Comscore Tracker

5 Olahan Sedap dari Biji Labu yang Nikmat Dimakan Sebagai Camilan

Pernah coba muffin biji labu?

Labu merupakan salah satu hasil tanaman yang kaya manfaat dan bisa diolah menjadi berbagai makanan enak, baik itu hidangan manis maupun asin. Nah, selain daging buah yang dikenal lembut dan nikmat, ternyata bagian biji dari labu pun bisa diolah lho!

Berikut ini terdapat lima sajian enak berbahan dasar biji labu yang bisa menjadi inspirasi bagi kamu untuk masak di rumah. Apa saja?

1. Roasted pumpkin seed

5 Olahan Sedap dari Biji Labu yang Nikmat Dimakan Sebagai Camilanjessicagavin.com

Hampir serupa dengan biji-bijian dari bunga matahari atau buah nangka yang terkenal karena bisa dimakan dengan cara direbus atau di-roast, biji labu pun cocok diolah dengan cara dipanggang sebagai camilan nikmat dan praktis.

Sampai saat ini ada banyak sekali ragam roasted pumpkin seed yang disajikan dengan rasa berbeda-beda, mulai dari originial sampai yang memuat rasa rempah-rempah atau pedas dan manis.

Bahkan biji labu panggang sudah banyak dijual dalam kemasan yang membuat kita lebih mudah menikmati hidangan unik yang satu ini tanpa harus repot membersihkan biji dari buahnya langsung.

2. Pumpkin seed casserole

5 Olahan Sedap dari Biji Labu yang Nikmat Dimakan Sebagai Camilandownshiftology.com

Casserole adalah olahan yang dimasak dengan cara dipanggang menggunakan loyang atau wadah yang dalam seperti lasagna. Hidangan ini biasanya dimakan sebagai menu utama atau camilan mengenyangkan.

Olahan casserole dapat mengandung rasa manis ataupun asin, tergantung bahan yang digunakan. Salah satunya adalah memakai ubi sebagai salah satu komponen dimasak bersama pumpkin seed alias biji labu.

Dalam mengolah biji labu menjadi casserole, kamu bisa menggunakan pumpkin seed tersebut dalam adonan dan menambahkannya sebagai topping agar teksturnya lebih nikmat dan bervariasi.

Baca Juga: 5 Ragam Olahan Berbahan Biji Gandum, Sumber Karbohidrat Penting!

3. Pumpkin seed muffin

5 Olahan Sedap dari Biji Labu yang Nikmat Dimakan Sebagai Camilanseriouseats.com/Vicky Wasik

Muffin adalah kue beralaskan kertas khusus yang sangat cocok dihidangkan sebagai menu sarapan praktis dan mengenyangkan, atau sebagai camilan dalam menemani waktu minum teh atau kopi.

Sajian muffin sudah tidak terhitung lagi jumlahnya, mulai dari cokelat sampai buah-buahan tersedia di berbagai etalase toko kue. Namun salah satu pilihan yang unik jatuh pada muffin biji labu.

Dalam olahan muffin ini, penggunaan biji labu disematkan untuk topping. Sementara dalam adonan muffin akan ditambahkan pure labu agar rasanya tambah legit.

4. Pumpkin seed scones

5 Olahan Sedap dari Biji Labu yang Nikmat Dimakan Sebagai Camilanspicetrekkers.com

Scones merupakan salah satu bentuk sajian yang hampir mirip dengan biskuit, hanya saja terdapat perbedaan adonan dalam mengolah scones, yang mana dibutuhkan telur sebagai bahan baku utamanya.

Biasanya olahan tersebut dihidangkan dalam bentuk segitiga seperti pizza, selain itu scones hampir memiliki ketebalan berkali-kali lipat dari biskuit yang membuat keduanya menjadi lebih berbeda lagi.

Pumpkin seed scones adalah satu dari sekian banyak varian dari olahan unik yang satu ini. Kue ini memiliki rasa manis dan tekstur unik yang patut kamu coba.

5. Pumpkin seed brittle

5 Olahan Sedap dari Biji Labu yang Nikmat Dimakan Sebagai Camilanthespruceeats.com

Brittle ialah sajian manis yang sebagian besar diolah menggunakan gula dan kacang-kacangan dengan tekstur agak keras, lalu kemudian dibentuk setipis mungkin agar bisa dikonsumsi secara mudah.

Olahan ini bisa sama dengan permen gula tipis yang senantiasa kamu temui di tanah air namun brittle mempunyai bentuk yang lebih tidak beraturan dengan isian yang unik dan beragam.

Selain kacang-kacangan, brittle pun turut bisa diolah memakai biji-bijian yang membuat teksturnya lebih bervariasi, salah satunya ialah memakai biji labu.

Itulah kelima olahan biji labu yang bisa menjadi inspirasi untuk ide camilan hari ini di rumah. Kira-kira kamu tertarik mengolah biji labu ke dalam hidangan yang mana?

Baca Juga: 5 Kreasi Olahan Berbahan Quinoa, Biji-Bijian Sehat dan Kaya Manfaat

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya