Comscore Tracker

5 Makanan Berkuah dengan Bumbu Asam Jawa yang Nyegerin Banget

Cocok buat teman makan nasi putih sehari-hari, nih

Asam jawa merupakan salah satu bagian dari rempah-rempah penting yang membuat makanan jadi lebih segar. Keberadaan bahan ini menjadi suatu keharusan apabila kamu hendak memasak beberapa makanan khas Indonesia.

Bahkan, penggunaan asam jawa jadi semakin populer untuk memaksimalkan hidangan serba kuah. Yuk, cari tahu lima santapan serba asam jawa yang bisa bikin lauk makan bertambah fresh ini.

1. Sayur asem jawa 

5 Makanan Berkuah dengan Bumbu Asam Jawa yang Nyegerin Bangetilustrasi sayur asem jawa (Yummy/Wennita Utami)

Bicara soal asam jawa, makanan berkuah pertama yang nggak bisa dijauhkan dari rempah-rempah unik ini bukan lain adalah sayur asem. Teman nasi populer ini diisi menggunakan berbagai macam sayur pilihan dan kacang-kacangan.

Bahan-bahan yang dipakai sebagai perasa untuk makanan ini tidak cuma terdiri dari bawang-bawangan, cabai, lengkuas, hingga daun salam, tapi diperlukan juga penggunaan asam jawa untuk membuat labu siam, kacang panjang, sampai jagung semakin lezat.

2. Asem-asem daging sapi 

5 Makanan Berkuah dengan Bumbu Asam Jawa yang Nyegerin Bangetilustrasi asem-asem daging sapi (pixabay.com/DH LEE)

Olahan asem-asem daging sapi menjadi makanan berkuah kedua yang sukses bikin nasi putih jadi gampang habis. Kenikmatan daging dengan kuah segar berhasil membuat seisi rumah meningkatkan nafsu makan, deh.

Perpaduan air asam jawa, belimbing wuluh, tomat, lengkuas, jahe, bawang-bawangan, hingga cabai bikin masakan semakin lezat. Sedangkan isian bisa dikombinasikan atas daging sapi, wortel, sampai buncis supaya semakin beragam.

Baca Juga: 9 Fakta Sup Kacang Merah, Sup Paling Sehat di Tiongkok

3. Sup ceker asam jawa 

5 Makanan Berkuah dengan Bumbu Asam Jawa yang Nyegerin Bangetilustrasi sup ceker (instagram.com/dianayupuspitasari)

Bikin sup ceker dengan kuah segar rupanya bisa membuat lauk makan ini jadi cepat ludes. Walaupun bahan utama yang digunakan datang dari komponen ekonomis, tapi masakan ini nggak kalah lezat dari asem-asem daging sapi.

Bumbu yang dipakai hampir mirip dengan olahan sebelumnya. Ada cabai, bawang-bawangan, lengkuas, jahe, dan diperlukan juga asam jawa. Tinggal masak bersama ceker dan air, maka hidangan pun siap dinikmati selagi hangat.

4. Sup ikan asam pedas 

5 Makanan Berkuah dengan Bumbu Asam Jawa yang Nyegerin Bangetilustrasi sup ikan asam pedas (pixabay.com/Igor Lukin)

Metode memasak ikan gak melulu cuma mengandalkan penggorengan atau proses pembakaran saja, lho. Lebih lanjut, bahan ini pun bisa disajikan secara maksimal dengan cara dibikin menjadi sup pedas dan menyegarkan.

Tentunya rasa itu diperoleh dari gabungan rempah-rempah yang digunakan. Keberadaan asam jawa, belimbing wuluh, cabai rawit, jahe, hingga tomat sukses bikin ikan apa pun jadi semakin mantap untuk dimasak menjadi sup pilihan.

5. Tahu kecap asam jawa

5 Makanan Berkuah dengan Bumbu Asam Jawa yang Nyegerin Bangetilustrasi tahu kecap asam jawa (pixabay.com/jyleen21)

Tahu kecap juga merupakan makanan Indonesia yang gak kalah praktis untuk dimasak sebagai lauk makan andalan. Hidangan ini bisa dijadikan olahan berkuah yang tidak cuma manis, melainkan terdapat sensasi segar karena penggunaan asam jawa.

Bahan lain yang digunakan dalam mendulang masakan bukan lain adalah bawang putih, bawang merah, cabai rawit, kecap manis, kaldu, dan bumbu perasa. Gunakan tahu putih sebagai bintang utama dalam proses pembuatan masakan ini, ya.

Bumbu asam jawa benar-benar bikin lidah jadi semakin dimanjakan oleh masakan yang ada. Terlebih, aneka olahan tersebut pun dibikin dari masakan ala masyarakat Indonesia yang selalu hadir dalam menu makan sehari-hari.

Baca Juga: Resep Asam Padeh Ikan Tongkol ala RM. Minang, Mari Coba Bikin! 

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya