Comscore Tracker

5 Olahan Nasi Garam yang Bikin Nostalgia, Kangen Disuapin!

Benar-benar mewarnai waktu makan di masa kecil, deh

Nasi dan garam menjadi dua bahan dasar yang paling sering ada di rumah. Sejak dahulu, istilah makan nasi dan garam selalu jadi andalan untuk menggambarkan suatu keadaan tertentu dan mampu menjadi kenangan masa kecil.

Namun tahukah kamu bahwa ada macam-macam olahan nasi garam yang ternyata betul disukai sejak dahulu? Bahkan lima hidangan tersebut akan membuat kamu berasa nostalgia. Simak aneka sajian itu, yuk!

1. Nasi kepal garam 

5 Olahan Nasi Garam yang Bikin Nostalgia, Kangen Disuapin!ilustrasi nasi kepal garam (pixabay.com/Carick)

Nasi kepal garam menjadi olahan pertama yang bikin nostalgia. Hidangan ini selalu dibuat ibu di rumah untuk membujuk anaknya yang sulit makan. Bentuknya memang mirip-mirip onigiri dari Negeri Sakura, tetapi bahan yang digunakan sangat simpel.

Sesederhana itu, sampai-sampai makanan ini melegenda sekali. Untuk membuatnya, diperlukan nasi hangat dan garam yang diaduk merata, kemudian buat bola-bola kecil.

Setelah itu, makanan pun siap disantap dan seringnya dinikmati tanpa adanya penggunaan lauk tambahan.

2. Nasi goreng jadul 

5 Olahan Nasi Garam yang Bikin Nostalgia, Kangen Disuapin!ilustrasi nasi goreng jadul (pixabay.com/Fides Paraschiv)

Tahu gak sih, sebelum nasi goreng menjadi seramai sekarang dengan berbagai macam isian yang bikin lezat, ternyata terselip satu santapan ekonomis yang saat ini lebih sering disebut sebagai nasi goreng jadul.

Rasanya sangat ringan, namun tetap lezat untuk dinikmati bersama-sama. Terutama karena bahan yang digunakan dalam santapan ini hanya terdiri dari nasi putih, bawang merah, garam, dan minyak. Empat bahan itu sudah bisa membuat nasi menjadi tambah enak.

Baca Juga: Resep Tofu Cabai Garam ala Kafe untuk Camilan Nongkrong Seru di Rumah

3. Nasi liwet 

5 Olahan Nasi Garam yang Bikin Nostalgia, Kangen Disuapin!ilustrasi nasi liwet (pixabay.com/satchuset Raungdessuwon)

Nasi liwet adalah makanan tradisional di Indonesia yang memiliki sensasi rasa gurih, disertai isian melimpah yang membuatnya semakin digemari. Namun begitu, ada pula nasi liwet sederhana yang bikin nostalgia, nih.

Makanan tersebut dibuat dengan perpaduan antara beras, garam, dan bumbu yang terdiri atas bawang merah, bawang putih, cabai rawit, salam serai, serta penyedap.

Meskipun bahan yang digunakan tidak selengkap sekarang, namun rasanya sama-sama juara, lho.

4. Nasi sangrai garam 

5 Olahan Nasi Garam yang Bikin Nostalgia, Kangen Disuapin!ilustrasi nasi sangrai garam (pixabay.com/juemi)

Kalau makanan yang satu ini sering disebut sebagai nasi goreng lebih ekonomis daripada olahan sebelumnya. Itu lantaran bahan-bahan yang digunakan betulan minimalis dan sama sekali tidak menggunakan minyak.

Jadi, alih-alih dimasak dengan cara digoreng, makanan ini justru diproses menggunakan metode sangrai. Pembuatannya pun dilakukan dengan memanaskan wajan, memasukkan nasi, dan biarkan beberapa saat. Setelah itu, baru tambahkan garam ke dalamnya.

5. Nasi kelapa garam

5 Olahan Nasi Garam yang Bikin Nostalgia, Kangen Disuapin!ilustrasi nasi kelapa garam (pixabay.com/Romjan Aly)

Kalau untuk makanan yang satu ini, santapan bakal bertransformasi menjadi semakin sedap lantaran ada penggunaan kelapa. Walau begitu, bagian yang digunakan merupakan kelapa parut supaya bisa menambah rasa dan tekstur pada hidangan.

Uniknya lagi, pembuatan makanan biasanya mengandalkan sisa nasi di panci masak. Kemudian bahan-bahan dicampur bersama garam, lalu kukus beberapa saat biar nasi kelapa garam ini lebih hangat saat dinikmati bersama sambal maupun ikan asin.

Nasi dan garam memang tidak dapat dilepaskan dari memori masa kecil. Terlebih karena makanan tersebut dibuat begitu sederhana, sehingga rasanya benar-benar menggambarkan suasana saat itu. Duh, jadi kangen disuapin, ya.

Baca Juga: 5 Olahan Nasi Khas Malang yang Paling Populer, Rasanya Maknyus!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya