Comscore Tracker

5 Olahan Roti Wijen dari Berbagai Negara untuk Ide Teman Ngopi

Ada roti dengan telur utuh sebagai topping!

Biji wijen merupakan salah satu bahan baku populer yang kerap ditambahkan dalam hidangan untuk menciptakan rasa dan tekstur menarik. Seperti makanan utama bercita rasa asin sampai camilan manis sekalipun.

Salah satu teman wijen yang cukup akrab dalam pengolahannya adalah roti. Berikut ini terdapat lima pilihan roti dari berbagai negara dengan hiasan wijen yang menyertai di atasnya. Apa saja?

1. Sesame seed brioche bun

5 Olahan Roti Wijen dari Berbagai Negara untuk Ide Teman Ngopiilustrasi sesame seed brioche (bonappetit.com/Chelsie Craig - Pearl Jones)

Brioche merupakan sebutan bagi roti cantik dari Prancis yang memiliki warna gelap mengkilau pada bagian luar dengan tesktur lembut. Roti ini mengandung mentega dan telur yang lebih banyak dan beberapa versi kerap menggunakan wijen untuk ditaruh pada bagian atasnya.

2. Choreg

5 Olahan Roti Wijen dari Berbagai Negara untuk Ide Teman Ngopiilustrasi choreg (seriouseats.com/Andrew Janjigian)

Choreg adalah roti khas Armenia yang sering muncul pada saat Hari Paskah atau Natal akan tiba. Makanan ini memiliki ciri khas berupa bentuk serupa roti kepang dan selalu ditaburi menggunakan wijen.

Uniknya, dalam adonan choreg terdapat penambahan rempah-rempah bernama mahlab atau mehlab yang disinyalir memiliki harga tinggi di pasaran lho. Bumbu ini diolah dari tanaman ceri langka serta mampu memberi aroma yang nikmat.

Baca Juga: 5 Kreasi Makanan yang Bisa Diolah dengan Roti Panggang, Makin Variatif

3. Koulouri

5 Olahan Roti Wijen dari Berbagai Negara untuk Ide Teman Ngopiilustrasi koulouri (delicious.com.au/George Calombaris)

Koulouri kerap disebut sebagai roti wijen dari Yunani yang juga memiliki taburan sesame seed di sepanjang permukaan makanan tersebut. Bahan bakunya pun mirip-mirip dengan kue lain, yakni tepung, ragi, gula dan garam, serta minyak zaitun.

Biasanya koulouri dibentuk menyerupai donat dengan lubang di bagian tengah. Hanya saja lingkarannya dibuat lebih tipis dan lebar.

4. Pane di pasqua

5 Olahan Roti Wijen dari Berbagai Negara untuk Ide Teman Ngopiilustrasi pane di pasqua (delish.com/Parker Feierbach)

Pane di pasqua merupakan roti Paskah asal Italia yang memiliki bentuk lebar dan lembut. Di sepanjang roti ini kamu akan menemukan telur rebus beserta cangkang-cangkangnya yang membuat tampilan pane di pasqua makin cantik.

Selain itu, di samping keberadaan telur-telur yang menghiasi makanan tersebut terdapat tambahan sesame seed yang memberikan rasa sekaligus aroma unik pada hidangan menarik ini.

5. Simit

5 Olahan Roti Wijen dari Berbagai Negara untuk Ide Teman Ngopiilustrasi turkish simit (kingarthurbaking.com)

Simit merupakan salah satu olahan roti bagel dari Turki yang menarik untuk dicoba. Di negeri asalnya, simit kerap dijadikan bahan baku untuk sarapan karena sifatnya yang ringan namun mengenyangkan.

Roti ini sendiri memiliki bahan baku yang hampir mirip dengan aneka makanan sejenis seperti tepung, ragi, dan air. Hanya saja setelah dibentuk, adonan perlu dicelupkan ke dalam molase yaitu pemanis serupa gula dan dibaluri menggunakan wijen.

Itu dia kelima olahan roti wijen dari berbagai negara untuk inspirasi olahan menarik yang dapat disontek sebagai makanan enak di rumah. Gimana, tertarik membuat salah satunya?

Baca Juga: 5 Toko Roti Legendaris di Jakarta, Jual Roti Enak yang Bikin Nostalgia

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya