Comscore Tracker

5 Makanan Penutup dengan Gooseberry, Sensasi Rasanya Unik!

Buah ini punya rasa menarik untuk dicicipi, lho

Gooseberry adalah buah berbentuk bulat yang memiliki sensasi rasa masam dan sentuhan getir ketika disantap. Negara-negara di Eropa dan Asia Tenggara menjadi sebagian kecil dari rute pertumbuhan dari tanaman ini.

Nah, gooseberry sendiri bisa diolah menjadi aneka makanan menarik, mulai dari pencuci mulut bertekstur lembut atau renyah. Simak yuk lima hidangan yang direkomendasikan berikut ini!

1. Gooseberry tartlets

5 Makanan Penutup dengan Gooseberry, Sensasi Rasanya Unik!ilustrasi gooseberry tartlets (pixabay.com/VIVIANE MONCONDUIT)

Olahan gooseberry berikut ini bisa ditemukan dalam makanan populer kecintaan para sweet tooth yaitu tart. Perpaduan buah tersebut akan terasa seimbang akibat diolah dengan bermacam-macam isian menarik.

Bahan yang perlu dipersiapkan untuk membuat filling tersebut adalah gula, gooseberry, dan air yang dimasak bersamaan. Kemudian tambahkan crumble atau ekstra krim untuk membuat sajian semakin ramai.

2. Gooseberry focaccia

5 Makanan Penutup dengan Gooseberry, Sensasi Rasanya Unik!ilustrasi gooseberry focaccia (pixabay.com/bananalongboards)

Focaccia merupakan salah satu pilihan roti pipih favorit yang memiliki tekstur lebih padat. Biasanya, makanan ini dibentuk tidak beraturan atau ada pula yang membuatnya jadi lebar membentuk persegi panjang.

Salah satu proses pembuatan focaccia yang menarik adalah dengan menghadirkan isian utuh sebagai penambah rasa dan tekstur. Di sini, gunakan tepung, ragi, minyak zaitun, garam, gooseberry, dan keju sebagai perpaduan bahan bakunya.

Baca Juga: Resep Berry Tart, Menu Kue Manis Berbahan Buah Segar!

3. Gooseberry yogurt cake

5 Makanan Penutup dengan Gooseberry, Sensasi Rasanya Unik!ilustrasi gooseberry yogurt cake (pixabay.com/yuri hwang)

Gooseberry mampu menyumbangkan rasa dan tekstur yang enak terhadap kue yogurt.

Bahkan proses pembuatan makanan ini pun tidak memerlukan bahan-bahan yang rumit untuk diolah. Cukup siapkan tepung, margarin, mentega, telur, yogurt, dan gula, sebagai dasar kue. Lalu gunakan perpaduan antara gooseberry dan sirup emas demi menghasilkan topping manis yang menggugah selera.

4. Gooseberry crumble cake

5 Makanan Penutup dengan Gooseberry, Sensasi Rasanya Unik!ilustrasi gooseberry crumble cake (pixabay.com/Dorothy Loges)

Bagi kamu yang senang menikmati olahan kue crumble dengan tekstur yang lembut dan renyah, maka gooseberry bisa menjadi salah satu alternatif untuk dibuat sebagai penambah rasa. 

Sebelumnya, buat isian lebih dulu memakai gooseberry, telur, keju, gula, kacang-kacangan, dan tepung maizena. Lalu olah crumble dari tepung, almon, gula, serta sejumput garam untuk menciptakan sajian yang seimbang.

5. Gooseberry salad

5 Makanan Penutup dengan Gooseberry, Sensasi Rasanya Unik!ilustrasi gooseberry salad (pixabay.com/eloneo)

Untuk kalian yang tertarik untuk mencicipi hidangan segar dan praktis sebagai menu sarapan, gooseberry pun rupanya bisa lho dijadikan perpaduan isian dari salad yang nikmat dan menggugah selera.

Selain buah tersebut, kamu pun bisa menyiapkan bahan-bahan lain mulai dari buah tin, selada, mentimun, hingga irisan bawang bombai. Sempurnakan memakai dressing air lemon dan makanan siap dikonsumsi.

Pengolahan gooseberry menjadi aneka santapan sedap bisa dijadikan alternatif bagi kamu yang memiliki stok buah tersebut. Gimana, setelah melihat aneka makanan di atas, kira-kira mana yang paling menarik perhatianmu?

Baca Juga: Tidak Hanya Apfelstrudel, Ini 5 Dessert Terkenal dari Austria

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya