Comscore Tracker

5 Macam Kreasi Kue Daun Suji dengan Tampilan Cantik dan Rasa Lezat

Mana nih kira-kira kudapan nikmat favoritmu?

Pada dunia kuliner, penggunaan pewarna alami pada aneka hidangan merupakan suatu hal yang lumrah. Beberapa datang dari tanaman dan rempah-rempah. Salah satunya adalah penggunaan daun suji untuk membuat sajian jadi lebih hijau.

Sekilas, bentuk dari daun suji sendiri agak mirip dengan pandan. Hanya saja tanaman ini menghasilkan hijau yang lebih gelap daripada rekanannya. Penasaran olahan apa saja yang bisa dimaksimalkan menggunakan tanaman ini?

Simak kreasi kue dengan bahan daun suji berikut ini yuk!

1. Pai susu daun suji 

5 Macam Kreasi Kue Daun Suji dengan Tampilan Cantik dan Rasa Lezatilustrasi pai susu daun suji (pixabay.com/coryr930)

Camilan ringan yang satu ini sudah hampir familiar di dalam tradisi kuliner masyarakat Indonesia. Makanan dibentuk menggunakan kulit pai, lalu akan diisi memakai krim lembut yang biasanya dibikin dari perpaduan kuning telur dan susu.

Kali ini pai susu bakal bertransformasi menjadi lebih memanjakan. Bukan saja karena warna isian yang berubah menjadi hijau, namun adanya penambahan daun suji mampu membuat rasa dari pai susu ini selain sedap, juga harum.

2. Puding lumut daun suji 

5 Macam Kreasi Kue Daun Suji dengan Tampilan Cantik dan Rasa Lezatilustrasi puding lumut daun suji (pixabay.com/Dito91)

Puding lumut adalah salah satu varian makanan yang cantik. Ada semburat mirip lumut di dalam olahan yang menjadi daya tarik khusus pada hidangan tersebut.

Biasanya untuk bisa membuat makanan ini kamu memerlukan daun pandan. Tetapi biar aromanya tetap wangi dan warnanya pun semakin pekat alami, kamu bisa menggabungkan penggunaan pandan serta daun suji di dalam olahan.

Bahan lainnya yang harus disiapkan terdiri dari agar-agar bubuk, santan, dan gula pasir.

Baca Juga: Resep Klepon Ketan dan Cara Membuatnya yang Kenyal Serta Empuk

3. Dadar gulung daun suji 

5 Macam Kreasi Kue Daun Suji dengan Tampilan Cantik dan Rasa Lezatilustrasi dadar gulung daun suji (Yummy/Atik Haryono)

Dadar gulung adalah makanan khas yang punya perpaduan rasa menarik. Kulitnya sangat lembut dan isiannya dibuat lebih manis. Umumnya, dadar gulung lebih sering dikombinasikan bareng unti, yakni olahan parutan kelapa dan gula merah yang sedap.

Pada kreasi dadar gulung kali ini, bagian kulit seringkali diberi warna hijau biar tambah menarik. Alih-alih menggunakan pewarna sintetis atau pandan, kamu bisa menghaluskan daun suji bersama air untuk dicampurkan ke dalam adonan tepung terigu dan telur.

4. Cendol daun suji 

5 Macam Kreasi Kue Daun Suji dengan Tampilan Cantik dan Rasa Lezatilustrasi cendol daun suji (pixabay.com/Jason Goh)

Cendol merupakan salah satu hidangan legendaris yang dibuat menggunakan tepung beras sehingga teksturnya jadi lebih kenyal dan lembut. Makanan ini sering dipakai untuk melengkapi minuman kaya isi, seperti es cendol.

Walaupun agak sulit ditemukan, kamu bisa membuat cendol sendiri di rumah dengan bantuan daun suji, lho. Bahan utama yang harus disiapkan adalah tepung beras, tepung sagu, gula pasir sebagai pemanis, dan berikan sejumput garam.

5. Kue klepon daun suji

5 Macam Kreasi Kue Daun Suji dengan Tampilan Cantik dan Rasa Lezatilustrasi klepon daun suji (pexels.com/Meggy Kadam Aryanto)

Gak kalah populer di Indonesia, klepon menjadi salah satu sajian yang juga dapat dikolaborasikan bareng daun suji. Seperti diketahui, klepon acapkali tampil warna-warni dan salah satu yang paling terkenal adalah klepon hijau.

Klepon hijau dibentuk dari ketan dan tepung beras, kemudian bisa diberi warna dengan air daun suji. Isiannya akan dilengkapi menggunakan gula merah biar semakin manis. Terakhir, tinggal tambahkan kelapa parut untuk mempercantik sajian.

Daun suji menjadi salah satu tanaman yang bermanfaat di dalam dunia masak-memasak. Terutama fungsinya dalam memberi warna hijau yang cantik pada aneka olahan.

Gimana, apakah kamu tertarik menggunakan daun ini?

Baca Juga: 5 Kreasi Makanan Serba Pandan Kelapa yang Bikin Terpukau

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya