Comscore Tracker

5 Lauk Makan Serba Goreng dengan Bumbu Terasi, Maknyus!

Yuk, bikin untuk teman nasi putih di rumah

Terasi menjadi salah satu bumbu ikonik yang mampu menyumbang rasa gurih sekaligus aroma khas terhadap olahan. Biasanya, bahan ini akan ditemukan sebagai pelengkap untuk membuat sambal.

Akan tetapi, terasi bisa disulap menjadi bumbu penyedap yang pas untuk aneka lauk makan. Buat kamu yang tertarik menambahkan terasi ke dalam sajian-sajian lezat di rumah, jangan lupa untuk menyimak lima referensi berikut ini.

1. Udang goreng terasi 

5 Lauk Makan Serba Goreng dengan Bumbu Terasi, Maknyus!ilustrasi udang goreng terasi (pexels.com/Quang Nguyen Vinh)

Hidangan pertama yang bisa diolah menggunakan bumbu dari terasi adalah udang. Seafood yang satu ini punya rasa manis dan bisa diolah menjadi aneka macam hidangan sedap dan juga cocok ditemani bareng nasi hangat.

Kali ini terasi akan dijadikan salah satu bumbu marinasi yang dicampur bersama bubuk cabai dan minyak. Setelah beberapa saat, udang bisa langsung digulingkan ke dalam adonan tepung dan digoreng sampai hidangan tersebut matang dengan baik.

2. Ayam goreng terasi 

5 Lauk Makan Serba Goreng dengan Bumbu Terasi, Maknyus!ilustrasi ayam goreng terasi (pexels.com/Harry Dona)

Lauk makan sedap selanjutnya yang juga tidak kalah populer yakni ayam goreng. Makanan tersebut terasa semakin sedap begitu dicampur dengan terasi. Hidangan ini cocok sekali disajikan sebagai alternatif teman bekal ataupun lauk makan malam.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk memarinasi ayam adalah terasi, bawang merah, bawang putih, cabai, aneka macam kecap, dan bumbu perasa. Diamkan daging semalaman kemudian goreng sampai kecoklatan dan bagian luarnya menjadi garing.

Baca Juga: 5 Masakan yang Kian Lezat dengan Tambahan Terasi, Tak ada Lawan! 

3. Jengkol goreng terasi 

5 Lauk Makan Serba Goreng dengan Bumbu Terasi, Maknyus!ilustrasi jengkol goreng terasi (unsplash.com/Anisa Wulan Asri)

Jengkol sudah menjadi salah satu lauk makan yang dekat dengan masyarakat Indonesia. Meskipun memiliki bau yang agak tajam, tetapi hidangan ini bisa disulap sebagai lauk makan yang begitu sedap, terutama jika dilengkapi dengan bumbu melimpah.

Pertama-tama, kamu bisa menghaluskan bumbu dari bawang-bawangan, cabai, kemiri, jahe, dan lain sebagainya. Kemudian, tumis selama beberapa saat, masukkan bumbu perasa, terasi, dan jengkol. Aduk sampai seluruh adonan tersebut matang dengan baik.

4. Gurame goreng terasi 

5 Lauk Makan Serba Goreng dengan Bumbu Terasi, Maknyus!ilustrasi gurame goreng terasi (unsplash.com/Arturo Alvarez)

Gurame menjadi salah satu ikan yang sangat laris manis di dalam kategori makanan laut. Hidangan ini punya daging yang begitu lembut dan manis, sehingga cocok sekali untuk disantap bareng sambal dan juga nasi hangat.

Mengolah gurame tidak memerlukan cara yang rumit, sebab makanan ini bisa digoreng agar menghasilkan bagian luar yang crispy. Namun demikian, bumbu marinasinya pun harus tepat agar rasanya jadi semakin sedap, salah satunya bisa dilakukan seperti dengan menghadirkan terasi di dalamnya.

5. Ati ampela goreng terasi     

5 Lauk Makan Serba Goreng dengan Bumbu Terasi, Maknyus!ilustrasi ati ampela goreng terasi (unsplash.com/Parmanand Jagnandan)

Bagian jeroan dari daging ayam seperti ati ampela memang paling pas ketika dimasak dengan proses penggorengan. Ini akan membuat bahan-bahan tersebut jadi terasa lebih nikmat serta ada sensasi garing di bagian luarnya.

karena komponen tersebut adalah jeroan, ada baiknya marinasi dengan dedaunan aromatik dan rempah yang melimpah, agar amisnya hilang. Di sini kamu bisa menggunakan campuran dari bawang, terasi, kemiri, jahe, dan lain-lain untuk direbus bersama sebelum ditiriskan dan digoreng.

Terasi menjadi salah satu bahan yang patut dihadirkan di dapur rumah kalian. Itu karena kegunaan terasi sangat banyak ragamnya dan mampu membuat hidangan jadi terasa semakin sedap, termasuk jika dijadikan bumbu perasa untuk lima lauk makan di atas.

Baca Juga: 6 Tips Memilih Terasi yang Berkualitas, Bikin Masakanmu Makin Sedap

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya