Comscore Tracker

5 Masakan Korea Selatan Berbahan Daging Iga yang Bikin Ngiler

Ada sup bening terkenal yang menggiurkan lho!

Iga menjadi salah satu bagian favorit dalam daging sapi yang umum diolah menjadi aneka masakan lezat, baik itu dengan cara dipanggang, dibakar, sampai dijadikan sup. Salah satu negara yang juga memiliki olahan iga yang tidak dapat dilewatkan adalah Korea Selatan.

Di Negeri Ginseng tersebut olahan iga biasanya disebut dengan galbi. Untuk memperkaya referensi masakan, berikut ini terdapat lima kreasi olahan dari iga asal Korea Selatan yang dapat dijadikan inspirasi dalam mengolah daging tersebut dengan cara berbeda. Simak yuk!

1. Galbi-jjim

5 Masakan Korea Selatan Berbahan Daging Iga yang Bikin Ngilerilustrasi galbi jjim (unsplash.com/yvonne lee harijanto)

Galbi-jjim adalah hidangan berbahan baku iga yang menjadi favorit di Korea Selatan. Teknik pemasakan makanan ini diproses dengan cara diolah dalam sedikit air, di mana cairan tersebut dapat dicampur dari soy sauce, madu, mirin, hingga minyak wijen.

Sementara itu iga yang digunakan pada olahan galbijjim merupakan jenis iga pendek disertai tambahan aneka sayur seperti wortel, lobak, dan sayuran lain yang bisa kamu temukan di rumah.

2. Galbitang

5 Masakan Korea Selatan Berbahan Daging Iga yang Bikin Ngilerilustrasi galbitang (asianinspirations.com.au/Chef Heather Jeong)

Galbitang menjadi pilihan tepat dalam masakan Negeri Ginseng bila ingin menikmati sup bening dengan rasa gurih dan segar yang menyertai. Sup ini memiliki bahan dasar kuah yang dihasilkan dari rebusan iga sapi.

Sedangkan untuk isian sendiri, selain iga, kamu juga dibebaskan untuk berkreasi dengan menambahkan beberapa komponen seperti daikon atau lobak, bawang bombai, dan mi bila ingin sup lebih ramai. 

Baca Juga: 5 Menu Lezat Berbahan Iga Sapi, Lembutnya Bikin Ngiler!

3. Galbi gui

5 Masakan Korea Selatan Berbahan Daging Iga yang Bikin Ngilerilustrasi galbi gui (unsplash.com/Sean Stone)

Bila kamu ingin menikmati daging iga yang tidak memiliki kuah sebagai salah satu proses dalam memasaknya, maka galbi gui bisa menjadi alternatif yang tepat, terutama bagi kamu pencinta makanan serba dibakar.

Bumbu marinasi dalam olahan ini tidak jauh-jauh dari penggunaan minyak wijen, bawang putih, bawang bombai, garam dan lada, serta gula untuk memberikan sensasi nikmat terhadap bakaran.

4. Galbi kimchi jjim

5 Masakan Korea Selatan Berbahan Daging Iga yang Bikin Ngilerilustrasi galbi kimchi jjim (youtube.com/Landon’s Table 랜든의식탁)

Berbeda dari galbi jjim sebelumnya, olahan iga pendek kali ini dimasak tidak cuma dalam bahan-bahan yang terdiri dari soy sauce saja melainkan terdapat penggunaan kimchi pada hidangan sehingga kuah yang dihasilkan pada galbi kimchi jjim menjadi jauh lebih merah dan segar saat disantap.

5. Tteokgalbi

5 Masakan Korea Selatan Berbahan Daging Iga yang Bikin Ngilerilustrasi tteokgalbi (unsplash.com/Fiona Calisti)

Tteokgalbi merupakan sajian dari daging iga berupa patty yang dimasak bersama aneka bumbu seperti madu, soy sauce, mirin, hingga bawang-bawangan untuk menciptakan rasa yang lebih nikmat terhadap makanan.

Daging iga yang digunakan untuk membuat tteokgalbi umumnya dicincang terlebih dahulu agar mudah saat melalui proses pembentukan seperti patty daging yang biasa kita temui dalam berbagai hidangan.

Itu dia kelima aneka masakan berbahan daging iga sapi asal Korea Selatan yang tidak dapat dilewatkan, terutama bagi kamu pencinta ribs yang gemar berkreasi dengan berbagai macam bumbu dan cara memasak. 

Baca Juga: 5 Resep Makanan Korea Berbahan Mie, Enak Disantap saat WFH

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya