Comscore Tracker

5 Macam Roti tanpa Ragi yang Populer, Ada dari Irlandia

Roti ini punya beragam bentuk yang unik!

Membuat roti hampir selalu melibatkan ragi. Namun tahu gak sih bahwa ternyata ada makanan serupa yang tidak memerlukan bahan pengembang tersebut supaya bisa menghasilkan tekstur yang nikmat. Bahkan setiap negara memiliki macam-macam roti tanpa ragi yang sukses menjadi olahan favorit.

Buat kamu yang tidak bisa menikmati roti mengandung ragi atau ingin mencoba hidangan berbeda, maka pilihan roti berikut ini dapat menjadi inspirasi. Selain bentuknya yang unik, rasanya pun sangat beragam sehingga dapat disesuaikan dengan kesukaan kamu. Intip yuk roti apa saja yang diolah tanpa ragi!

1. Cornbread

5 Macam Roti tanpa Ragi yang Populer, Ada dari Irlandiailustrasi cornbread (unsplash.com/Jose luis)

Cornbread adalah makanan yang diduga berasal dari penduduk asli Amerika berupa hidangan berbentuk mirip kue yang dicetak dalam wajan. Biasanya makanan ini akan disajikan bersama macam-macam krim untuk menambah rasa nikmat antara sensasi gurih, asam, dan aroma yang memikat.

Proses pembuatan cornbread memerlukan bahan baku seperti cornmeal dan adonan tepung yang terdiri dari telur, buttermilk, mentega, dan ditambahi menggunakan baking powder serta soda kue supaya teksturnya jadi lebih empuk. Proses pemasakannya pun dilakukan dengan singkat hingga matang kecokelatan. Praktis, kan?

2. Parata

5 Macam Roti tanpa Ragi yang Populer, Ada dari Irlandiailustrasi paratha (pixabay.com/Abdullah Shakoor)

Di wilayah Asia Selatan khususnya India, roti pipih menjadi makanan sehari-hari yang bisa kamu temui dengan berbagai macam bentuk dan bahan pembuatan. Salah satunya terkenal dengan nama parata. Roti ini dapat dinikmati dengan atau tanpa isian, serta mudah dijumpai di berbagai wilayah negara tersebut.

Parata adalah roti pipi yang dibuat menggunakan bahan-bahan sederhana. Terdapat penambahan lemak yang berasal dari minyak untuk membuat sajian ini memiliki tekstur yang lebih flaky. Selain itu ada penggunaan tepung, air hangat, minyak samin, dan garam untuk memaksimalkan rasa dari hidangan yang dibuat menggunakan tandoori tersebut.

Baca Juga: Resep Sourdough Starter buat Pemula, Bikin Roti Makin Berkualitas

3. Roti canai

5 Macam Roti tanpa Ragi yang Populer, Ada dari Irlandiailustrasi roti canai (pexels.com/Rachel Claire)

Roti canai merupakan hasil adaptasi yang berasal dari parata. Biasanya roti ini lebih sering ditemui di Malaysia, Singapura, dan beberapa negara tetangga lainnya. Karena hasil adaptasi dari India, maka tidak heran kalau bahan-bahan yang digunakan pun hampir mirip.

Walau begitu, roti canai saat ini sering sekali diinovasikan dengan aneka bahan tambahan untuk menghasilkan sensasi lebih nikmat. Umumnya kamu bisa menemukan tambahan seperti kental manis, minyak samin, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa menikmati roti canai ini dengan atau tanpa cocolan. Namun makanan akan semakin nikmat ketika disantap bersama kari.

4. Irish soda bread

5 Macam Roti tanpa Ragi yang Populer, Ada dari Irlandiailustrasi irish soda bread (pixabay.com/taraghb)

Irish soda bread adalah pilihan roti yang bisa dibuat tanpa menggunakan ragi. Bentuknya cenderung mirip dengan sourdough, hanya saja permukaan roti cenderung lebih kecokelatan. Biasanya makanan ini dinikmati bersama macam-macam toping, baik itu manis atau asin sebagai pendamping sarapan ataupun hidangan pembuka.

Faktor yang membuat Irish soda bread terasa spesial adalah bahan-bahan yang digunakan. Selain mempersiapkan tepung terigu, biasanya ada buttermilk, mentega, telur, gula, dan garam, serta pengembangnya berasal dari soda kue. Selain itu, roti ini juga akan dilengkapi memakai buah kering untuk menghasilkan tekstur dan kombinasi rasa yang lebih kaya.

5. Tortilla

5 Macam Roti tanpa Ragi yang Populer, Ada dari Irlandiailustrasi tortila (pixabay.com/Martin Diaz)

Tortilla adalah salah satu makanan yang sangat populer di berbagai belahan dunia, namun sajian ini diketahui berasal dari Meksiko. Biasanya tortilla diisi menggunakan macam-macam komponen bercita rasa asin dan dinikmati bersama saus khusus yang membuatnya jadi terasa istimewa.

Kulit tortilla sendiri bisa dibuat dengan berbagai bahan baku, ada versi tepung terigu namun banyak juga yang membuatnya memakai tepung jagung. Biasanya hanya diperlukan air, garam, dan minyak untuk membuat adonan tortila lebih sempurna. Setelah itu adonan tinggal dimasak dan roti pun siap untuk dinikmati.

Proses pembuatan roti tanpa menggunakan ragi ternyata sangat populer di berbagai negara. Kamu bisa mengolah salah satu atau kelima hidangan di atas untuk dijadikan sajian favorit baru di rumah. Yuk coba bikin!

Baca Juga: 5 Tipe Roti Populer untuk Membuat Burger, Ada Favoritmu?

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya