Comscore Tracker

5 Olahan Kue Ceri Populer di Indonesia yang Sulit Tergantikan

Ada kue bolu sampai kukis nikmat yang siap memanjakan lidah

Ceri adalah buah berwarna kemerahan yang punya perpaduan rasa menarik. Terdapat sensasi manis dan masam, sehingga membuat makanan apa pun yang dicampur bersamanya kian terasa lebih segar.

Makanan dengan kombinasi ceri pun dapat diwujudkan dalam bentuk kue. Bahkan ada lima macam kudapan populer di Indonesia yang menggunakan bahan tersebut sebagai sentuhan akhir yang bikin sajian terasa legit. Apa saja?

1. Kue black forest 

5 Olahan Kue Ceri Populer di Indonesia yang Sulit Tergantikanilustrasi kue black forest (pixabay.com/Manfred Richter)

Black forest adalah kue cokelat yang sangat legendaris di Indonesia. Makanan ini hampir selalu menjadi pilihan untuk dijadikan kue ulang tahun atau memeriahkan acara pernikahan. Selain itu, perpaduan kudapan ini semakin unik karena ceri menjadi ciri paling khas.

Kue ini biasanya terdiri dari beberapa tingkat dengan setiap lapisan akan disisipi menggunakan selai ceri. Maka dari itu, perpaduan rasa dari kue tersebut akan semakin unik. Terlebih karena akan ada ceri utuh yang digunakan sebagai sentuhan akhir dalam makanan.

2. Pie buah ceri 

5 Olahan Kue Ceri Populer di Indonesia yang Sulit Tergantikanilustrasi pie buah ceri (pixabay.com/Francis CLARIA)

Pai buah belakangan sedang menjadi salah satu ide berjualan yang populer di Indonesia. Berbeda dengan pai umum, sajian ini lebih sering dimasak dengan bentuk mini sekali gigit, disertai potongan buah yang beragam supaya lebih solid.

Pembuatan pai mini sendiri didukung dengan penggunaan tepung terigu, margarin, gula halus, sampai telur. Kemudian panggang selama beberapa saat. Isi kulit memakai vla kuning telur, dan sisipkan macam-macam buah, termasuk ceri di dalamnya.

Baca Juga: Resep Membuat Kue Semprit untuk Hampers atau Sajian Perayaan Natal

3. Bolu ceri kurma 

5 Olahan Kue Ceri Populer di Indonesia yang Sulit Tergantikanilustrasi bolu ceri kurma (pixabay.com/pixel1)

Bolu ceri kurma ini menjadi salah satu kudapan yang juga dikenal dengan sebutan fruit cake. Berbeda dengan makanan sebelumnya, jenis ceri yang digunakan dalam sajian ini merupakan tipikal manisan berwarna hijau dan kemerahan.

Isian kue pun bakal dilengkapi menggunakan potongan kurma biar tambah legit. Tinggal masukkan ke dalam adonan tepung, lalu panggang selama beberapa saat. Nah, tanpa penggunaan frosting cream pun kue sudah dapat dinikmati, lho.

4. Kue semprit ceri 

5 Olahan Kue Ceri Populer di Indonesia yang Sulit Tergantikanilustrasi kue semprit ceri (pixabay.com/Donramón43)

Semprit merupakan kue kering populer di Tanah Air yang terbuat dari adonan tepung terigu dan maizena. Ciri khas dari kudapan ini adalah bentuk kue yang disulap menjadi serupa mawar dan ada bahan yang disisipkan pada tengah makanan.

Kali ini, semprit pun perlu dilengkapi memakai margarin atau mentega, susu bubuk, gula bubuk, sampai penggunaan telur utuh. Kemudian beri potongan ceri di bagian tengah kudapan biar terasa semakin mirip dengan bunga.

5. Kukis kelapa ceri

5 Olahan Kue Ceri Populer di Indonesia yang Sulit Tergantikanilustrasi kukis kelapa ceri (pixabay.com/Michelle Raponi)

Masih dari kelompok kue kering, kali ini kudapan yang nggak kalah enak dan mesti dijadikan referensi masakan adalah kukis kelapa. Penggunaan parutan kelapa kering dalam adonan, bakal sukses bikin kudapan terasa berbeda dengan yang lain.

Tidak cuma itu, bahan yang juga digunakan dalam proses pembuatan kukis ini adalah tepung terigu, bubuk pengembang, susu bubuk, telur, mentega, sampai gula pasir. Kemudian jangan lupa gunakan buah ceri untuk mempercantik olahan.

Macam-macam kue ceri di atas menjadi pilihan santapan populer di Indonesia yang hampir nggak bisa digantikan. Gimana, sudah menemukan kue apa yang hendak kamu cicipi dalam waktu dekat?

Baca Juga: Resep Membuat Kue Bolu Meses yang Lembut dan Mengembang Sempurna

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya