membuat dumpling dengan bahan-bahan yang sederhana, rice paper juga bisa melakukan hal yang sama, nih. Rasanya tidak kalah enak dan hidangan bisa dikukus maupun digoreng.

Isian dumpling juga tidak terbatas. Kamu dapat menggunakan perpaduan antara sayur-mayur bersama tofu, maupun daging-dagingan yang nantinya perlu digiling halus bersama telur dan tepung tapioka. Tinggal masukkan ke dalam kulit dan masak.

4. Rice paper sushi 

5 Kudapan Super Yummy dengan Rice Paper, Gak Hanya Spring Rollilustrasi rice paper sushi (pexels.com/Valeria Boltneva)

Biasanya dalam proses pembuatan sushi, rumput laut kering menjadi bahan utama yang hampir tak bisa dijauhkan dari pengolahan makanan asal Jepang tersebut. Namun karena karakteristik yang hampir mirip, bahan tersebut dapat diganti dengan rice paper, lho.

Dari segi tampilan, sushi akan jadi terlihat seperti gulungan nasi karena warna rice paper yang transparan. Sedangkan isi dari makanan ini dapat dikreasikan sesuka hati seperti potongan sayur serta daging-dagingan atau ikan. 

5. Rice paper telur dadar    

5 Kudapan Super Yummy dengan Rice Paper, Gak Hanya Spring Rollilustrasi rice paper telur dadar (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Hidangan berikutnya yang juga dapat dinikmati dengan rice paper adalah telur dadar. Keberadaan rice paper ini akan menambah tekstur dari makanan sehingga terdapat sensasi renyah yang berbeda.

Proses pembuatannya pun cukup sederhana. Tinggal siapkan wajan anti lengket kemudian letakkan rice paper di atasnya. Siapkan telur dan kocok memakai potongan daun bawang, kemudian masak bersama hingga matang dengan baik.

Pengolahan rice paper menjadi aneka santapan unik layak untuk dicoba, apalagi kebanyakan masakan yang disajikan tergolong praktis dan cepat saat diolah. Yuk, cicipi!

Baca Juga: Resep Es Cendol dari Rice Paper yang Kenyal dan Menyegarkan

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya