Comscore Tracker

Punya Buah Kesemek? Olah Jadi 5 Hidangan Manis dengan Sensasi Unik Ini

Kesemek cocok dibuat menjadi pudding cake yang manis lho!

Kesemek merupakan salah satu buah yang cukup eksis di Tanah Air. Sekilas buah ini agak mirip dengan jeruk lantaran warna kulitnya yang sama-sama oranye.

Namun, ciri paling mencolok dari buah ini ialah serbuk putih yang tertinggal pada kulit. Bubuk tersebut merupakan hasil dari perendaman buah agar saat dikonsumsi, kesemek tidak meninggalkan rasa yang aneh di mulut.

Meski demikian, daging buah kesemek sendiri tergolong manis dan sangat cocok diolah ke dalam lima ragam hidangan dengan sensasi unik berikut ini.

1. Sorbet

Punya Buah Kesemek? Olah Jadi 5 Hidangan Manis dengan Sensasi Unik Inicreamish.com.au

Salah satu varian makanan dingin ternyata tidak melulu berada dalam kategori es krim atau gelato. Selain kedua kudapan manis tersebut, rupanya ada pula hidangan dingin bernama sorbet yang cocok dinikmati terutama dalam cuaca panas.

Sorbet sendiri adalah sajian yang terdiri dari buah-buahan, gula, sirup, dan es untuk dikemudian dicampurkan menjadi olahan yang segar dan manis. Dibandingkan dua saudaranya, sorbet memiliki tekstur agak lebih kasar dengan rasa buah lebih tajam.

Hampir semua jenis buah dapat diolah menjadi sorbet, terutama yang sudah kelewat matang. Salah satunya ialah kesemek. Dengan memakai kesemek, hasil warna sorbet akan cenderung menjadi oranye, namun rasanya tidak kalah sedap dibanding sorbet dari buah lain.

2. Persimmon butter

Punya Buah Kesemek? Olah Jadi 5 Hidangan Manis dengan Sensasi Unik Inilickmyspoon.com

Olahan lain yang tidak kalah sedap dan populer di kalangan pencinta masak-memasak adalah persimmon butter. Biasanya olahan ini lebih banyak memakai buah apel matang sebagai bahan baku utamanya. Namun siapa sangka, ternyata kesemek pun tidak kalah enak diolah menjadi kudapan serupa.

Persimmon butter ini umumnya merupakan saus manis yang diolah melalui proses pemasakan buah menggunakan aneka rempah dan butter menggunakan alat bernama slow cooker atau rice cooker selama berjam-jam hingga buah hancur.

Hidangan ini dapat digunakan sebagai pengganti selai untuk olesan roti, filling beberapa pastri, atau camilan sederhana. Nah, untuk membuat kesemek menjadi lebih nikmat, maka beberapa rempah biasanya turut dimasak, seperti cengkih dan kayu manis.

Baca Juga: 5 Manfaat Sehat Buah Kesemek yang Jarang Diketahui, Jangan Kaget! 

3. Persimmon bread

Punya Buah Kesemek? Olah Jadi 5 Hidangan Manis dengan Sensasi Unik Inikirbiecravings.com

Roti merupakan salah satu alternatif hidangan praktis yang paling cocok dikonsumsi sebagai menu sarapan atau makan malam.

Belakangan, roti dengan buah menjadi trend tersendiri dan acapkali dipraktekan di rumah untuk memenuhi camilan atau stok makanan keluarga. Bila roti pisang menjadi salah satu kudapan paling sering dibuat, maka kali ini kamu bisa mencoba roti kesemek sebagai olahan baru.

Dalam pengolahan buah kesemek menjadi roti, ada baiknya kamu mengolah kesemek menjadi bubur terlebih dahulu agar lebih mudah bercampur dengan bahan-bahan pembuat roti lainnya.

4. Persimmon open sandwich

Punya Buah Kesemek? Olah Jadi 5 Hidangan Manis dengan Sensasi Unik Iniself.com

Sandwich atau roti lapis beberapa waktu belakangan ini menjadi sebuah pilihan hidangan untuk makan praktis terpopuler, terutama di tengah kesibukan yang membuatmu hanya memiliki sedikit waktu untuk mempersiapkan makanan.

Salah satu varian roti lapis yang tengah menjamur saat ini ialah open sandwich, makanan ini menggunakan roti tawar sebagai dasar sandwich dengan menggunakan aneka topping di bagian atas tanpa menutupnya kembali dengan lembaran roti.

Nah, potongan buah kesemek sangat cocok dipakai untuk dijadikan topping open sandwich, bersanding bersama aneka bahan lain seperti cream cheese atau sayur-mayur jika kamu ingin topping yang lebih komplit.

5. Persimmon pudding cake

Punya Buah Kesemek? Olah Jadi 5 Hidangan Manis dengan Sensasi Unik IniThe New York Times / Karsten Moran

Pudding cake adalah cara seru dalam menikmati olahan puding dengan cara berbeda, sama seperti namanya, olahan ini merupakan perpaduan antara kue dengan bahan baku pembuat puding.

Teksturnya lembut dan sangat manis, terutama apabila pudding cake menggunakan komponen tambahan sebagai bahan bakunya, seperti coklat, vanilla, atau buah-buahan agar menciptakan rasa yang lebih segar.

Salah satu varian pudding cake dari buah yang mesti kamu coba datang dari kesemek. Dengan mencampurkan bubur kesemek ke dalam olahan pudding cake, maka kamu bisa menikmati sensasi buah oranye ini dalam tekstur dan cita rasa yang berbeda.

Itu dia kelima ide olahan manis dan unik dari buah kesemek yang bisa kamu coba di rumah. Kira-kira dari berbagai menu tersebut, mana yang paling menggugah selera menurut kamu?

Baca Juga: 5 Kandungan Unik yang Bisa Ditemui di Buah Kesemek, Pernah Makan?

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

sempat ingin jadi astronaut

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya