Comscore Tracker

5 Penganan Hazelnut yang Populer dari Berbagai Penjuru Eropa, Ngiler!

Ada dessert Italia yang hampir mirip dengan es krim lho!

Hazelnut merupakan salah satu jenis kacang yang paling sering digunakan sebagai bahan tambahan untuk mengolah aneka masakan, mulai dari camilan sampai minuman. Rasa kacang ini enak dan memiliki after taste yang khas, maka dari itu tidak heran apabila banyak yang mengonsumsi hazelnut.

Selain diolah menjadi bahan pembentuk cokelat atau dipanggang, berikut ini terdapat lima olahan berbahan dasar hazelnut dari penjuru Eropa yang populer dan bisa jadi referensi kudapan enak di rumah. Apa saja?

1. Hazelnut torte

5 Penganan Hazelnut yang Populer dari Berbagai Penjuru Eropa, Ngiler!winemag.com

Torte merupakan salah satu kue yang populer di Eropa dengan berbahan dasar bolu cokelat yang disusun bertumpuk dengan menggunakan filling berupa krim, selai, ataupun buttercream. Biasanya dalam satu torte utuh, terdapat sampai tiga lapisan kue yang ditaruh.

Torte sendiri biasanya memiliki varian yang tidak terbatas, lantaran selalu ada penggunaan bahan unik lainnya yang akan mempengaruhi rasa keseluruhan dari kue, misalnya ialah dengan melibatkan kacang hazelnut.

Untuk membuat torte hazelnut, kacang ini biasanya akan dihancurkan atau digiling terlebih dahulu agar lebih mudah menyatu dengan bahan-bahan lain dan rasanya lebih tajam terasa ketika digigit.

2. Hazelnut semifreddo

5 Penganan Hazelnut yang Populer dari Berbagai Penjuru Eropa, Ngiler!telegraph.co.uk

Bagi pencinta dessert, kudapan yang satu ini mungkin sudah tidak terdengar asing lagi di telinga. Sebuah makanan penutup asal Italia bertekstur super lembut dengan setiap komponen yang ringan ini merupakan satu dari sekian banyak makanan manis yang patut kamu cicipi apabila berkunjung ke negara pizza tersebut.

Semifreddo memiliki rasa dingin yang hampir sama dengan es krim, namun ia tidak membeku dan kelembutannya lebih mirip dengan mousse jika dibandingkan dengan es krim atau gelato.

Pada umumnya semifreddo adalah percampuran antara kuning telur dengan krim dan gula, kemudian whipped cream serta putih telur. Itulah mengapa hidangan ini tidak akan membeku meskipun disimpan dalam lemari pendingin.

Salah satu varian semifreddo yang paling populer, baik itu di Italia maupun negara lainnya ialah semifreddo vanilla, serta semifeddo hazelnut.

Baca Juga: 5 Olahan Lezat dari Kacang Kastanya, Cocok buat Hidangan Keluarga

3. Dacquoise

5 Penganan Hazelnut yang Populer dari Berbagai Penjuru Eropa, Ngiler!foodthinkers.com

Dacquoise ialah hidangan pencuci mulut tradisional dari Prancis yang sangat kaya akan rasa kacang, sebut saja seperti almond dan hazelnut. Tidak kalah dari semifreddo asal Italia, dacquoise juga kerapkali disajikan dalam kondisi dingin.

Secara umum, dacquoise merupakan hidangan berbentuk kue yang terdiri dari aneka lapisan komponen seperti sponge cake, meringue almond dan hazelnut, serta tambahan buttercream. Teksturnya sangat lembut dan manis, cocok bagi kamu penyuka makanan serupa.

4. Hazelnut swiss roll

5 Penganan Hazelnut yang Populer dari Berbagai Penjuru Eropa, Ngiler!glutenfreeliving.com

Swiss roll atau bolu gulung menjadi alternatif hidangan yang cukup sering dijadikan solusi untuk kudapan acara-acara tertentu atau sebagai camilan di rumah. Pada dasarnya kue ini hampir sama dengan kebanyakan kue lainnya, hanya saja swiss roll biasanya dibuat dengan ketebalan yang lebih tipis dan cenderung melebar.

Bolu gulung biasanya ditambahkan selai, cokelat atau krim sebelum digulung, sehingga rasa kue akan lebih bervariatif dan enak. Penggulungan pun dilakukan selagi kue masih hangat untuk menghindari penggulungan yang gagal akibat retakan kue.

Nah, dalam aneka varian swiss roll, hazelnut menjadi salah satu komponen yang dapat berkolaborasi dengan baik. Hampir sama dengan pembuatan torte, ada baiknya dalam mengolah hazelnut menjadi swiss roll, kita lebih baik menggunakan kacang yang sudah digiling halus atau sedikit kasar apabila memang kamu suka.

5. Hazelnut florentine

5 Penganan Hazelnut yang Populer dari Berbagai Penjuru Eropa, Ngiler!oliveandmango.com

Florentine ialah jenis biskuit asal Eropa yang cukup populer dan mendunia, berbeda dari kebanyakan biskuit tebal dengan kerenyahan yang khas, florentine justru jauh lebih tipis dengan tekstur sedikit renyah.

Salah satu ciri khas yang paling melekat dalam pengolahan florentine ini ialah karena banyak sekali butiran kasar dari kacang atau buah-buahan kering yang berada di seluruh bagian biskuit.

Selain itu, florentine juga umumnya dibuat dengan memakai almond, namun kacang hazel sekalipun bisa menggantikan almond dan membuat biskuit jadi semakin sedap. Akan tetapi kamu mesti hati-hati ya, karena tipis, kue ini jadi mudah rusak karena rapuh.

Itu dia kelima kue berbahan dasar hazelnut yang mendunia dari berbagai penjuru Eropa. Kalau kamu sendiri apakah sudah pernah mencicipi salah satu dari lima kudapan tersebut?

Baca Juga: 5 Hidangan Manis Berbahan Nougat, Permen Kacang Klasik yang Legendaris

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya