Comscore Tracker

5 Kreasi Menu Sarapan dari Roti dan Udang yang Mengenyangkan

Olahan ini bisa dibuat menjadi salad hingga puding roti

Mengolah roti bisa dikreasikan bersama aneka macam isian pendamping, demi mendulang rasanya agar tambah sedap. Nah, untuk pecinta makanan asin, roti pun bisa dikreasikan bersama seafood populer, udang.

Bentuknya yang menarik dengan perpaduan rasa sedap, membuat olahan-olahan dari dua bahan ini jadi begitu memikat. Makanya kudapan cocok sekali dijadikan menu sarapan atau bekal bepergian. Menu apa saja yang bisa dibuat menggunakan roti dan udang? Berikut lima kreasi yang juga bisa kamu coba di rumah.

1. Roti panggang udang 

5 Kreasi Menu Sarapan dari Roti dan Udang yang Mengenyangkanilustrasi roti panggang udang (pixabay.com/RitaE)

Roti panggang udang menjadi salah satu referensi sajian andalan yang dapat dinikmati dengan praktis. Hidangan ini punya perpaduan rasa gurih dan teksturnya cenderung lumer akibat penggunaan udang sebagai topping sajian.

Cara membuat makanan ini adalah dengan roti ciabatta atau baguette. Olah topping dari udang cincang yang dicampur bersama mentega, bawang putih, mayones, serta bumbu penyedap. Taruh di atas roti dan panggang.

2. Puding roti udang 

5 Kreasi Menu Sarapan dari Roti dan Udang yang Mengenyangkanilustrasi puding roti udang (pixabay.com/Mynor Bejarano)

Siapa bilang kalau puding roti cuma bisa dibuat dengan versi manis? Jika ditelusuri lebih jauh, banyak puding roti versi asin yang cocok dinikmati bersama seafood seperti udang.

Nah, untuk olahan puding roti udang ini, tentu bahan dasar yang dibutuhkan adalah roti tawar. Nantinya, roti tersebut diolah bersama campuran telur, perasa, dan susu. Selanjutnya, masak udang secara terpisah bersama aneka penyedap, lalu campurkan ke dalam adonan puding roti tersebut.

Baca Juga: 9 Tips Memilih dan Memotong Udang, Sudah Tahu Belum? 

3. Menbosha 

5 Kreasi Menu Sarapan dari Roti dan Udang yang Mengenyangkanilustrasi menbosha (pixabay.com/Larry White)

Menbosha merupakan salah satu olahan roti isi udang dari Korea. Hidangan ini adalah inovasi makanan yang menarik. Sebab, roti dibuat segaring mungkin dengan cara digoreng.

Pertama-tama, buat isiannya dari udang yang dicampur bersama putih telur, kaldu bubuk, serta tepung serbaguna. Masukkan isian di antara dua keping roti yang sudah dipotong kecil-kecil, kemudian masak di atas wajan sampai matang.

4. Roti udang alpukat 

5 Kreasi Menu Sarapan dari Roti dan Udang yang Mengenyangkanilustrasi roti udang alpukat (unsplash.com/Loa Kon)

Hidangan yang satu ini cukup simpel tetapi kaya akan protein sehingga cocok sekali untuk dinikmati sebagai menu sarapan. Selain memerlukan roti dan udang, ada juga topping lain yang mengandung lemak baik.

Pengolahan makanan yang satu ini dilakukan dengan memasak udang secara terpisah. Kemudian keruk bagian daging buah alpukat dan oleskan pada permukaan roti, tambahkan aneka macam perasa, lalu susun udang di atasnya.

5. Salad roti udang     

5 Kreasi Menu Sarapan dari Roti dan Udang yang Mengenyangkanilustrasi salad roti udang (pixabay.com/ALFONSO CHARLES)

Kalau untuk olahan roti dan udang yang satu ini terbilang simpel, sehingga cocok untuk kamu yang cuma punya sedikit waktu untuk sarapan. Salad roti udang juga hanya memerlukan roti tawar, udang, serta ragam sayuran untuk menghasilkan santapan yang sedap.

Pertama-tama panggang potongan roti dan campur ke dalam mangkuk yang sudah diberi aneka macam sayuran. Masukkan udang yang sudah dimasak, serta bumbui salad tersebut sesuai selera.

Membuat menu bekal atau sarapan menggunakan campuran antara roti serta udang bisa bikin porsi protein dan karbohidrat kamu terpenuhi. Makanya meski dinikmati sebagai menu sarapan, kelima hidangan di atas juga cukup mengenyangkan.

Baca Juga: Resep Kopyor Roti Tawar yang Manis dan Segar, Pakai Pinggiran Roti

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya