Comscore Tracker

5 Cara Membuat Olahan Udang Cincang Tampil Menarik, Gampang Ditiru!

Bisa dijadikan camilan maupun hidangan utama

Udang merupakan lauk makan yang kaya manfaat. Hasil tangkapan laut ini memiliki rasa unik sehingga penggemarnya pun tidak pernah sedikit.

Memang, pengolahan udang cenderung harus diperhatikan, semisal dengan membuang ekor dan kepalanya. Namun terdapat opsi berikutnya yang juga tidak kalah populer untuk diolah, yakni udang cincang.

Penasaran macam-macam sajian seperti apa yang bisa dibuat dengan udang cincang tersebut? Yuk, cari tahu dalam lima kreasi udang cincang berikut ini.

1. Udang cincang goreng 

5 Cara Membuat Olahan Udang Cincang Tampil Menarik, Gampang Ditiru!ilustrasi udang cincang goreng (pexels.com/Yonko Kilasi)

Makanan ini termasuk olahan yang paling praktis namun sukses bikin ketagihan. Itu karena daging udang yang telah dicincang akan disulap menjadi gorengan, khusus untuk camilan ringan maupun lauk makan bareng nasi putih.

Bila tertarik membuat olahan ini, cukup siapkan tepung serbaguna dan campur bersama daging udang kupas. Beri bumbu perasa juga daun bawang. Tinggal panaskan minyak di dalam wajan, lalu goreng adonan sampai matang sempurna.

2. Pepes tahu udang cincang 

5 Cara Membuat Olahan Udang Cincang Tampil Menarik, Gampang Ditiru!ilustrasi pepes tahu udang cincang (pixabay.com/Elivelton Nogueira)

Pepes tahu adalah sajian populer di Indonesia yang memanfaatkan bungkusan dari daun pisang untuk menghasilkan aroma sedap. Hidangan ini cocok dijadikan lauk makan bagi orang yang menghindari proses penggorengan.

Selain itu, tahu pepes bisa bertambah umami dengan penyertaan udang sebagai salah satu adonan. Biar makanan ini lebih gampang bersatu, gunakan daging udang cincang serta tahu putih atau kuning sebagai pelengkap pepes tersebut.

Baca Juga: Resep Udang Goreng Krispi yang Renyah dan Bikin Ketagihan

3. Pangsit goreng isi udang cincang 

5 Cara Membuat Olahan Udang Cincang Tampil Menarik, Gampang Ditiru!ilustrasi pangsit goreng isi udang cincang (pixabay.com/sunday133)

Keberadaan kulit pangsit bisa diubah menjadi makanan lezat walaupun cuma disusun dari beberapa bahan. Terlebih, kalau kamu merupakan pencinta dimsum simpel dan ingin membuat masakan dalam waktu singkat.

Proses pembuatan santapan ini tinggal mengumpulkan kulit pangsit, udang cincang, dan bumbu perasa. Satukan seluruh bahan tersebut demi menghasilkan adonan yang pas. Kemudian masak dengan cara digoreng.

4. Nasi goreng udang cincang 

5 Cara Membuat Olahan Udang Cincang Tampil Menarik, Gampang Ditiru!ilustrasi nasi goreng udang cincang (pixabay.com/日本語)

Bila kamu memiliki kelebihan udang cincang dari sisa membuat makanan tertentu, maka ide berikutnya yang bisa diterapkan untuk memaksimalkan olahan adalah dibuat sebagai nasi goreng.

Bahan-bahan yang digunakan pun bisa disesuaikan dengan tipe nasi goreng yang kamu sukai. Kemudian masukkan juga telur, sayur mayur, dan penyedap sebagai pelengkap dalam mengolah masakan sederhana yang bisa dimakan sehari-hari tersebut.

5. Tahu isi udang cincang

5 Cara Membuat Olahan Udang Cincang Tampil Menarik, Gampang Ditiru!ilustrasi tahu isi udang cincang (pixabay.com/Mila Okta Safitri)

Makanan terakhir yang bisa dikreasikan bareng udang cincang adalah tahu isi. Hidangan ini dapat dijadikan gorengan atau pelengkap bagi makanan berkuah. Itu disebabkan oleh rasa sajian yang umami dan nikmat.

Pilih tahu cokelat yang memiliki bagian isi kopong untuk memudahkan dalam proses pemberian filling. Sedangkan isian tersebut sebaiknya diolah dengan mencampur udang cincang, bersama sagu hingga bumbu perasa.

Kreasi makanan dengan menambahkan udang cincang ke dalamnya mampu menghasilkan rasa nikmat. Perpaduan manis dan gurih yang dimiliki, juga akan membuat pengalaman menikmati lima santapan di atas terasa berbeda.

Baca Juga: 7 Kuliner Asia Tenggara Berbahan Udang untuk Inspirasi Masakan Rumah 

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya