Comscore Tracker

5 Makanan yang Paling Pas Dibikin dengan Tepung Maida, Enak Maksimal

Cocok digunakan untuk aneka hidangan asal India, lho!

Tepung menjadi komposisi paling penting dalam aneka masakan. Bahan ini mampu bikin tekstur makanan jadi lebih pas dan bisa matang dengan sempurna. Namun begitu, rupanya di dunia kuliner jumlah tepung ini termasuk yang tidak terbatas, lho.

Salah satunya adalah tepung maida. Komponen ini dibentuk dari ragam jenis gandum dan jadi salah satu bahan penting dalam aneka masakan asal India. Bila penasaran dengan penggunaan tepung tersebut, catat dulu lima kreasi yang bisa dibikin, yuk!

1. Murukku

5 Makanan yang Paling Pas Dibikin dengan Tepung Maida, Enak Maksimalilustrasi murukku (pixabay.com/Mansi Mona)

Makanan pertama yang bisa dibikin menggunakan tepung maida tentu saja adalah sajian asal India. Hidangan tersebut dinamai dengan murukku. Bentuknya cenderung melingkar, dan memiliki ukuran sedang atau kecil yang populer dimasak.

Selain itu, ada pula bahan tambahan yang berasal dari mentega, biji wijen, biji karom, dan cabai bubuk. Biasanya hidangan ini akan dimasak dengan cara digoreng di dalam minyak yang sudah cukup panas, biar matangnya merata.

2. Biscuits

5 Makanan yang Paling Pas Dibikin dengan Tepung Maida, Enak Maksimalilustrasi biscuit (pixabay.com/Ксения)

Sebagai pencinta biskuit, alih-alih memakai tepung terigu, saat ini kamu juga bisa memanfaatkan keberadaan maida untuk menghasilkan camilan yang tidak kalah sedap dan memiliki tekstur renyah saat dimakan.

Sama seperti pengolahan biskuit pada umumnya, jika sudah ada tepung maka tinggal cari bahan tambahan. Mulai dari soda kue, minyak samin, bubuk kapulaga, gula, dan garam. Bentuk biskuit sesuai selera dan masak hingga matang.

Baca Juga: Cooking 101: Apa Perbedaan Tepung Maizena dan Tepung Tapioka?

3. Barfi

5 Makanan yang Paling Pas Dibikin dengan Tepung Maida, Enak Maksimalilustrasi barfi (pixabay.com/yilmazfatih)

Barfi atau burfi adalah salah satu makanan ringan andalan milik India yang mengandung susu. Hidangan ini memiliki cukup banyak inovasi yang bikin kamu tidak gampang bosan untuk mencicipi ragam kreasinya.

Di samping hal tersebut, barfi juga bisa dibikin dengan bantuan tepung maida. Lengkap menggunakan campuran gula, minyak samin, air, perasa, saffron, hingga penggunaan kacang-kacangan yang bikin berwarna.

4. Halwa

5 Makanan yang Paling Pas Dibikin dengan Tepung Maida, Enak Maksimalilustrasi halwa (pexels.com/Saveurs Secretes)

Masih seputar sajian yang populer dari India, tepung maida juga menjadi kombinasi yang serasi bila perlu dicampurkan ke dalam adonan halwa. Salah satu hidangan klasik dengan rasa lezat dan tekstur yang unik.

Pembuatannya bisa ditemani dengan pemakaian tepung semolina, minyak samin, bubuk kapulaga, gula, serta isian dari kacang yang beragam, mulai dari almon, pistachio, hingga adanya penggunaan mete.

5. Paratha

5 Makanan yang Paling Pas Dibikin dengan Tepung Maida, Enak Maksimalilustrasi paratha (pixabay.com/Abdullah Shakoor)

Kemudian ada parataha. Roti tipis yang sering dijadikan makanan pendamping untuk hidangan yang lebih tajam rasa. Pengolahannya pun sederhana, dan tidak memerlukan ragi seperti kebanyakan roti.

Sebenarnya resep dalam pembuatan paratha ini cukup banyak. Namun bila ingin lebih simpel, tinggal campurkan tepung maida, minyak samin, dan air. Maka adonan pun siap untuk diolah sebagai roti pipih.

Bertambah lagi referensi jenis tepung yang bisa dibikin menjadi aneka santapan lezat. Terlebih kalau kamu adalah pencinta aneka hidangan dari India, maka maida flour wajib masuk stok di dapur kamu dengan segera.

Baca Juga: 5 Fakta Nutrisi Tepung Almon, Alternatif Tepung Sehat Pilihan

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya